Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Tips Aman Menyusui Bayi Bagi Ibu yang Positif Covid-19, Ketahui Juga Fakta-Faktanya

Sabtu, 24 Juli 2021 11:22 WIB
6 Tips Aman Menyusui Bayi Bagi Ibu yang Positif Covid-19, Ketahui Juga Fakta-Faktanya

Kapanlagi.com - Betapa pentingnya ASI bagi bayi dapat membantu tumbuh kembang mereka sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik. Sebab, bayi termasuk kelompok usia cukup rentan terkena risiko gangguan kesehatan karena antibodi mereka belum terbentuk sempurna.

Di masa pandemi seperti saat ini, siapapun dapat berisiko terinfeksi virus covid-19 termasuk ibu menyusui. Kondisi ini tentu membuat khawatir ibu yang harus menyusui bayinya sementara dirinya terinfeksi covid-19.

Kekhawatiran si kecil juga terinfeksi virus covid-19 melalui ASI ibu yang positif menjadi kondisi paling ditakutkan. Namun, bayi juga penting mendapatkan asupan ASI ibu untuk menjaga tumbuh kembang mereka tetap terjaga.

Melihat hal ini, ada fakta-fakta seputar cara aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 seperti ulasan di bawah ini. Sebab diketahui bahwa ibu yang terinfeksi positif covid-19 tetap bisa menyusui bayinya. Ini terjadi karena belum ada bukti atau laporan bahwa ASI bisa menularkan infeksi virus kepada si kecil.

Hanya saja yang dikhawatirkan adalah apabila saat menyusui ibu secara tidak sadar ataupun tidak sengaja menularkan virus covid-19 kepada si kecil karena percikan droplet. Inilah mengapa ada beberapa protokol kesehatan ketat yang perlu diterapkan ibu saat akan memberikan ASI kepada bayinya.

Berikut ulasannya tentang tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com