6 Tips Aman Menyusui Bayi Bagi Ibu yang Positif Covid-19, Ketahui Juga Fakta-Faktanya

Sabtu, 24 Juli 2021 11:22 WIB
6 Tips Aman Menyusui Bayi Bagi Ibu yang Positif Covid-19, Ketahui Juga Fakta-Faktanya

Kapanlagi.com - Betapa pentingnya ASI bagi bayi dapat membantu tumbuh kembang mereka sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik. Sebab, bayi termasuk kelompok usia cukup rentan terkena risiko gangguan kesehatan karena antibodi mereka belum terbentuk sempurna.

Di masa pandemi seperti saat ini, siapapun dapat berisiko terinfeksi virus covid-19 termasuk ibu menyusui. Kondisi ini tentu membuat khawatir ibu yang harus menyusui bayinya sementara dirinya terinfeksi covid-19.

Kekhawatiran si kecil juga terinfeksi virus covid-19 melalui ASI ibu yang positif menjadi kondisi paling ditakutkan. Namun, bayi juga penting mendapatkan asupan ASI ibu untuk menjaga tumbuh kembang mereka tetap terjaga.

Melihat hal ini, ada fakta-fakta seputar cara aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 seperti ulasan di bawah ini. Sebab diketahui bahwa ibu yang terinfeksi positif covid-19 tetap bisa menyusui bayinya. Ini terjadi karena belum ada bukti atau laporan bahwa ASI bisa menularkan infeksi virus kepada si kecil.

Hanya saja yang dikhawatirkan adalah apabila saat menyusui ibu secara tidak sadar ataupun tidak sengaja menularkan virus covid-19 kepada si kecil karena percikan droplet. Inilah mengapa ada beberapa protokol kesehatan ketat yang perlu diterapkan ibu saat akan memberikan ASI kepada bayinya.

Berikut ulasannya tentang tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Rasa khawatir tentu menyelimuti perasaan ibu menyusui saat diketahui positif terinfeksi covid-19. Terlebih bayi masih membutuhkan asupan ASI sebagai asupan nutrisi sehat menjaga tumbuh kembang mereka dan imunitas tetap baik.

Meski begitu, organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan bahwa ibu yang positif covid-19 tetap bisa menyusui bayinya. Alasannya adalah belum adanya bukti penularan virus covid-19 melalui ASI ibu yang tengah terinfeksi virus covid-19.

Namun pencegahan tetap penting dilakukan dengan beberapa tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 seperti ulasan berikut ini. Adapun tips aman menyusui bayi bagi ibu positif covid-19 berkaitan dengan beberapa protokol kesehatan yang perlu diterapkan ibu selama akan memberikan ASI kepada si kecil. Langsung saja simak referensinya tentang cara aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19.

1. Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Bayi dan Memberikan ASI

Tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 adalah mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil ataupun memberikan ASI. Ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan virus covid-19 saat akan menyusui bayi. Selain itu, pastikan bahwa ibu mencuci dengan benar, menggunakan sabun dan air mengalir untuk membersihkan tangan dari virus ataupun kuman.

2. Pakai Masker Ketika Menyusui ataupun Berada Dekat Si Kecil

Sama seperti manfaat penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19, penggunaan masker tetap perlu diterapkan bagi ibu ketika akan menyusui bayinya. Terlebih bagi ibu yang positif terinfeksi covid-19, masker harus tetap dikenakan meskipun berada di dekat si kecil.

Nah, berkaitan dengan tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19, penggunaan masker bisa meminimalisir penularan virus melalui droplet. Inilah pentingnya buat ibu mengenakan masker ketika akan menyusui si kecil.

3. Membersihkan Permukaan Benda yang Sering Disentuh Ibu

Tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 berikutnya adalah dengan membersihkan permukaan benda yang sering disentuh ibu. Ini dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan virus kepada si kecil. Sebab mungkin saja ada droplet yang menempel pada permukaan benda ataupun tempat di sekitar ibu saat akan menyusui bayinya. Oleh karena itu, ibu bisa terlebih dahulu membersihkan benda sekaligus tempat dengan disinfektan yang akan digunakan untuk menyusui si kecil.

4. Membersihkan Area Puting Sebelum Menyusui Bayi

Cara aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 selanjutnya adalah membersihkan area puting ataupun sekitar kulit sebelum memberikan ASI buat si kecil. Ini dilakukan untuk mencegah risiko menempelnya kuman atau virus pada permukaan kulit sebelum menyusui.

2. Pakai Pompa ASI - Alternatif Susu Formula

Tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif terinfeksi covid-19 berikutnya adalah menggunakan pompa ASI ataupun alternatif harus memberikan susu formula. Adapun ulasannya sebagai berikut tentang cara aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19.

5. Menggunakan Pompa ASI

Pemanfaatan alat pompa ASI bisa dipilih sebagai cara aman menyusui bayi ketika ibu tengah positif terinfeksi covid-19. Penggunaan pompa ASI bisa dimanfaatkan jika ibu tidak dapat secara langsung harus menyusui bayinya ketika baru terinfeksi covid-19. Namun, pastikan bahwa alat pemompa ASI benar-benar bersih serta botol yang dipakai juga bersih.

6. Pemberian Susu Formula

Tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19 selanjutnya adalah menggunakan alternatif susu formula. Cara ini bisa dipilih jika ibu benar-benar tidak dapat memberikan ASI buat buah hatinya saat terinfeksi positif covid-19. Peran serta anggota keluarga lain sangat penting dalam membantu ibu menyusui bayi jika menggunakan susu formula ataupun botol ASI.

3. Fakta-Fakta Seputar Menyusui Bayi Saat Ibu Positif Covid-19

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, ada beberapa fakta seputar menyusui bayi saat ibu positif covid-19. Fakta-fakta tersebut terkait dengan pertanyaan apakah ibu menyusui yang positif covid-19 tetap bisa memberikan ASI kepada anaknya? Berikut beberapa poin rangkuman tentang fakta seputar menyusui bayi saat ibu positif covid-19.

- Ibu menyusui terkonfirmasi positif covid-19 tetap penting memberikan ASI kepada anaknya seperti rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

- Jauh lebih besar manfaat ASI daripada risiko penularannya.

- Belum ada bukti penelitian penularan virus covid-19 melalui ASI ibu yang positif covid-19.

- Risiko penularan bisa terjadi apabila ketika menyusui, bayi terkena percikan droplet ibu yang positif covid-19 sementara tidak menerapkan protokol kesehatan ketat.

4. Manfaat ASI Bagi Bayi

Setelah mengetahui beberapa tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19, ada banyak sekali manfaat ASI buat bayi yang penting diketahui ibu. Sebab itulah pemberian ASI tetap penting dilakukan meskipun ibu tengah terinfeksi covid-19. Adapun manfaat ASI bagi bayi sebagai berikut:

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

- Menjaga kesehatan tubuh anak dari penyakit ataupun infeksi virus.

- Nutrisi penting bagi tumbuh kembang anak.

- Meningkatkan kecerdasan anak.

- Menjaga berat badan anak tetap baik dan mencegah obesitas.

- Meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Nah itulah 6 tips aman menyusui bayi bagi ibu yang positif covid-19. Untuk mendapatkan saran aman terkait menyusui bayi bagi ibu terkonfirmasi positif covid-19, konsultasi dokter tetap perlu dilakukan agar mencegah risiko penularan.

Sumber: alodokter.com, hellosehat.com, halodoc.com

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com