100 Kata-Kata Mutiara untuk Ibu, Penuh Cinta dan Paling Menyentuh

Editor KapanLagi.com | Senin, 25 Oktober 2021 12:33 WIB
100 Kata-Kata Mutiara untuk Ibu, Penuh Cinta dan Paling Menyentuh

Kapanlagi.com - Tidak dapat digambarkan dengan kata-kata, rasa sayang dan cinta ibu memang tiada duanya. Apalagi jika mengingat perjuangannya untuk seorang anak, terkadang bikin kalian jadi terharu. Sejumlah kata-kata mutiara untuk ibu bisa menjadi referensi buat kalian meluapkan perasaan sayang, cinta, dan syukur.

Bagi seorang anak, tiada yang lebih berharga selain kedua orang tuanya. Salah satunya sosok ibu yang telah berjuang buat kalian sejak masih dalam kandungan. Menjadi seorang ibu memang tidaklah mudah. Namun menjadi ibu adalah pekerjaan mulia yang diimpikan semua wanita.

Ya, dari sosoknyalah kalian belajar arti cinta, menyayangi dan memberi dengan tulus. Bagi ibu, anak adalah segalanya bahkan hidupnya. Tak heran apabila seorang anak ingin membalas semua jasa ibu meski hal itu belum sebanding dengan perjuangannya.

Tak melulu soal hadiah mewah, kalian bisa memberi ucapan manis lewat kata-kata mutiara untuk ibu. Sejumlah kata-kata mutiara untuk ibu di bawah ini bisa menjadi referensi buat kalian.

Adapun kata-kata mutiara untuk ibu dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kata-kata mutiara untuk ibu telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu Penuh Cinta

Memberi ucapan manis untuk ibu bisa menjadi perhatian paling sederhana yang dapat kalian lakukan. Bahkan dengan kata-kata mutiara untuk ibu yang penuh cinta di bawah ini bisa membuatnya tersentuh. Adapun kata-kata mutiara untuk ibu sebagai berikut.

1. "Para ibu selalu mempunyai tempat untuk menampung duka, lalu mengecupnya dan bangkit."

2. "Kelak jika ada orang dungu yang bertanya, 'Peran ibu dalam keluarga itu apa?' Jawab saja, S-E-G-A-L-A-N-Y-A."

3. "Terima kasih Ibu hanya dirimulah yang benar-benar tulus mencintaiku."

4. "Rasa sayangku tetap selalu abadi untukmu ibu."

5. "Terima kasih Tuhan, sudah menitipkanku, sosok malaikat yang kusebut dengan Ibu."

6. "Ibu, sampai nanti engkau tetap menjadi cahayaku, dengan segala kesendirian yang aku miliki atau dengan seluruh kesepian yang mendatangi."

7. "Aku hanya takut kehilangan Ibu dan tak akan pernah ingin kehilangan Ibu. Maafkan atas segala sifatku yang tak sengaja menyakitimu Bu."

8. "Aku mencintai ibu karena ia telah memberikanku segalanya. Dia beri aku cinta, dia beri aku jiwanya, dan dia memberiku seluruh waktunya."

9. "Ibu, aku menyanyangimu sampai akhir hidupku, meski aku tau aku selalu mengecewakanmu. Maafkan aku yang belum bisa membuatmu bahagia."

10. "Saya percaya tentang cinta pada pandangan pertama, ini karena saya sudah mencintai ibu saya sejak saya membuka mata saya."

11. "Seorang ibu adalah dia yang dapat menggantikan semua yang lain tetapi yang tempatnya tidak dapat diambil orang lain."

12. "Pernah kudengar orang kampung bilang: sebesar-besarnya ampun adalah yang diminta seorang anak dari ibunya, sebesar-besar dosa adalah dosa anak kepada ibunya."

13. "Bunda adalah yang terhebat di dunia sebab ia melahirkan kehidupan dan memberi nyawa pada kata cinta."

14. "Laut seperti ibu. Dalam dan menunggu."

15. "Ibu adalah detak nadi waktu."

2. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu Paling Menyentuh Hati

Sejumlah kata-kata mutiara untuk ibu paling menyentuh hati dapat menggambarkan perasaan kalian buat ibu. Adapun kata-kata mutiara untuk ibu dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

16. "Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."

17. "Membahagiakanmu adalah mimpi terbesarku Bu. Maka, sehatlah selalu hingga tiba saatnya aku mewujudkan mimpi itu."

18. "Hanya Ibu yang tahu saat aku menyembunyikan sedihku di balik senyumanku."

19. "Salah satu hal yang paling sedih yang akan kamu lihat dalam hidupmu adalah ketika kamu sedang melihat ibumu sendiri menangis, apalagi jika alasannya menangis adalah dirimu sendiri."

20. "Aku akan memberikan yang terbaik buat ibu, agar kelak ibu tersenyum bahagia melihat aku memenuhi harapanmu ibu."

21. "Tak terhitung banyaknya nyanyian yang engkau alunkan untukku terlelap, karena ucapan terima kasih pun tak cukup membalasnya. Selamat menjadi ibu terhebat di hidupku."

22. "Aku mencintaimu setiap hari. Dan sekarang, aku akan merindukanmu setiap hari."

23. "Aku hampir saja menyerah jika tak mendengar kata sedikit rindu darimu."

24. "Siapa lagi yang akan membahagiakan orang tua apabila bukan kita sebagai buah hati-anaknya. Fightt!!"

25. "Susah diucapkan, sesak tak diucapkan. Menjadi pilu jika aku tak mengatakannya, Ibu aku rindu."

26. "Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu. Dan dia tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."

27. "Oh ibuku, engkaulah wanita yang kucinta selama hidupku. Maafkan anakmu bila ada salah. Pengorbananmu tanpa balas jasa.

28. "Saya mencintai ibu seperti pohon-pohon menyukai air dan sinar matahari. Dia membantu saya tumbuh, berkembang, dan mencapai tingkat yang tinggi."

29. "Semakin aku tumbuh dewasa, semakin aku menyadari bahwa ibuku sendiri adalah terbaik yang pernah aku miliki seumur hidupku."

30. "Hingga detik akhirpun kau selalu menjadi orang yang pertama meredam emosiku."

3. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu Tersayang dan Tercinta

Ada beragam cara mengungkapkan rasa cinta dan sayang salah satunya lewat kata-kata. Dengan kata-kata mutiara untuk ibu tersayang dan tercinta berikut ini bisa mewakili perasaan sayang kalian untuk sosok wanita tak bersayap. Adapun kata-kata mutiara untuk ibu sebagai berikut.

31. "Ibuku adalah pahlawanku yang sesungguhnya. Karena atas perjuangannyalah aku dapat hidup hingga hari ini."

32. "Ibu tidak pernah lelah untuk merawat, membesarkan dan membimbingku, namun aku masih saja tanpa sengaja tak menghargai ketulusan Ibu."

33. "Tanpamu, aku bukanlah apa-apa, aku hanya sosok yang lemah yang membutuhkan kasih dan cinta darimu."

34. "Ibu, berterima kasih sebanyak apapun tidak akan pernah cukup atas yang telah engkau lakukan untukku, kamu selalu ada untukku di saat aku amat membutuhkanmu."

35. "Terimakasih tuhan telah menitipkanku terhadap malaikatmu yang kusebut Bunda."

36. "Mama, cinta dan kasih sayangmu yang begitu berarti. Hanya Mama yang bisa memberikan cinta setulus ini. Terima kasih Mama."

37. "Aku tidak pernah melihat ada sesuatu sekuat dirimu, aku tidak pernah melihat siapapun setegar dirimu, aku ingin suatu hari aku menjadi seperti dirimu, I Love You Mama."

38. "Dunia dan kehidupan berubah dari hari ke hari, dari tahun ke tahun, tetapi cinta dan ingatanmu, tidak akan pernah berlalu."

39. "Ibu izinkan aku memeluk hatimu, agar aku merasakan apa yang engkau rasakan dari sakit yang tak menangis. Bidadari yang menyembunyikan sayapnya itu engkau, ibu."

40. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar."

41. "Mereka yang tidak bisa menghargai profesi ibu rumah tangga dan bahkan memandang sebelah mata, semestinya mengalami dan menjalani sendiri bagaimana rasa riweuh dan berat bebannya."

42. "Seorang ibu yang hebat adalah ibu yang memiliki lantai yang lengket, dapur yang berantakan, cucian yang menumpuk, peralatan masak yang kotor, dan anak yang bahagia."

43. "Seorang ibu adalah bagaikan sinar matahari yang menerangi seluruh pagi hari kita, dan bintang malam, yang memandu jalan pulang bagi kita semua."

44. "Seseorang belajar tentang makna cinta yang sesungguhnya dari sosok ibu, dan belajar pengetahuan dari sosok Ayah."

45. "Cinta ibu adalah kedamaian. Kita tidak perlu berjuang untuk mendapatkannya, kita juga tidak perlu melayakkan diri untuk memperolehnya."

4. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu yang Bijak

Ada beragam kata-kata mutiara untuk ibu yang bijak dan penuh makna. Ini dapat menggambarkan perasaan syukur kalian memiliki sosok ibu. Ataupun bisa jadi rasa terima kasih kalian buat ibu. Adapun kata-kata mutiara untuk ibu sebagai berikut.

46. "Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang digaji paling tinggi di dunia ini, karena yang didapat oleh seorang ibu sebagai pembayaran adalah cinta yang tulus dari anaknya"

47. "Seorang ibu mungkin menggenggam tangan anaknya hanya untuk beberapa saat saja, tetapi itu sudah cukup untuk menggenggam hatinya selama sisa hidup anaknya."

48. "Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

49. "Jika kita tak pernah berdoa untuk orangtua, maka bayangkan saat diri kita menjadi tua."

50. "Pelukan seorang ibu bertahan lama meski dia telah melepaskannya."

51. "Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka."

52. "Seperti udara kasih yang engkau berikan. Tak mampu ku membalas."

53. "Hanya memberi, tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia."

54. "Ibu adalah ciptaan terindah, karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

55. "Kasih sayang ibu sangat sempurna kepada anaknya dan sejahat apapun engkau menyakitinya, namun ibu tak pernah membencimu."

56. "Tidak ada manusia yang sangat mencintai kita hingga saat ini, kecuali ibu kita."

57. "Ibu, aku rela melakukan apa aja untukmu meskipun nyawaku taruhannya, tapi saya sadar itupun belum bisa membayar segala jasamu bu."

58. "Seperti udara kasih yang engkau berikan. Tak mampu ku membalas." - Iwan Fals, Ibu

59. "Hal sederhana tapi bermakna, saat ibu bilang, 'Beribadah itu tidak perlu menunggu susah atau gembira datang'."

60. "Ibu aku malu pada mu begitu besar pengorbananmu untukku. Namun ku tak bisa membalas nya."

5. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu Penuh Kasih

Seperti diketahui kasih sayang ibu memang sepanjang masa. Ini mungkin tidak sebanding dengan kasih dan cinta anaknya. Namun memberi yang terbaik buat ibu bisa menjadi cara membuatnya bangga. Lewat kata-kata mutiara untuk ibu yang penuh kasih berikut ini kalian bisa mengungkapkan semua perasaan.

61. "Menjadi anak yang saleh dan tidak pernah menyakiti hati orang tua itulah hal yang paling diinginkan orang tua kita."

62. "Ibu yang sangat mencintaimu, mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

63. "Ibu adalah orang yang sangat hebat, yang nggak pernah lelah untuk membahagiakan anaknya."

64. "Ibu tak pernah lelah untuk merawat, membesarkan, dan membimbingku, tapi aku masih aja tanpa sengaja tak menghargai ketulusan ibu."

65. "Hati ibu itu sempurna, tak peduli berapa kali engkau menyakiti hatinya, dia selalu ada kata maaf untukmu."

66. "Ibu ajarilah aku bagaimana caranya untuk ikhlas dan selalu tersenyum, meski hati dalam terluka."

67. "Ibu adalah ciptaan terindah karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

68. "Ibu telah menjadi pintu untukmu terlahir di dunia ini, ibu juga yang akan menjadi pintumu menuju surga. Maka jagalah dengan baik pintu itu."

69. "Cinta ibu adalah yang paling menenangkan. Ia tak banyak wujud dan meneduhkan seperti oase di padang panjang nan gersang."

70. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya."

71. "Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

72. "Hati ibu itu sempurna. Tak peduli berapa kali engkau menyakiti hatinya, ia selalu ada kata maaf untukmu."

73. "Ibu adalah ciptaan terindah karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

74. "Ibu tidak memaksa anaknya untuk mencintainya. Tapi, cinta ibu ke anaknya tanpa paksaan untuk selamanya."

75. "Seorang ibu sanggup memelihara 10 orang anak, tetapi 10 orang anak belum tentu dapat memelihara seorang ibu."

76. "Ibu, izinkan aku untuk memeluk hatimu agar aku dapat merasakan apa yang kau rasakan dari sakit yang tak menangis. Bidadari yang menyembunyikan sayapnya itu engkau, ibu."

77. "Murni, teduh, dan lembut. Itulah hati terbaik yang pernah diciptakan Tuhan. Itu semua adalah hatimu, ibu."

78. "Ibu mengajarkanku untuk menjadi orang yang sabar."

79. "Ibu mana pun, yang baik atau buruk, tetap terluka ketika anaknya dicela. Meski celaan itu tidak salah, dan juga bukan fitnah. Tetapi tali pusar anak dari ibunya hanya diputus oleh sebilah gunting dunia. Di antara mereka berdua ada pertalian abadi, yang bahkan oleh seorang ayah pun tak bisa dipahami."

6. Kata-Kata Mutiara untuk Ibu Bahasa Inggris dan Artinya

Menyampaikan kata-kata untuk ibu bisa menggunakan berbagai bahasa. Apapun bahasanya, ketulusan tetap menjadi yang utama. Sebagai referensi, kalian bisa coba mengungkapkan isi hati dengan kata-kata mutiara untuk ibu bahasa Inggris berikut ini.

80. "When you are a mother, you are never really alone in your thoughts. A mother always has to think twice, once for herself and once for her child." - Sophia Loren

(Ketika Anda menjadi seorang ibu, Anda tidak pernah benar-benar sendirian dalam pikiran Anda. Seorang ibu selalu harus berpikir dua kali, sekali untuk dirinya sendiri dan sekali untuk anaknya.)

81. "My mother's love has always been a sustaining force for our family, and one of my greatest joys is seeing her integrity, her compassion, her intelligence reflected in my daughters." - Michelle Obama

(Cinta ibu saya selalu menjadi kekuatan pendukung bagi keluarga kami, dan salah satu kegembiraan terbesar saya adalah melihat integritasnya, belas kasihnya, kecerdasannya tercermin dalam putri saya.)

82. "Having children just puts the whole world into perspective. Everything else just disappears." - Kate Winslet

(Memiliki anak hanya menempatkan seluruh dunia ke dalam perspektif. Segala sesuatu yang lain menghilang begitu saja.)

83. "Youth fades; love droops; the leaves of friendship fall; a mother's secret hope outlives them all." - Oliver Wendell Holmes

(Pemuda memudar; cinta terkulai; daun persahabatan jatuh; harapan rahasia seorang ibu hidup lebih lama dari mereka semua.)

84. "To describe my mother would be to write about a hurricane in its perfect power. Or the climbing, falling colors of a rainbow." - Maya Angelou

(Mendeskripsikan ibuku berarti menulis tentang badai dengan kekuatannya yang sempurna. Atau panjat tebing, warna pelangi yang jatuh.)

85. "If I look back at everything I've done in life, yo're easily the best thing I've ever created." - Unknown

(Jika saya melihat kembali semua yang telah saya lakukan dalam hidup, Anda dengan mudah adalah hal terbaik yang pernah saya buat.)

86. "Being a mama can be tough, but always remember in the eyes of your child, no one does it better than you." - Unknown

(Menjadi seorang ibu bisa jadi sulit, tetapi selalu ingat di mata anak Anda, tidak ada yang melakukannya lebih baik dari Anda.)

87. "I believe the choice to become a mother is the choice to become one of the greatest spiritual teachers there is." - Oprah

(Saya percaya pilihan untuk menjadi seorang ibu adalah pilihan untuk menjadi salah satu guru spiritual terbesar yang ada.)

88. "Whether your pregnancy was meticulously planned, medically coaxed, or happened by surprise, one thing is certain-your life will never be the same." - Catherine Jones

(Apakah kehamilan Anda direncanakan dengan cermat, dibujuk secara medis, atau terjadi karena kejutan, satu hal yang pasti-hidup Anda tidak akan pernah sama.)

89. "He didn't realize that love as powerful as your mother's for you leaves its own mark." - J.K. Rowling

(Dia tidak menyadari bahwa cinta sekuat ibumu untukmu meninggalkan bekasnya sendiri.)

90. "We are born of love; love is our mother." - Rumi

(Kita lahir dari cinta; cinta adalah ibu kita.)

91. "The best place to cry is on a mother's arms." - Jodi Picoult

(Tempat terbaik untuk menangis adalah di pelukan seorang ibu.)

92. "Mother is the name for God in the lips and hearts of little children." - William Makepeace Thackeray

(Ibu adalah nama Tuhan di bibir dan hati anak-anak kecil.)

93. "Life doesn't come with a manual, it comes with a mother." - Unknown

(Hidup tidak datang dengan manual, ia datang dengan seorang ibu.)

94. "When you look into your mother's eyes, you know that is the purest love you can find on this earth." - Mitch Albom

(Ketika kamu menatap mata ibumu, kamu tahu bahwa itu adalah cinta paling murni yang dapat kamu temukan di bumi ini.)

95. "A mother's arms are made of tenderness and children sleep soundly in them." - Victor Hugo

(Lengan seorang ibu terbuat dari kelembutan dan anak-anak tidur nyenyak di dalamnya.)

96. "A mother is she who can take the place of all others but whose place no one else can take." - Cardinal Meymillod

(Seorang ibu adalah dia yang dapat menggantikan semua orang lain tetapi tempatnya tidak dapat diambil oleh orang lain.)

97. "A mother's arms are more comforting than anyone else's." - Princess Diana

(Lengan seorang ibu lebih menenangkan daripada pelukan orang lain.)

98. "A child's first teacher is its mother." - Peng Liyuan

(Guru pertama seorang anak adalah ibunya.)

99. "Mother's love is peace. It need not be acquired, it need not be deserved." - Erich Fromm

(Cinta ibu adalah kedamaian. Itu tidak perlu diperoleh, itu tidak perlu pantas.)

100. "Sometimes the strength of motherhood is greater than natural laws." - Barbara Kingsolver

(Terkadang kekuatan keibuan lebih besar dari hukum alam.)

Nah, KLovers, itulah kata-kata mutiara untuk ibu, penuh cinta dan paling menyentuh. Sejumlah kata-kata mutiara untuk ibu di atas dapat mewakili perasaan kalian untuk seorang ibu.

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com