7 Cara Menghilangkan Daki Pada Kulit dengan Bahan Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

Nurul Wahida| Kamis, 02 Juli 2020 11:11 WIB
Nurul Wahida | Kamis, 02 Juli 2020 11:11

Kapanlagi.com - Daki menjadi salah satu proses alami yang kerap muncul pada kulit tubuh. namun beberapa kondisi daki yang tak segera dihilangkan justru dapat mengganggu penampilan hingga menjadikan kulit tampak hitam. Cara menghilangkan daki pada kulit tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan bahan alami dan perawatan mudah di rumah.

Daki merupakan kotoran yang menempel pada kulit tubuh akibat polusi udara bercampur dengan keringat lalu menumpuk pada sel kulit mati. Oleh sebab itu beberapa daerah tubuh seringkali terlihat berwarna lebih gelap akibat penumpukan daki yang membandel.

Seperti daerah lipatan tubuh diantaranya ketiak, paha, tangan, leher, kaki dan lain sebagainya sering terjadi penumpukan daki. Untuk itulah membersihkan bahkan menghilangkan daki pada kulit tubuh dirasa penting dilakukan agar kulit tetap sehat dan lagi tak mempengaruhi penampilan.

Nggak perlu perawatan di salon dengan biaya tinggi, sebab cara menghilangkan daki pada kulit tubuh bisa dilakukan dengan bahan alami. Tentunya menggunakan bahan alami tersebut diyakini memiliki risiko efek samping lebih rendah dibanding dengan penggunaan bahan-bahan kimia.

Lalu bagaimana cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami?

Adapun cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Cara ini pun dapat ampuh membersihkan daki pada kulit tubuh hingga buat kulit terasa lebih bersih dan halus. Berikut cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami bersumber dari healthline.com, parenting.firstcry.com.

1 Dari 7 Halaman

1. Gunakan Ampas Kopi

Gunakan Ampas Kopi (credit: freepik.com)
Cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami salah satunya dapat menggunakan ampas kopi. Ampas kopi tersebut bisa dibuat sebagai scrub tubuh yang dicampurkan dengan sejumlah bahan tambahan lainnya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, madu, ataupun yogurt.

Untuk langkah membuat scrub berbahan ampas kopi tersebut dapat terlihat dalam beberapa cara di bawah ini. Berikut cara menghilangkan daki pada kulit menggunakan ampas kopi:

- Siapkan ampas kopi.

- Minyak kelapa, minyak atsiri jeruk, minyak zaitun, minyak kelapa bisa pilih salah satu.

- Campurkan ampas kopi tersebut dengan dua tetes minyak yang sudah dipilih.

- Lalu oleskan campuran ampas kopi pada kulit tubuh yang terlihat daki membandel.

- Usap perlahan sambil memutar jari tangan searah jarum jam dan berlawanan arah.

- Diamkan 10 menit lalu bilas memakai air bersih.

2 dari 7 halaman

2. Kunyit

Kunyit (credit: freepik.com)
Salah satu jamu-jamuan ini rupanya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami. Untuk menggunakannya bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan tambahan agar daki dapat hilang secara sepenuhnya. Adapun Langkah membuat scrub kunyit dapat terlihat di bawah ini:

- Siapkan 3 sendok makan bubuk kunyit yang kemudian campurkan dengan 1/2 cup gula, 1/2 cup garam, 10 tetes minyak esensial lemon, dan 20 ml minyak kelapa.

- Buat seperti pasta lalu oleskan pada permukaan kulit yang akan dihilangkan dakinya secara perlahan.

- Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

- Lakukan cara ini secara rutin hingga daki pada kulit dapat hilang sepenuhnya.

3 dari 7 halaman

3. Garam Epsom

Garam Epsom (credit: freepik.com)
Sudah bukan rahasia lai garam Epsom digunakan untuk mengatasi masalah kulit tubuh. Kandungan zat baik dalam garam Epsom mampu membantu menghilangkan daki pada kulit tubuh secara alami. Adapun cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami terdapat dalam beberapa poin di bawah ini:

- Siapkan garam Epsom sebanyak 1/2 cup lalu masukkan ke baskom atau secangkir penuh ke dalam bak mandi yang sudah dipenuhi air hangat.

- Rendam tubuh dalam bak mandi tersebut selama 20 menit.

- Selagi merendam dapat menggunakan batu apung sebagai cara menghilangkan daki pada kulit secara perlahan.

- Dapat juga mengambil segenggam garam Epsom lalu mencampurkan dengan minyak zaitun. Gunakan sebagai scrub secara perlahan.

- Lakukan secara rutin hingga daki pada kulit tubuh dapat bersih dan hilang.

4 dari 7 halaman

4. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk (credit: freepik.com)
Siapa sangka kulit jeruk dapat digunakan sebagai cara menghilangkan daki pada kulit tubuh secara alami. Sehingga perlu berpikir ulang saat akan membuang kulit jeruk yang nyatanya dapat dipakai untuk menghilangkan daki. Namun sebelum menggunakannya terlebih dulu mengeringkan kulit jeruk dan dibuat sebagai bubuk untuk scrub. Adapun cara menghilangkan daki dengan kulit jeruk sebagai berikut:

- Siapkan bubuk kulit jeruk yang dicampurkan dengan yogurt.

- Oleskan pada kulit tubuh dan biarkan selama 20 menit.

- Setelah itu gosok perlahan searah jarum jam dan berlawanan arah.

- Bilas menggunakan air bersih serta lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

5 dari 7 halaman

5. Almond dan Madu

Almond dan Madu (credit: freepik.com)
Cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami dapat juga menggunakan almond dan madu. Kombinasi dua bahan ini juga dapat menjadikan kulit terasa lebih lembab dan halus. Adapun cara menghilangkan daki pada kulit dengan almond dan madu sebagai berikut:

- Campurkan 10 almond bubuk dengan 50 ml madu, 20 tetes minyak esensial lavender, 10 tetes minyak esensial rosemary, 10 ml susu.

- Lalu oleskan campuran tersebut pada kulit tubuh yang terdapat daki.

- Diamkan selama 2 menit, lalu gosok perlahan dan bilas hingga bersih.

6 dari 7 halaman

6. Gula dan Minyak Zaitun

Gula dan Minyak Zaitun (credit: freepik.com)
Cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami juga bisa memakai gula dan minyak zaitun. Adapun cara membuat pasta dua bahan tersebut yang bisa digunakan untuk scrub sebagai berikut:

- Campurkan setengah cangkir gula halus dengan 2 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok teh madu, dan sedikit air perasan jeruk lemon.

- Oleskan campuran bahan tersebut yang sudah dibuat pasta pada kulit tubuh.

- Gosok secara perlahan searah jarum jam dan berlawanan arah.

- Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan bersih.

- Gunakan bahan tersebut secara rutin sekali atau dua kali seminggu.

7 dari 7 halaman

7. Oatmeal dan Madu

Oatmeal dan Madu (credit: freepik.com)
Oatmeal dapat dipakai untuk menghilangkan daki pada kulit dengan mudah. Untuk menggunakannya dapat mencampurkan madu sebagai bahan tambahan agar daki pada tubuh dapat terangkat. Adapun cara menghilangkan daki pada kulit tubuh terdapat dalam beberapa langkah di bawah ini:

- Siapkan oatmeal yang sudah dicampur dengan madu hingga membentuk seperti pasta.

- Oleskan campuran tersebut pada kulit tubuh yang memiliki daki.

- Gosok perlahan searah jarum jam dan berlawanan arah.

- Biarkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

- Lakukan rutin cara ini untuk mendapatkan hasil maksimal.

Nah itulah 7 cara menghilangkan daki pada kulit tubuh dengan bahan alami sebagai perawatan mudah di rumah. Cukup mudah dan sederhana bukan untuk menghilangkan daki pada kulit tubuh. Sehingga kulit dapat terlihat bersih dan halus terbebas dari daki yang dapat mengganggu penampilan.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com