7 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebih Secara Efektif, Coba Sekarang!

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 22 Januari 2021 11:44 WIB
7 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebih Secara Efektif, Coba Sekarang!

Kapanlagi.com - Apakah kalian salah satu orang yang mempunyai rasa takut berlebih? Biasanya, rasa takut bisa menimpa seseorang yang pernah mengalami kejadian yang sangat menyedihkan, menakutkan, atau bahkan mengancam nyawa. Nah, kondisi takut dapat menyebabkan seseorang merasa dalam bahaya, hanya dengan mengingat suatu hal dari pengalaman tersebut.

Meski cukup mengganggu, gangguan rasa takut ini bukan menandakan kalian orang yang lemah. Sebab, rasa takut yang dialami seseorang merupakan bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup. Adapun tanda jika kalian mengalami ketakutan yaitu jantung berdetak kencang, napas sangat cepat, otot terasa lemas, mengeluarkan keringat, sulit berkonsentrasi, pusing, telapak tangan dingin, hingga otot sangat tegang.

Oleh sebab itu, rasa takut berlebihan tidak bisa disepelekan. Bahkan, reaksi orang yang merasakan ketakutan juga berbeda-beda, meskipun hal yang dialami serupa. Ada yang dapat mengendalikan rasa trauma diri sendiri, ada pula yang berujung pada gangguan psikologis seperti depresi.

Cara menghilangkan rasa takut berlebih memang menjadi salah satu cara supaya rasa ketakutan pada diri berangsur-angsur teratasi. Sebab, jika terus dibiarkan, kondisi ini tentu saja mengganggu keseharian kalian. Untuk itu, penting mengetahui sejumlah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa takut berlebih. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Hadapi Rasa Takut

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang pertama yaitu dengan menghadapi rasa takut itu sendiri. Meski terdengar sulit dilakukan, namun hal ini juga harus kalian lawan supaya terbebas dari rasa takut dalam diri sendiri. Jika kalian terus menerus menghadapi rasa takut tersebut, maka secara perlahan kalian pun akan dapat menghadapinya. Dengan begitu, rasa takut yang ada di diri kalian lama kelamaan akan hilang. Jadi pada intinya, jangan biarkan diri kalian mundur terlebih dahulu lantaran pikiran selalu dihantui rasa takut ya.

2. Menenangkan Diri Sendiri

Selanjutnya, cara menghilangkan rasa takut berlebih yaitu dengan mencoba menenangkan diri sendiri. Kalian bisa menanyakan kepada diri sendiri apa pemicu penyebab kalian ketakutan, apa yang sedang terjadi, dan kapan rasa takut tersebut muncul. Jika memungkinkan, kalian bisa menuliskan target-target sederhana untuk menghadapi rasa takut yang seringkali muncul. Sebab, diri sendiri lah yang bisa menolong kalian. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi atau menghilangkan ketakutan yang efektif dan patut dicoba.

3. Berpikir Positif

Cara menghilangkan rasa takut bisa dilakukan dengan selalu berpikiran positif. Meskipun hal tersebut tentunya tidak mudah, namun jika dilakukan dengan niat maka akan dapat membantu menghilangkan rasa takut secara ampuh. Sebab, sebenarnya, ketakutan berlebih itu datang lantaran dari bayangan dan pikiran negatif yang kalian biarkan meneror diri sendiri. Mulailah untuk terus berfikir positing dan percaya semua akan baik-baik saja. Pada dasarnya, berpikir positif akan meningkatkan kepercayaan diri untuk melawan rasa takut dan kalian pun akan kebal terhadap tekanan yang dialami ketika rasa takut.

4. Memulai Terapi

Terapi adalah salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan rasa trauma. Terapi ini harus dilakukan terapis profesional yang dapat mengidentifikasi cara agar mampu mengatasi rasa takut tersebut. Salah satu pengobatan utama untuk menangani rasa takut adalah terapi paparan. Terapis akan memandu kalian untuk terlibat dalam menangani ketakutan yang kamu miliki. Misalnya, seseorang yang takut dengan ketinggian mungkin diminta untuk memikirkan pesawat, melihat gambar pesawat, mengunjungi bandara, masuk ke pesawat dan akhirnya mampu pergi dengan pesawat.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan terapi kognitif perilaku. Terapi kognitif perilaku merupakan evaluasi perasaan dan pikiran orang yang mengalami ketakutan. Nah, dengan melakukan terapi, maka proses penyembuhan rasa takut akan lebih cepat membaik.

5. Mengendalikan Stres

Cara menghilangkan rasa takut selanjutnya yaitu dengan mengendalikan stres. Sebab, ketakutan yang berlebih hanya bisa mendatangkan stres yang tentu dapat merugikan bagi diri sendiri. Oleh sebab itu, kalian pun juga harus bijak untuk selalu menyadari dan harus mengalihkan perhatian diri dengan melakukan aktifitas yang mampu mengusir stres.

6. Hindari Berusaha Menjadi Sempurna

Selanjutnya, cara menghilangkan rasa takut berlebih yaitu dengan menghindari berusaha menjadi sempurna. Ada baiknya, kalian selalu belajar menerima kenyataan supaya membuat kalian tenang sehingga lebih siap menghadapi ketakutan. Oleh karena itu penting untuk mengingat kejadian buruk terjadi secara wajar dan mengetahui tidak semua hal di dunia ini dapat kalian kendalikan.

7. Bayangkan Hal Terburuk

Saat mengalami rasa takut, kalian cobalah untuk membayangkan hal terburuk yang akan terjadi. Maka dengan membayangkan hal terburuk yang bisa terjadi, kalian akan lebih realistis dalam menghadapi masalah ketakutan. Secara tidak langsung, otak akan mulai mengenali rasa takut tersebut sehingga mendorongnya untuk lebih siap menghadapinya.

Itulah sederet cara menghilangkan rasa takut berlebih yang bisa kalian coba mulai dari sekarang supaya tidak mengganggu aktivitas kalian sehari-hari. Semoga bermanfaat.

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com