7 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat Pada Bayi, Praktis - Pakai Bahan-Bahan Alami

Puput Saputro| Selasa, 14 Juli 2020 12:11 WIB
Puput Saputro | Selasa, 14 Juli 2020 12:11

Kapanlagi.com - Kebanyakan orang tua menginginkan anak bayinya punya rambut yang lebat dan sehat. Namun sayangnya, tidak bayak orang bisa mendapatkan yang sehat dan lebat dari bayi. Bahkan, ada beberapa bayi yang rambutnya tak lekas tumbuh. Jika sudah begitu, biasanya orangtua akan mengupayakan cara menumbuhkan rambut dengan cepat pada bayi.

Hal yang wajar jika orang tua yang menginginkan anaknya punya rambut sehat dan lebat. Sebab rambut memang jadi salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan seseorang, termasuk bagi anak bayi saat sudah dewasa nanti. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh orang tua agar rambut bayi mereka tumbuh sehat dan lebat?

Berikut beberapa cara menumbuhkan rambut dengan cepat pada bayi, dirangkum dari berbagai sumber.

1 Dari 7 Halaman

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya (credit: pixabay)
Tentu sudah jadi rahasia umum, kalau lidah buaya atau aloe vera punya khasiat yang menakjubkan untuk rambut. Tidak hanya bisa digunakan untuk orang dewasa, lidah buaya ternyata juga aman untuk diaplikasikan pada bayi. Kandungan dalam lidah buaya dipercaya bisa jadi perangsang yang baik untuk menumbuhkan rambut bayi.

Cara menumbuhkan rambut pada bayi dengan lidah buaya cukup mudah. Kalian bisa membuat lidah buaya menjadi jus. Lalu mengusapkannya langsung pada permukaan kulit kepala bayi. Untuk hasil yang lebih maksimal, kalian juga bisa menggunakannya dikombinasikan dengan sampo bayi.

2 dari 7 halaman

2. Minyak Kelapa

Selain Lidah buaya, minyak kelapa selama ini juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang punya banyak sekali manfaat. Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Caranya juga tidak terlalu sulit, kalian tinggal mengusapkan minyak kelapa ke bagian kepala bayi secara merata, lalu usap lembut, diamkan beberapa saat kemudian bilas. Kalian bisa melakukannya secara rutin agar dapat hasil yang maksimal.
3 dari 7 halaman

3. Minyak Zaitun dan Madu

Minyak Zaitun dan Madu (credit: pixabay)
Selain minyak kelapa, Minyak zaitun juga punya khasiat yang luar biasa. Untuk menumbuhkan rambut bayi, minyak zaitun sebaiknya dikombinasikan dengan madu. Berasal dari bahan alami dan sudah sering digunakan untuk perawatan wajah, minyak zaitun dan madu dinilai aman dan efektif tumbuhkan rambut bayi.

Untuk menumbuhkan rambut bayi, pertama-tama campurkan minyak zaitun dan madu. Setelah kedua bahan tersebut tercampur secara merata, kalian bisa mengaplikasikan campuran madu dan minyak zaitun tersebut ada kulit kepala bayi. Usapkan secara merata lalu diamkan beberapa saat. Setelah kurang lebih 10 menit, bilas memakai air bersih.

4 dari 7 halaman

4. Minyak Kemiri

Minyak Kemiri (credit: pixabay)
Minyak kemiri juga sudah sejak lama digunakan untuk produk perawatan rambut alami. Minyak kemiri memang ampuh menyehatkan rambut. Pemakaian pada orang dewasa, minyak kemiri efektif dipakai untuk mendapatkan rambut sehat dan tidak lepek. Nah, untuk bayi minyak kemiri bisa jadi salah satu nutrisi menumbuhkan rambut.

Membuat minyak kemiri juga tidaklah sulit. Pertama, kalian cukup membakar kemiri sampai keluar minyaknya. Setelah didapatkan minyak kemiri, kalian tinggal mengoleskan minyak tersebut ke kulit kepala bayi. Kalian bisa mempraktikkan cara menumbuhkan rambut pada bayi dengan minyak kemiri ini secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

5 dari 7 halaman

5. Seledri

Seledri juga jadi bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk cara menumbuhkan rambut pada bayi. Seledri mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Seledri terbukti bisa menumbuhkan rambut dan membuatnya tumbuh lebih tebal.

Caranya cukup mudah, siapkan beberapa batang seledri. Cuci sampai bersih lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air, lalu usapkan ke kulit kepala seperti saat menggunakan sampo, kemudian bilas sampai bersih. Sama seperti cara-cara sebelumnya, menumbuhkan rambut dengan seledri akan efektif jika dilakukan secara rutin.

6 dari 7 halaman

6. Makanan Kaya Vitamin D

Menumbuhkan rambut pada bayi dengan cepat tidak hanya bisa dilakukan dengan perawatan atau usaha dari luar. Sebaliknya, agar usaha lebih maksimal orangtua bisa memberikan anak makanan-makanan yang kaya akan vitamin D.
Sebab, dilansir dari mommyinme.com, vitamin D jadi salah satu nutrisi yang mendorong pertumbuhan rambut. Vitamin ini bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti labu dan ubi. Jadi, para orangtua bisa memasukkan kedua jenis makanan ini ke dalam menu Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk anaknya.
7 dari 7 halaman

7. Kacang Almond

Kacang Almond (credit: pixabay)
Kacang almond yang kaya akan protein serta asam amino esensial ternyata juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut pada bayi. Untuk menumbuhkan rambut bayi, kacang almond bisa diberikan pada anak untuk dikonsumsi. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan ekstraknya sebagai minyak untuk memijat kulit kepala bayi. Jadi, menggunakan kacang almond bisa jadi salah satu alternatif cara menumbuhkan rambut pada bayi.

Itulah di antaranya 7 cara menumbuhkan rambut pada bayi dengan cepat. Bagaimana tertarik mencobanya untuk anak kalian?

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com