7 Skincare yang Baik Atasi Masalah pada Wajah, Dapatkan Hasil Maksimal

Dhia Amira| Jum'at, 22 Mei 2020 10:22 WIB
Dhia Amira | Jum'at, 22 Mei 2020 10:22

Kapanlagi.com - Mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat adalah idaman semua orang. Penggunaan skincare yang baik menjadi hal wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Namun penggunaan skincare yang salah, malah akan menyebabkan kulit menjadi kering dan berjerawat.

Cara terbaik menggunakan skincare adalah pada saat malam dan siang hari. Sebenarnya cara terbaik menggunakan skincare hanya dengan menggunakan step yang sama, tetapi yang membedakannya adalah step akhir dari rangkaian skincare. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 cara terbaik menggunakan skincare yang wajib kamu ketahui bila ingin memiliki wajah yang bersih dan juga sehat.

1 Dari 7 Halaman

1. Cleanser

Cleanser credit: Pixabay
Cara terbaik menggunakan skincare yang pertama adalah dengan cleanser. Membersihkan wajah menjadi tahap pertama untuk mengangkat kotoran yang ada di wajah, hal ini dilakukan agar nutrisi yang terkandung di dalam skincare benar-benar terserap ke dalam kulit.

Kondisi kulit yang kotor akan menyebabkan kulit wajah berjerawat dan berkomedo, oleh sebab itu cleanser menjadi hal wajib sebagai cara terbaik menggunakan skincare. Untuk produk cleanser dapat bertahan selama 6 bulan sampai 1 tahun setelah dibuka ya KLovers, dan dapat bertahan selama 2 sampai 3 tahun dalam keadaan belum terbuka.

2 dari 7 halaman

2. Toner

Toner credit: Shutterstock
Cara terbaik menggunakan skincare yang kedua adalah dengan toner. Setelah mencuci wajah, maka kulit wajah kalian akan lebih kering dari pada sebelum di bersihkan. Di sinilah tugas toner untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah, serta mempersiapkan kulit wajah untuk ke tahap selanjutnya. Selain itu toner juga dapat mengangkat sisa minyak, kotoran, atau sisa cleanser yang masih tertinggal di kulit wajah.

Jadi penggunaan toner ini penting juga ya KLovers, sebagai step wajib cara terbaik menggunakan skincare. Produk toner dapat bertahan 6 bulan sampai 1 tahun setelah dibuka, dan dapat bertahan selama 2 sampai 3 tahun dalam keadaan belum terbuka.

3 dari 7 halaman

3. Serum

Serum credit: Pixabay
Tahap ketiga adalah serum, cara terbaik menggunakan skincare setelah toner adalah serum. Serum merupakan produk skincare yang paling dalam kerjanya, dan paling banyak mengandung vitamin yang baik untuk wajah. Produk serum biasanya bertekstur lebih lengket dan kenyal dibandingkan toner. Oleh karena itu, pada saat mengaplikasikan serum kalian harus menepuk atau menekan secara lembut agar serum meresap dengan sempurna ke dalam kulit.

Tunggu beberapa saat hingga toner benar-benar meresap, barulah KLovers melanjutkan ke tahap selanjutnya. Untuk produk toner dapat bertahan selama 6 bulan sampai 1 tahun setelah di buka ya.

4 dari 7 halaman

4. Moisturizer

Moisturizer credit: Pixabay
Tahap keempat dari cara terbaik menggunakan skincare adalah moisturizer. Kegunaan mosturizer adalah untuk membantu melembabkan kulit dan mencegah kulit menjadi kering. Tinggal di daerah beriklim tropis sangat penting untuk selalu menjaga agar kulit tetap lembab. Kulit yang kering akan membuat wajah mengelupas dan menyebabkan iritasi.

Penggunaan moisturizer tidak bisa sembarangan ya KLovers, pijatan lembut harus dilakukan di saat mengaplikasikan moisturizer pada wajah. Selain membuat produk lebih cepat meresap, memijat wajah dengan lembut juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah. Produk moisturizer disarankan dipakai tidak lebih dari 1 tahun setelah produk di buka.

5 dari 7 halaman

5. Masker

Masker credit: Pixabay
Tahap kelima dari cara terbaik menggunakan skincare adalah masker. Banyak sekali jenis masker yang dapat KLovers gunakan, dari masker alami berbentuk bubuk, atau yang dapat diracik sendiri dengan cara mencampurkan bubuk masker dengan air mawar. Kalian juga bisa menggunakan masker yang dapat di kelupas atau peel off, clay mask, dan juga sheet mask.

Pada dasarnya penggunaan masker itu sama, yaitu aplikasikan masker ke wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu bilas atau bersihkan masker. Masker dapat digunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Produk masker disarankan tidak lebih dari 6 bulan sampai 1 tahun setelah produk dibuka. Jika terjadi perubahan warna, tekstur, atau aroma sebelum 1 tahun maka kalian bisa menghentikan penggunaan masker.

6 dari 7 halaman

6. Eye Cream

Eye Cream credit: Pixabay
Tahap selanjutnya dari cara terbaik menggunakan skincare adalah eye cream. KLovers mungkin berpikir, menggunakan eye cream hanya untuk orang-orang yang sudah berumur. Tapi itu adalah pikiran yang salah ya, karena eye cream juga menjadi cara terbaik menggunakan skincare untuk mencegah mata kendur loh.

Seperti namanya, eye cream hanya di khususkan pada bagian bawah mata, hal ini dimaksudkan agar kulit bawah mata tetap lembab dan tidak kendur. Di dalam mengaplikasikan eye cream tidak bisa sembarangan ya, karena itu merupakan arena yang cukup sensitif. Kulit bagian bawah mata harus diolesi eye cream dan di tekan-tekan secara lembut agar meresap secara sempurna.

Jangan mengoleskan eye cream terlalu dengan dengan mata, karena dikhawatirkan produk eye cream dapat masuk ke dalam mata. Jika produk masuk ke mata, segera bilas dengan air ya KLovers. Untuk produk eye cream disarankan tidak lebih dari 1 tahun penggunaan setelah produk di buka.

7 dari 7 halaman

7. UV Sun Cream Atau Night Cream

UV Sun Cream Atau Night Cream credit: Pixabay
Tahap terakhir dari cara terbaik menggunakan skincare adalah sun cream atau night cream. Seperti namanya, sun cream adalah produk wajib yang digunakan pada siang hari sebagai cara terbaik menggunakan skincare. Sun cream membantu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, seperti kulit terbakar atau kemerahan.

Untuk night cream, adalah rangkaian cara terbaik menggunakan skincare pada malam hari. Sebagai tahap akhir, night cream biasanya dikhususkan untuk memberikan nutrisi kulit pada saat malam hari, memberikan kesan kulit yang cerah dan sehat pada keesokan harinya.

Banyak produk sun cream maupun night cream yang dapat KLovers pilih sesuai kebutuhan kulit masing-masing. Untuk produk sun cream dan night cream dapat bertahan selama 1 tahun setelah produk dibuka, tetapi jika terjadi perubahan warna dan aroma maka hentikan menggunakan produk.

Itulah beberapa cara terbaik menggunakan skincare yang dapat KLovers terapkan di dalam penggunaan skincare sehari-hari agar mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih. Menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan skincare yang salah dan berlebihan dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan menimbulkan penyakit kulit seperti jerawat, komedo dan bintik hitam. So be smart KLovers.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
 
Join Kapanlagi.com