Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

7 Fakta Jerawat yang Perlu Diketahui, Tak Hanya Menandakan Masalah Kesehatan

Editor KapanLagi.com | Rabu, 14 Juli 2021 10:33 WIB
7 Fakta Jerawat yang Perlu Diketahui, Tak Hanya Menandakan Masalah Kesehatan

Kapanlagi.com - Walau ukurannya kecil, tapi jerawat bisa menjadi sumber masalah besar bagi seseorang. Selain bisa menimbulkan rasa sakit atau perih, jerawat terkadang mengganggu penampilan sehingga bikin tak percaya diri. Hal tersebut membuat beberapa orang mencari tahu fakta tentang jerawat agar bisa membasminya.

Mengetahui fakta tentang jerawat sebelum menentukan langkah penyembuhan merupakan hal yang perlu dilakukan. Pasalnya, banyak informasi seputar jerawat yang bahkan hingga kini belum terbukti kebenarannya. Misalnya, disarankan untuk menghindari kacang, tapi beberapa orang tetap mengonsumsi gorengan secara berlebihan.

Informasi fakta tentang jerawat yang hanya sepotong itu justru bisa menjerumuskan. Oleh karena itu, kalian perlu menyimak informasi berikut ini agar tak salah langkah jika ingin melakukan penyembuhan.

 

1. Fakta Tentang Jerawat dan Penyakit

Gambar

1. Indikasi Masalah Kesehatan

Jerawat yang tumbuh di wajah kalian belum tentu hanya disebabkan oleh masalah kulit. Misalnya, ketika kalian sudah berusaha mengobati jerawat dengan berbagai cara dan dalam waktu yang lama, tapi tak kunjung sembuh, bisa jadi ada masalah lain yang memicu jerawat tersebut.

Jalan lain yang perlu kalian tempuh dalam menyembuhkan jerawat itu mesti dikonsultasikan lebih jauh dengan dokter. Karena terdapat fakta tentang jerawat yang dipicu oleh penyakit lain, kalian perlu meningkatkan kewaspadaan dan lebih peka terhadap kemungkinan penyebab jerawat yang kalian alami.

2. Masalah Lambung

Seperti fakta tentang jerawat yang ditimbulkan oleh penyakit tertentu, masalah lambung merupakan salah satunya. Saat kalian mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi, lambung kalian akan mengalami ketidakstabilan dan itu bisa memunculkan jerawat.

2. Fakta Tentang Jerawat dan Produknya

Gambar

3. Perawatan Kulit Bisa Menimbulkan Jerawat

Bagi kalian yang sering mencoba dan berganti produk perawatan wajah perlu meningkatkan kewaspadaan. Kebiasaan tersebut justru bisa memicu kemunculan jerawat. Produk yang dipakai tak sesuai dengan tipe kulit merupakan salah satu fakta tentang jerawat yang perlu kalian perhatikan.

Dalam beberapa kasus mungkin produk tersebut dapat menjadi solusi, tapi itu belum tentu bisa menjadi jawaban juga bagi masalah kulit kalian. Misalnya, penggunaan produk untuk menghilangkan minyak di wajah justru bisa memicu kemunculan jerawat. Hal itu bisa terjadi karena minyak di wajah sebenarnya bisa mendukung keberadaan mikroorganisme yang turut menjaga kebersihan kulit.

Selain itu, kalian juga perlu memperhatikan produk makeup yang dipakai sehari-hari. Usahakan untuk memilih produk yang berlabel "non-comedogenic" karena kandungan di dalamnya tak akan menyumbat pori-pori kulit kalian.

4. Produk yang Mahal Belum Tentu Baik

Terkadang, seseorang mudah tergiur dengan iming-iming kandungan unik yang terdapat dalam produk perawatan dengan harga mahal. Apalagi ditambah dengan berbagai testimoni yang memuaskan. Sebelum tergiur dengan iming-iming tersebut, kalian sebaiknya mencocokkan produk dengan jenis kulit.

Jangan sampai kandungan unik dengan berbagai teknologi berkhasiat yang harganya mahal itu justru memperparah kondisi kulit kalian. Penggunaan bahan kimia yang terlalu berlebih dalam suatu produk juga tak bagus untuk kulit kalian.

3. Fakta Tentang Jerawat Lainnya

Gambar

5. Efek Samping Antibiotik

Jika kalian berpikir bahwa antibiotik dapat mengobati jerawat, justru hal itu bisa memicu masalah pada kulit kalian. Hal itu bisa terjadi karena antibiotik bisa menimbulkan masalah pada lambung dan juga pada mikrobioma yang punya peran penting dalam melindungi kulit.

6. Konsumsi Banyak Air untuk Cegah Jerawat

Jika kalian pernah mendengar saran untuk meminum banyak air bagi penderita jerawat, hal itu benar adanya. Pasalnya, asupan air yang cukup pada tubuh dapat membantu kulit untuk tetap sehat.

Mengonsumsi air dengan jumlah yang tepat bisa membuat sistem pembuangan urine menjadi lebih baik. Sistem pembuangan ini memiliki fungsi untuk membuat racun pada tubuh yang juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

7. Hormon

Fakta tentang jerawat selanjutnya berkaitan dengan hormon. Jurnal Archives of Dermatologi menunjukkan, 63 persen perempuan muncul jerawat sebelum menstruasi. Seminggu sebelum periode menstruasi merupakan waktu paling banyak muncul jerawat yang dialami sebagian besar perempuan.

Meski itu hal yang wajar, kalian tetap perlu memperhatikannya. Apalagi jika jerawatnya sampai pada tingkatan parah, berarti kalian harus melakukan konsultasi ke dokter agar menemukan cara untuk mengendalikannya.

KLovers, itulah fakta tentang jerawat yang perlu kalian ketahui agar bisa menentukan langkah yang tepat sebagai proses penyembuhan. Hal yang pasti harus kalian lakukan demi terjaganya kesehatan, yaitu menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur serta makanan lain secara seimbang, kalian bisa menjauhkan diri dari masalah jerawat. Pasalnya, jerawat bukan masalah yang hanya dipengaruhi oleh usia, seperti mitos jerawat yang dialami remaja. Faktanya, jerawat juga bisa disebabkan faktor genetis yang berarti memungkinkan bagi siapa saja untuk mengalaminya.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com