7 Jenis Burung Murai Batu Tercantik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Editor KapanLagi.com | Selasa, 26 Januari 2021 16:22 WIB
7 Jenis Burung Murai Batu Tercantik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kapanlagi.com - Bagi penggemar burung, jenis burung kicau tentu saja mendapatkan perhatian tersendiri di hati para penggemarnya, termasuk jenis burung murai batu. Tak hanya bentuk tubuhnya yang menggemaskan, burung murai batu juga menjadi hewan peliharaan yang banyak diidolakan. Burung murai batu banyak dicari orang sebagai hewan peliharaan lantaran memiliki suara yang merdu.

Murai batu ini juga dikenal sebagai salah satu primadona jenis burung kicau, karena mempunyai kemampuan kicau yang lantang dan menggema. Murai Batu juga dapat menirukan suara kicau yang berada di dekat lingkungannya. Tak heran jika harga dari jenis burung ini terbilang mahal.

Bahkan, bagi seseorang yang sangat menyukai dengan burung ini, mereka juga tergabung dalam sebuah komunitas hingga mengikut sertakan peliharaan mereka untuk diikutkan dalam perlombaan. Banyak orang yang hobi memelihara jenis burung murai batu karena bisa menemukan kedamaian yang menenangkan karena kicauannya. Nah, apabila kalian tertarik untuk memeliharanya, ada baiknya kalian mengetahui jenis murai burung terlebih dahulu. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Murai Batu Nias

Jenis murai batu yang pertama yaitu murai nias. Sesuai dengan namanya, burung yang berasal dari Nias Sumatera Utara ini memiliki kicau yang sangat khas yang banyak diidolakan. Lantaran suaranya yang jernih dan keras, di tempat asalnya, Nias, burung murai nias dijuluki tatohua. Uniknya lagi, murai nias juga bisa menirukan suara burung lain di sekitar mereka. Bentuk fisik dari jenis burung murai yang satu ini juga sangat menggemaskan karena tubuhnya yang kecil nan mungil.

2. Murai Batu Kalimantan

Murai Kalimantan ini berasal dari Kalimantan juga menjadi salah satu jenis murai yang populer. Namun, burung ini mempunyai kicau yang tak selantang dengan jenis murai lainnya. Meski begitu, murai Kalimantan ini memiliki stamina yang tinggi sehingga membuat kicau yang dikeluarkan selalu stabil. Adapun keunikan dari jenis burung ini yaitu memiliki ekor yang pendek, hanya 15 cm—20 cm, dan warna bulunya yang kontras, didominasi warna hitam pekat dan cokelat muda.

3. Murai Batu Aceh

Selanjutnya, jenis murai aceh ini juga sangat menggemaskan dan diburu banyak pecintanya. Hal ini karena murai aceh memiliki bulu ekor yang panjang dan suaranya yang nyaring dan keras, Adapun bentuk fisik dari jenis murai aceh yaitu memiliki tubuh yang cenderung kecil. Panjang ekor burung ini sekitar 19 cm sampai dengan 30 cm. Nah, bagi kalian yang ingin memiliki jenis murai batu yang unik dan suaranya yang lantang, murai aceh ini cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

4. Murai Batu Lahat

Burung murai batu lahat menjadi salah satu jenis burung yang terpopuler di Indonesia. Umumnya, burung murai batu yang berasal di pasaran yaitu jenis murai batu lahat. Adapun ciri fisik dari jenis murai ini yaitu memiliki ekor panjang 18-23 cm. Selain itu, postur tubuhnya lebih mirip dengan murai batu nias. Bahkan, suaranya juga mirip dengan burung murai batu nias lho. Banyak orang mengidolakan jenis murai ini karena variasi suaranya yang banyak.

5. Murai Batu Lampung

Murai lampung memiliki ukuran tubuh yang tidak jauh berbeda dengan murai medan, namun ekornya memang lebih pendek. Murai lampung juga termasuk jenis burung murai yang biasa dilombakan karena memiliki suara yang lantang dan staminanya pun tinggi. Jadi, saat dibawa ke perlombaan, murai lampung tak akan kenal menyerah dan akan terus berusaha menghasilkan suara terbaik dengan meniru suara burung lain di sekelilingnya.

6. Murai Batu Jambi

Murai batu jambi terbagi di sekitar Kawasan dataran tinggi dan rendah. Burung murai batu Jambi yang tinggal di kawasan dataran tinggi mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dengan ekor yang panjang dan bentuknya melengkung ke bagian atas tubuh burung. Sedangkan burung murai jambi yang hidup di dataran rendah mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dengan ekor yang tidak panjang.

Kelebihan dari burung murai batu jambi baik dataran rendah maupun dataran tinggi memiliki mental yang sangat kuat. Selain itu, burung ini juga memiliki kicauan yang bagus sehingga sangat sering diikusertakan dalam perlombaan.

7. Murai Batu Bordan

Selanjutnya, jenis murai yang perlu kalian ketahui yaitu murai batu bordan. Diketahui jenis murai ini hasil silang dari murai batu medan jantan dan murai batu borneo betina. Pantas saja jika murai bordan mempunyai pstur tubuh yang hampir sama. Dengan murai batu medan. Selain itu, murai bordan juga memiliki suara yang bervariasi. Tak heran jika kemudian banyak orang yang ingin memelihara jenis burai bordan.

Itulah sederet jenis burung murai batu yang banyak diidolakan. Jenis burung murai batu manakah yang menjadi favorit kalian?

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com