7 Jenis Mi yang Legendaris di Indonesia dan Bikin Nagih, Buruan Cobain!

Jeffrey Winanda | Kamis, 30 September 2021 07:42 WIB
7 Jenis Mi yang Legendaris di Indonesia dan Bikin Nagih, Buruan Cobain!

Kapanlagi.com - Jika diminta menyebutkan salah satu comfort food yang paling divarotikan masyarakat Indonesia, salah satu jawaban yang sering disebutkan adalah mi. Baik tipe kuah, tumis, atau goreng, mi adalah makanan yang nggak lepas dari kehidupan masyarakat di Tanah Air.

Mi pun memiliki banyak macam yang tersebar di seantero penjuru Indonesia. Termasuk beberapa jenis mi di bawah ini.

Mi Lethek

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mi Lethek yang berasal dari Yogyakarta ini terbuat dari tepung singkong. Tapi, asal muasal mi ini warisan dari Timur Tengah loh! Namanya sendiri diambil berdasarkan warna dari mi ini yang kusam dan artinya adalah mi kotor.

Meski begitu, mie khas daerah Bantul Yogyakarta ini rasanya enak banget! Teksturnya juga kenyal dan penampilannya mirip bi bihun pada umumnya.

Mi Tek Tek

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Meski didapatkan dari pedagang keliling, Mi Tek Tek menjadi idola banyak kalangan. Makanan ini juga biasa disebut dengan Mie Dok Dok.

Tentu saja ada banyak varian bahan yang dicampur dengan mi di dalamnya. Ada udang, kol, sawi hijau, baso sapi, telur, dan pelengkap daun bawang. Sudah cukup bikin ngiler nggak nih?

Mi Aceh

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sajian dari Serambi Mekkah ini menjadi incaran banyak orang hampir di semua daerah. Soalnya, rasanya kaya banget akan rempah yang siap menghangatkan tubuh. Apalagi di cuaca dingin.

Minya yang kenyal ini juga disajikan bersama bahan-bahan lainnya. Ada telur, tauge, ayam, udang hingga cumi tergantung selera.

Mi Ongklok

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bergeser ke daerah Wonosobo, terdapat Mi Ongklok di sana yang memiliki kuah pekat dengan rasa nikmat. Kuahnya ditambahkan tepung maizena sehingga teksturnya lebih kental.

Rasa seafood bisa kamu rasakan dalam Mi Ongklok karena terdapat ebi kering dan ditambahkan saus tiram. Cara penyajiannya juga unik. Meletakkan mi dan kol baru disiram kuah kaldu yang mengental.

Mi Celor

(c) Instagram/nasigemukcitra2(c) Instagram/nasigemukcitra2

Palembang juga punya cara penyajian mi yang istimewa nih! Mie Celor biasa disajikan dengan kuah yang bikin tubuh jadi hangat. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah udang, tauge, telur ayam ditambah jeruk limau sebagai penyegarnya.

Mi Goreng Hokkian

(c) Instagram/bajipamai(c) Instagram/bajipamai

Mi yang satu ini merupakan hidangan khas Singapura. Nggak pakai kuah kayak jenis-jenis mi atas. Melainkan disajikan secara kering, makanya disebut Mi Goreng Hokkian.

Mi ini terdiri dari daging sapi, udang, tahu kuning, kentang dan sawi di dalamnya. Rasa manisnya berpadu dengan asin dan pedas. Biasanya, Mi Goreng Hokkian disajikan bersama perasan jeruk nipis.

Kwetiau

(c) Instagram/kwetiau_penang_edbert(c) Instagram/kwetiau_penang_edbert

Kalau tadi sudah Singapura, mi yang satu ini berasal dari Thailand, guys. Visualnya berbeda dari kebanyakan mi. Kwetiau berbentuk lebar, tebal dan pipih.

Tapi ada juga yang khas Thailand teksturnya lebih tipis. Kwetiau dibuat dari tepung beras dan bisa kamu nikmati dengan dua cara penyajian, yaitu kering maupun berkuah.

Beragam jenis mi di atas bisa dipesan di ManisdanSedap.com. Platform ini adalah bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Platform ini akan mempertemukanmu dengan seller yang kemudian akan menginformasikan kontak WhatsApp si penjual dan bisa bertransaksi di luar website ini. Jadi, kamu bisa membeli Kwetiau Penang Edbert, Mi Goreng Hokkian Baji Pamai, hingga Mi Celor dari Nasi Gemuk Citra dari manapun kamu berada.

Buruan PO sekarang juga ya!

(kpl/jef)

Editor :   Jeffrey Winanda

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com