Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

7 Manfaat Greek Yogurt Bagi Kesehatan Tubuh, Tinggi Proteinnya Baik untuk Bayi

Editor KapanLagi.com | Rabu, 18 November 2020 13:11 WIB
7 Manfaat Greek Yogurt Bagi Kesehatan Tubuh, Tinggi Proteinnya Baik untuk Bayi

Kapanlagi.com - Yogurt memang menjadi salah satu olahan susu yang begitu populer. Memiliki rasa yang unik, membuat yogurt sering dikonsumsi secara langsung atau dengan olahan lain. Ada banyak sekali olahan yogurt dengan berbagai jenis, salah satunya yaitu greek yogurt. Dan tentu saja manfaat greek yogurt juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Greek yogurt atau yogurt Yunani merupakan salah satu olahan susu yang dibuat dengan menyaring whey cair untuk menghasilkan produk yang lebih kental dan berkrim, dengan konsentrasi protein lebih tinggi dan lebih sedikit laktosa (gula). Greek yogurt sendiri mengandung minimum 5,6 persen protein dibandingkan dengan 2,7 persen yogurt yang tidak terstruktur.

6 ons greek yogurt mengandung 5 hingga 10 gram protein, bahkan kandungan nutrisi di dalamnya dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Meski berasal dari susu sapi, greek yogurt cenderung aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa. Pasalnya, bakteri dalam yogurt ini sudah memecah gula yang terdapat dalam susu sapi sehingga greek yogurt relatif lebih mudah untuk dicerna tubuh.

Kira-kira apa saja ya manfaat greek yogurt bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa manfaat greek yogurt yang bisa kalian dapatkan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kandungan Greek Yogurt

Gambar

Menjadi salah satu yogurt yang memiliki banyak sekali penggemar, ternyata di dalam greek yogurt terdapat banyak sekali kandungan luar biasa loh KLovers. Dan inilah beberapa kandungan nutrisi yang bisa kalian dapatkan bila mengonsumsi greek yogurt secara rutin.

Tinggi protein
Mengandung probiotik
Tinggi kalsium
Rendah laktosa
Rendah karbohidrat
Kaya vitamin B12
Vitamin A
Vitamin C
Magnesium
Potasium
Zinc
Tiamin
Niacin
Acid
Biotin

Dengan kandungan yang begitu luar biasa, tidak heran bila manfaat greek yogurt untuk kesehatan tubuh juga luar biasa. Dan menjadi salah satu yogurt favorit bagi mereka yang sedang menjalankan pola hidup sehat hingga program diet.

2. Menutrisi Tulang

Manfaat greek yogurt yang pertama yaitu dapat menutrisi tulang dengan sangat baik. Tulang memang menjadi salah satu anggota tubuh yang sangat penting untuk dijaga, karena bila tulang kekurangan nutrisi maka akan membuat seseorang tersebut mudah terkena osteoporosis.

Dan dengan mengonsumsi greek yogurt, maka kalian bisa memberikan nutrisi harian pada kesehatan tulang kalian. Hal ini karena sangat tinggi akan kalsium. Kalsium merupakan kunci untuk membangun sekaligus mempertahankan fungsi otot dan tulang yang kuat.

Sehingga yogurt ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena kandungan kalsium dalam tubuh mereka akan tercukupi dengan mengonsumsi yogurt. Tak hanya itu saja, para lansia juga bisa mengonsumsi greek yogurt untuk mengatasi masalah tulang dan juga pencernaan mereka.

3. Baik untuk Jantung

Gambar

Manfaat greek yogurt yang selanjutnya yaitu sangat baik untuk kesehatan jantung. Yup! Memiliki jantung yang sehat memang sebuah kewajiban, karena jantung sehat menandakan tubuh yang juga sehat. Salah satu yang dapat kalian lakukan dalam memberikan kesehatan jantung yaitu dengan mengonsumsi greek yogurt.

Hal ini karena kandungan probiotik dalam greek yogurt juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam greek yogurt juga mampu menjaga kesehatan jantung dengan sangat baik.

4. Tinggi Protein

Bukan hal yang asing lagi bila greek tinggi akan kandungan protein. Protein adalah nutrisi penting yang turut menyumbang energi untuk tubuh sekaligus menjalankan beragam fungsi tubuh lainnya. Dengan protein yang cukup, maka itu akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, fungsi saraf, serta mengatur keseimbangan cairan.

Hampir di semua yogurt memiliki kandungan protein yang tinggi, namun berbeda dengan greek yogurt. Karena di dalam greek yogurt terdapat kandungan protein dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan yogurt lainnya.

Begitu tingginya kandungan yogurt Yunani ini, ada sekitar 15-20 gram protein yang terkandung dalam 6 ons greek yogurt. Dan jumlah ini setara dengan protein dalam 3 ons daging tanpa lemak. Sehingga tidak heran bila greek yogurt bisa jadi alternatif sumber protein yang baik, bagi kalian yang sedang menghindari makan daging.

5. Menunjang Fungsi Otak

Gambar

Selain itu, manfaat greek yogurt juga dapat menunjang fungsi otak loh KLovers. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi, dan juga vitamin B12 yang terdapat dalam greek yogurt. Dalam satu porsi greek yogurt kalian bisa memenuhi hingga 21 persen kebutuhan vitamin B12 harian.

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, menunjang fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya. Selain itu kandungan vitamin B12 ini bisa memberikan daya ingat yang baik bagi anak dalam masa pertumbuhan mereka.

6. Baik untuk Bayi

Tidak hanya orang dewasa saja, nyatanya manfaat greek yogurt juga sangat baik loh untuk bayi kalian. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam greek yogurt sangat baik bila dikonsumsi pada bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Di dalam greek yogurt terdapat kandungan protein hewani, kalsium, vitamin B2, vitamin B12, kalium dan magnesium.

Selain itu, kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt yaitu lactobacillus dan bifidobacterium, bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan saluran cerna. Sehingga anak tidak mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus hingga bakteri.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Gambar

Tak hanya itu, ibu hamil juga bisa loh merasakan manfaat greek yogurt KLovers. Greek yogurt memiliki kandungan yang tinggi akan kalsium, dan merupakan salah satu cara yang baik untuk membantu pertumbuhan tulang janin. Selain itu greek yogurt juga kaya akan asam folat dan protein yang baik untuk ibu dan juga perkembangan janin.

Hal ini karena, kedua kandungan tersebut sangat penting untuk kalian yang sedang mengandung. Selain itu kandungan bakteri baik dalam yogurt dapat mencegah sakit perut dan infeksi jamur, sehingga dapat menenangkan perut wanita hamil. Jadi tidak ada salahnya bagi kalian ibu hamil mengonsumsi greek yogurt untuk mendapatkan kesehatan.

8. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Dan manfaat greek yogurt yang terakhir yaitu, dapat melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Dan kalori terbakar bila metabolisme di dalam tubuh juga berjalan dengan lancar. Ketika kalian mengonsumsi makanan berserat serta lemak sehat, maka metabolisme tubuh dapat bekerja secara optimal.

Selain itu greek yogurt juga kaya akan kandungan yodium. Yodium memiliki peran sebagai fungsi tiroid yang tepat. Tiroid sendiri berperan dalam menjaga kondisi metabolisme tubuh agar tetap sehat dan tentu bisa membantu proses penurunan berat badan. Jadi kalian bisa mengonsumsi greek yogurt secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 7 manfaat greek yogurt yang baik untuk tubuh kalian. Bukan hanya mampu menurunkan berat badan saja, nyatanya greek yogurt juga memiliki nutrisi dan manfaat lain yang begitu luar biasa dalam memberikan kesehatan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com