7 Manfaat Pakcoy Bagi Kesehatan, Mencegah Peradangan - Mencegah Kesehatan Tulang

Dita Tamara| Sabtu, 01 Agustus 2020 14:22 WIB
Dita Tamara | Sabtu, 01 Agustus 2020 14:22

Kapanlagi.com - Pakcoy atau yang lebih sering disebut sawi sendok ini merupakan sayuran hijau yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Tanaman yang berasal dari Benua Asia yakni Tiongkok dan Asia Timur ini masih satu keluarga dengan tanaman sawi putih dan sawi hijau.

Bahkan, manfaat pakcoy bagi kesehatan sudah dikenal lantaran berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Tentunya kalian juga pasti sering menjumpai sayuran pakcoy ini diolah menjadi beragam hidangan yang menggugah selera.

Tanaman yang memiliki tekstur renyah ini memiliki kandungan vitamin, mineral, hingga seratnya yang tinggi dapat dipercaya meningkatkan kualitas kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya. Selain itu, pakcoy juga mengandung tinggi vitamin A dan vitamin C yang berperan penting sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan sendiri sangat berperan penting guna melindungi sel-sel tubuh tetap sehat dan terhindar dari radikal bebas.

Tak heran jika sayur pakcoy menjadi salah satu sayuran yang laris manis di jual di pasaran. Lalu, apa saja manfaat lainnya dari pakcoy? Untuk mengetahui penjelasan secara lengkap, langsung aja simak ulasan berikut ini.

1 Dari 7 Halaman

1. Mencegah Kesehatan Tulang

Mencegah Kesehatan Tulang (credit: freepik)
Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang dapat berkurang. Itulah sebabnya, kalian perlu menjaga kesehatan tulang sejak dini, agar kepadatan tulang tetap terjaga dan risiko untuk terkena osteoporosis kian berkurang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, caranya pun terbilang cukup mudah. Kalian hanya perlu mengonsumsi pakcoy.

Hal ini karena pakcoy mengandung berbagai macam nutrisi dan zat mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mulai dari zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K yang sangat penting untuk memperkuat struktur tulang.

2 dari 7 halaman

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung (credit: freepik)
Jantung merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Bahkan, penyakit jantung menjadi penyakit yang mempunyai faktor tertinggi angka kematian. Oleh sebabnya, cara termudah menurunkan risiko terkena penyakit jantung yakni dengan mengonsumsi sayur pakcoy yang kaya akan vitamin dan mineral. Kombinasi vitamin dan mineral inilah yang bisa membantu membersihkan badan dari racun dan kolesterol yang menyumbat di aliran darah.
3 dari 7 halaman

3. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga Tekanan Darah (credit: freepik)
Menjaga tekanan darah sangat penting dilakukan guna terhindar dari penyakit hipertensi. Kebiasaan pola makan yang tidak sehat seperti tinggi garam lah yang menjadi salah satu pemicu. Sebab, makanan tersebut mengandung asupan natrium yang meningkatkan risiko darah tinggi.

Kombinasi potasium, kalsium, dan magnesium di dalam pakcoy bisa membantu tekanan darah secara perlahan. Oleh sebabnya, kalian bisa memasukkan pakcoy ke dalam daftar menu harian kalian.

4 dari 7 halaman

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit (credit: freepik)
Setiap orang tentu mendambakan mempunyai kulit yang sehat, bersih, dan halus. Tentu hal tersebut membuat kepercayaan diri pada seseorang akan meningkat. Untuk memperolehnya, mengonsumsi pakcoy bisa menjadi solusi agar mendapatkan kulit yang sehat. Hal ini lantaran pakcoy mengandung antioksidan yang dapat menghalau radikal bebas akibat polusi atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu, pakcoy juga mengandung vitamin C dan K yang dapat menjadikan kulit lebih kenyal, lembab, dan tidak keriput.
5 dari 7 halaman

5. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker (credit: freepik)
Kanker masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi semua orang. Hal ini lantaran penyakit mematikan ini terbilang susah untuk disembuhkan. Namun, untuk mengatasi ketakutan tersebut, kalian bisa mendapatkan manfaat pakcoy untuk dikonsumsi. Pakcoy mengandung senyawa glucosinolate yang dapat berubah menjadi senyawa isothiosinolate yang berkhasiat untuk pencegahan penyakit kanker.
6 dari 7 halaman

6. Mencegah Peradangan

Mencegah Peradangan (credit: freepik)
Tahukah kalian peradangan kronis jika dibiarkan akan menyebabkan kondisi kesehatan yang buruk. Sebagai solusinya, manfaat pakcoy sangat baik dikonsumsi guna mencegah peradangan dalam tubuh. Hal ini karena kandungan kolin yang dimiliki oleh pakcoy dapat membantu kalian mendapatkan tidur lebih nyenyak menjaga pergerakan otot, hingga meningkatkan kemampuan mengingat. Oleh sebabnya, kalian bisa mengonsumsi pakcoy secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.
7 dari 7 halaman

7. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata (credit: freepik)
Selanjutnya, manfaat pakcoy bisa kalian dapatkan untuk memperoleh mata yang sehat. Sebab, pakcoy memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan bagus untuk mata. Selain itu pakcoy juga mengandung zat lutein, zea xhantin, dan beta karoten yang berguna untuk kesehatan retina mata. Selain itu, pakcoy juga berperan dalam memperbaiki penglihatan di malam hari, dan mencegah mata katarak.

Itulah sederet manfaat pakcoy yang baik bagi kesehatan. Ada baiknya kalian memasak sayur pakcoy supaya kandungannya tidak hilang dengan cara dikukus, ditumis, direbus, dan dipanggang. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com