Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

7 Minuman Sehat yang Dapat Menyehatkan Jantung

Editor KapanLagi.com | Rabu, 07 Oktober 2020 11:22 WIB
7 Minuman Sehat yang Dapat Menyehatkan Jantung

Kapanlagi.com - Jantung menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya, dan masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Itulah mengapa mengetahui makanan serta minuman sehat yang dapat menyehatkan jantung menjadi hal utama.

Penyakit jantung dapat menimpa pada siapa saja, tidak hanya manula saja, kaum muda hingga anak-anak pun bisa memiliki penyakit jantung. Itulah mengapa menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat seperti minuman alami bisa kalian lakukan untuk menyehatkan jantung.

Kira-kira minuman sehat apa saja ya? Dilansir dari berbagai sumber, ini 7 makanan sehat yang dapat menyehatkan jantung kalian. Yuk langsung saja dicek.

1. Susu Kedelai

Gambar

Minuman sehat pertama yang baik untuk kesehatan jantung yaitu ada susu kedelai. Susu memang menjadi minuman yang menyehatkan, tidak heran bila susu kedelai juga menjadi minuman yang sangat menyehatkan untuk jantung. Hal ini karena susu kedelai mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu susu kedelai memiliki kandungan berupa sterol, yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung. Selain itu dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum susu lebih dari dua porsi, atau setara dengan 240 gram susu murni dapat mengurangi risiko serangan jantung.

2. Teh

Gambar

Minuman selanjutnya yang baik untuk kesehatan jantung yaitu ada teh. Yup! Ternyata teh menjadi salah satu minuman yang dapat menurunkan risiko stroke, kanker dan juga penyakit jantung seperti serangan jantung. Dan tentu saja hal ini telah dibuktikan bahwa risiko serangan jantung berkurang 11% setelah mengonsumsi teh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut peneliti menyarankan untuk minum 3 cangkir teh per hari atau setara dengan 237 ml. Jika kamu memilih teh dalam kemasan botolan, pastikan teh tersebut tidak diberi pemanis buatan. Atau lebih baik mengonsumsi teh hijau yang mengandung antioksidan berupa polifenol, yang penting untuk kesehatan jantung.

3. Kopi

Gambar

Selanjutnya ada kopi yang menjadi minuman baik untuk kesehatan jantung kalian. Sama seperti teh, kopi juga ternyata dapat membuat jantung kalian menjadi sehat loh KLovers. Menurut penelitian di Baker Heart dan Diabetes Institure di Melbourne, Australia, kandungan kafein pada kopi berperan untuk melindungi jantung.

Namun tidak dengan jumlah banyak ya, karena kopi justru akan membuat jantung berdebar kencang. Peneliti menyarankan bahwa minum kopi sebanyak 3 cangkir dalam sehari, dan tanpa gula ataupun susu.

4. Air Putih

Gambar

Selanjutnya ada air putih yang menjadi minuman yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu jantung. Air putih memang menjadi minuman yang paling ideal dengan nol kalori, dan dapat menghindari tubuh 100%. Secara normal seseorang mengonsumsi air putih sebanyak 6 sampai dengan 8 gelas setiap hari.

Namun akan lebih baik dikonsumsi lebih banyak dari itu. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan penelitian dari Harvard Universiy mengatakan bahwa darah kental dapat menyebabkan risiko penyakit jantung.

Itulah mengapa kita wajib mengonsumsi air putih, karena air putih dapat membantu membilas kelebihan garam yang mengendap di dalam darah. Hal itulah yang membuat darah menjadi kental. Air putih yang membilas garam tersebut kemudian keluar melalui urine.

5. Coklat Murni

Gambar

Coklat murni menjadi salah satu minuman yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena minuman cokelat sangat kaya akan antioksidan flavonoid, yang dikenal karena manfaat kardiovaskularnya.

Produk kakao dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi ketika kalian mengonsumsi minuman coklat murni, maka akan membuat jantung lebih sehat. Tetapi tidak dicampurkan dengan bahan lainnya ya KLovers.

6. Teh Kembang Sepatu

Gambar

Kembang sepatu bukan hanya menjadi tumbuhan hias saja loh KLovers, tanaman satu ini juga dapat menjadi teh yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena teh kembang sepatu kaya antioksidan kuat yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Bunga kembang sepatu adalah sumber antioksidan polifenol yang kuat, dan ekstrak kembang sepatu telah terbukti memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol. Sehingga dapat membuat keadaan jantung kalian lebih sehat.

7. Air Jahe

Gambar

Dan minuman terakhir yaitu ada air jahe. Yup! Minuman penghangat badan ini ternyata mampu memberikan kesehatan jantung loh. Hal ini karena jahe mengandung gingerol, atau zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Selain itu minuman jahe juga terbukti menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan berbagai faktor risiko penyakit jantung pada pasien dengan diabetes tipe 2. Namun perlu diingat bahwa jangan mengonsumsi air jahe bersamaan dengan obat pengencer darah ya KLovers, karena hal tersebut tidaklah baik.

Itulah 7 minuman sehat yang dapat memberikan kesehatan pada jantung kalian. Selain jantung, nyatanya minuman di atas juga dapat menjadi minuman kesehatan untuk tubuh kalian.

(kpl/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com