Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

7 Rekomendasi Film di Youtube, Durasi Pendek dan Bisa Ditonton Secara Gratis

Kamis, 07 April 2022 11:22 WIB
7 Rekomendasi Film di Youtube, Durasi Pendek dan Bisa Ditonton Secara Gratis

Kapanlagi.com - Film bagus dan berkualitas memang menjadi hal yang selalu dicari. Tak harus selalu mengeluarkan uang, kalian bisa mendapatkan tontonan gratis melalui beberapa rekomendasi film di Youtube berikut ini.

Meski hanya berdurasi pendek, beberapa rekomendasi film di Youtube ini pernah menjadi topik perbincangan yang ramai di media sosial lho, KLovers! Salah satunya adalah film TILIK yang punya tokoh ikonik bernama bu Tedjo.

Film-film ini mendapat perhatian besar karena ide yang disampaikan begitu mendalam dan dekat dengan realita keseharian. Nah, jika kalian penasaran, langsung saja simak beberapa rekomendasi film di Youtube berikut ini.

1. TILIK (2018)

Gambar

Film pendek yang berjudul TILIK ini sempat menjadi topik perbincangan netizen di media sosial. Film ini punya tokoh yang begitu ikonik bernama bu Tedjo (Siti Fauziah). Pemenang Piala Maya 2018 kategori Film Pendek Terbaik ini ditulis oleh Bagus Sumartono dan disutradari oleh Wahyu Agung Prasetyo. Setelah dirilis melalui Youtube Ravacana Films, TILIK menjadi topik yang banyak dibicarakan.

Rekomendasi film di Youtube yang berjudul TILIK ini mengisahkan perjalanan serombongan ibu-ibu desa yang hendak menjenguk atau tilik dalam bahasa Jawa. Perjalan singkat di atas bak truk itu ternyata berhasil menjadi cara untuk mengungkap kisah kehidupan masyarakat, khususnya di pedesaan daerah Jawa.

2. LOZ JOGJAKARTOZ

Gambar

Rekomendasi film di Youtube selanjutnya berjudul LOZ JOGJAKARTOZ. Secara garis besar, film ini menceritakan kisah mafia burung mahal yang melibatkan tokoh mulai dari preman hingga polisi.

Awalnya, burung yang diperebutkan itu adalah milik Artos. Karena itu, dia terseret pada permasalahan pelik yang digambarkan sebagai sisi kehidupan malam Jogja yang mungkin jarang diketahui orang. Saat menonton film ini, kalian akan mendapatkan sensasi menegangkan dengan bumbu komedi di beberapa adegannya.

3. KTP

Gambar

Film pendek berjudul KTP ini sepertinya cocok jadi refleksi dalam kehidupan beragama. Meski dihadirkan dengan unsur komedi yang akan mengundang gelak tawa setiap penontonnya, ada pesan serius yang bisa kalian dapatkan. Oleh karena itu, KTP menjadi rekomendasi film di Youtube yang tak boleh kalian lewatkan.

Film ini bermula dari seorang petugas kecamatan yang melakukan pendataan terhadap warga. Salah satu warga yang didatangi bernama mbah Karsono, lelaki paruh baya yang ternyata belum punya KTP.

Selanjutnya, kalian akan mengetahui bahwa alasan mbah Karsono belum memiliki KTP adalah salah satu kolom yang tak menyediakan agama yang sebenarnya dia anut. Isu toleransi dan minoritas dalam kehidupan beragama disindir habis-habisan dalam film ini.

4. ANAK LANANG (2017)

Gambar

ANAK LANANG juga menjadi rekomendasi film di Youtube yang tak boleh dilewatkan. Film pendek yang ditulis dan disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini bercerita tentang 4 orang anak SD laki-laki yang pulang bersama naik becak. Nah, perbincangan anak-anak selama perjalanan pulang ini merupakan inti yang perlu kalian perhatikan. Mereka melakukan percakapan khas anak kecil yang penuh perdebatan.

5. LEMANTUN (2014)

Gambar

Jika kalian merupakan seorang perantau yang sudah jarang mempedulikan keadaan orangtua di kampung halaman, coba luangkan waktu untuk menonton rekomendasi film di Youtube yang satu. Film pendek berjudul LEMANTUN garapan Wregas Bhatuneja ini bercerita tentang keluarga yang sedang melakukan pertemuan.

Anak-anak dalam keluarga tersebut sudah sukses di perantauan, kecuali satu anak yang bernama Mas Tri. Dia tetap tinggal bersama ibunya dan hanya berjualan bensin eceran. Pada pertemuan tersebut, sang ibu ingin membagikan warisan kepada setiap anak.

Lemari tersebut ternyata sudah dibeli sejak kelahiran mereka masing-masing. Anak-anak pun membawa lemari itu pulang ke perantauan masing-masing. Dan di akhir film, kalian mungkin akan menitikan air mata melihat mas Tri, anak yang dianggap paling tidak sukses memperlakukan lemarinya.

6. PEMEAN

Gambar

Sesuai dengan judulnya, film pendek ini memiliki latar tempat di jemuran rumah. Pemean dalam bahasa Jawa berarti jemuran baju. Percakapan di saat seseorang dan tetangganya yang menjemur atau mengangkat pakaian ini menjadi fenomena yang menarik untuk diperhatikan. Entah itu obrolan biasa, ajang pamer, hingga pergunjingan. Dengan merekam keseharian tersebut, kalian bisa mendapatkan pesan moral yang juga disampaikan. Oleh karena itu, rekomendasi film di Youtube berjudul PEMEAN ini tak boleh kalian lewatkan.

7. SINGSOT (2016)

Gambar

Rekomendasi film di Youtube terakhir yang perlu kalian tonton selanjutnya adalah SINGSOT. Film bergenre horor ini punya cerita yang menarik untuk diikuti. Singsot dalam bahasa Jawa berarti bersiul. Tokoh dalam film ini adalah seorang anak yang menginap di rumah kakak-neneknya. Dia sudah dilarang untuk bersiul, tapi tetap melakukannya. Hal itu membuatnya harus menghadapi konsekuensi yang menyeramkan.

Berkat cerita menarik ini, SINGSOT berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Film Terbaik dari Fiagra Horor Film Festival 2016 dan Film Horor Terbaik dari Taman Film Festival 2017.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi film di Youtube yang menarik dan bisa diakses secara gratis untuk kalian tonton.

(kpl/gen/ans)

 

Join Kapanlagi.com