Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

7 Rekomendasi Roll Film Kamera Analog yang Bagus dan Terjangkau Bagi Pemula

Selasa, 13 September 2022 11:33 WIB
7 Rekomendasi Roll Film Kamera Analog yang Bagus dan Terjangkau Bagi Pemula

Kapanlagi.com - Meski sudah memasuki era digital, fotografi dengan kamera analog nyatanya masih begitu diminati. Hal tersebut berkaitan dengan kembali populernya gaya klasik ala 90-an yang memiliki kesan vintage. Tak heran, rekomendasi roll film kamera analog pun masih terus dicari.

Tak cuma gaya rambut, pakaian, atau musik, anak muda zaman sekarang juga meminati fotografi dengan cara jadul menggunakan kamera analog. Hal ini tentu menuntut mereka untuk mencari rekomendasi roll film kamera analog demi melakukan hobi.

Nah, rekomendasi roll film kamera analog ini dibutuhkan untuk menyimpan jepretan foto. Negatif film tersebut kemudian "dicuci" untuk menghasilkan gambar objek yang sudah diambil.

1. Pengertian Roll Film

Gambar

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai rekomendasi roll film, alangkah lebih baik jika kalian memahami apa itu roll film terlebih dahulu. Roll film merupakan media yang digunakan untuk menyimpan hasil foto dari kamera analog. Secara tampilan, media ini memang berbentuk seperti gulungan.

Gulungan tersebut memiliki pelindung yang menghindarkan dari paparan cahaya. Roll film ini pertama kali dibuat oleh Kodak pada tahun 1934 dan masih banyak digunakan hingga sekarang. Bahkan, sudah ada banyak pilihan merek yang bisa kalian gunakan.

2. Kodak Color Plus 200

Kodak Color Plus 200 menjadi rekomendasi roll film kamera analog yang bisa kalian coba. Roll film ini bisa dikatakan favorit karena harganya yang murah dan mudah didapat di pasaran Indonesia. Untuk karakter warna film ini dengan ISO 200 menghasilkan foto dengan tone warna yang warm atau kekuning-kuningan. Oleh karena itu, roll film ini sangat cocok digunakan pada saat matahari pagi atau sore hari.

3. Kodak Gold 200

Gambar

Selanjutnya, ada Kodak Gold 200 sebagai rekomendasi roll film yang cukup sering digunakan pemula. Pasalnya, roll film dengan ISO 200 ini relatif mudah didapat di pasaran Indonesia. Perlu kalian ketahui bahwa film ini satu tingkat dengan Kodak Color Plus. Saat digunakan, film ini akan menghasilkan warna warm kuning lebih ke emas dengan ketajaman warna yang dapat diandalkan. Film ini cocok untuk human interest atau street. Tertarik untuk mencobanya?

4. Kodak Portra 400

Kodak Portra 400 merupakan rekomendasi roll film kamera analog yang memiliki kelebihan pada ISO 400 yang lebih peka terhadap cahaya minim. Hal itu dapat menghasilkan warna yang sangat khas sedikit hijau dengan kontras yang jelas. Selain itu, hasil foto juga akan memiliki efek fade pada foto yang sangat mencerminkan nuansa vintagenya.

Walaupun memiliki advantage ISO yang lebih yaitu 400, harga roll film ini bisa tetap dibilang terjangkau. Berada di kisaran harga Rp110.000, kalian sudah bisa mendapatkannya, lho!

5. Agfa Vista 200

Gambar

Selanjutnya, ada Agfa Vista 200 yang masih menjadi favorit para pengguna kamera analog. Sayangnya, merek ini sudah tidak bisa menjadi rekomendasi roll film lagi.Pasalnya, meski awalnya di pasar Indonesia masih mudah ditemui, kini roll film ini dikabarkan sudah tidak diproduksi lagi.

Padahal, roll film ini memiliki ISO 200 dengan karakter warna foto merah atau magenta yang dominan dan saturasi yang tinggi. Roll film ini akan cocok bagi kalian yang suka menghasilkan foto potrait karena skin tone yang natural.

6. Cinestill 800T

Cinestill 800T juga menjadi salah satu rekomendasi roll film yang bagus untuk kamera analog. Memiliki ISO yang tinggi, yakni 800, roll film ini cocok digunakan untuk memotret kelap kelip lampu perkotaan di malam hari. Grain yang cukup halus juga mendukung bagi pecinta night photography. Oleh karena itu, harganya terbilang cukup mahal, yakni berada di kisaran Rp200.000.

7. Fujicolor C200

Gambar

Fujicolor C200 menjadi rekomendasi roll film bagus untuk kamera analog yang bisa kalian coba. Untuk harga, roll film ini terbilang cukup terjangkau karena berada di kisaran Rp60.000. Karakter warna yang dihasilkan film ini cocok untuk foto landscape karena warna yang dimunculkan dominan warna hijau, biru, dan merah yang soft.

Tak hanya itu, film ini bisa digunakan untuk motret dengan objek manusia, karena skin tone yang dihasilkan film ini natural.

8. Fuji Industrial 100

Rekomendasi roll film selanjutnya adalah Fuji Industrial 100. Perlu kalian ketahui bahwa film ini memiliki dua varian yaitu 24exp dan 36exp. Karakter tone warna yang dihasilkan film ini cukup natural dan lembut untuk skin tone.

Bahkan, film ini memiliki ciri khas pada warna hijau dan birunya yang sekilas hampir sama dengan tone film Kodak Potra 160. Film ini sangat cocok digunakan untuk motret foto landscape atau potrait dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni berada di kisaran Rp70.000.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi roll film kamera analog yang bagus dan cukup terjangkau untuk pemula.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com