7 Tempat Wisata Hits di Penajam dan Kutai Kartanegara, Calon Ibukota Baru RI

Rezka Aulia | Senin, 26 Agustus 2019 16:13 WIB
Rezka Aulia | Senin, 26 Agustus 2019 16:13

Kapanlagi.com - Pemindahan ibu kota Indonesia bukan lagi sekadar wacana. Pasalnya Presiden Jokowi baru saja menyampaikan pengumuman resmi mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Dalam pengumuman yang disampaikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/19), Jokowi mengumumkan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di sebagian Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Wilayah ini dipilih dengan beberapa pertimbangan penting, mulai risiko bencana alam yang rendah, wilayah yang cukup luas, hingga kedekatan dengan kota Balikpapan dan Samarinda.

Yuk intip sederet potensi wisata yang ada di calon ibu kota kita. Jadi KLovers bisa siap-siap atur rencana liburan dari sekarang!

1 Dari 7 Halaman

1. Air Terjun Tanah Merah

© Wikipedia
Wisata alam Air Terjun Tanah Merah bisa dikunjungi dengan jarak 14 km dari Samarinda. Perjalanan dari Samarinda bakal ditempuh melewati jalan poros Samarinda-Bontang. Tujuan wisata satu ini pertama kali ditemukan tahun 1975.

Air terjun setinggi 15 meter ini tak memiliki air yang jernih melainkan kecoklatan. Pasalnya air terjun satu ini berada di tanah gambut dan dikelilingi tambang baru bara.

Namun meski demikian destinasi satu ini memiliki pesonanya sendiri. Keasrian alam yang masih terjaga bisa memanjakan mata pengunjungnya. Ada beberapa pohon Ulin dengan diameter melebihi 3-5 meter masih berdiri tegak di destinasi satu ini. 

2 dari 7 halaman

2. Bukit Batu Dinding

© Instagram/novila94 via merdeka.com
Gak cuma main air, KLovers juga bisa menikmati keindahan alam Bukit Batu Dinding. Deretan tebing terjal ini tertata apik bak dinding buatan alam. Destinasi satu ini sempat viral bagi pecinta alam milenial di sosial media.

Bukit Batu Dinding berada di Kota Minyak, Balikpapan. Tepatnya di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. KLovers harus menempuh perjalanan melalui rute KM 45 Jalan Soekarno-Hatta dari Balikpapan menuju Samarinda.

Setelah tiba di destinasi, KLovers masih harus melakukan trekking sejauh 8 km. Sepanjang jalur trekking mata pengunjung akan dimanjakan pemandangan alam yang apik. Meski medan trekking bakal tak mudah, tapi pemandangan pepohonan hijau di puncak nanti bakal membuat semua lelah terbayar!

3 dari 7 halaman

3. Museum Mulawarman

© Wikipedia - Arief Rahman Saan
Museum Mulawarman bisa jadi destinasi wisata edukatif di Tenggarong, Kalimantan Timur. Museum megah ini merupakan istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada 1963 sebagai ganti istana yang sebelumnya terbakar. Saat mengunjungi museum satu ini KLovers dapat sekaligus menikmati tenang dan indahnya Sungai Mahakam.

Museum satu ini menyimpan berbagai benda sejarah yang pernah digunakan Kesultanan. Mulai dari Singgasana, tempat peraduan, pakaian kebesaran, tombak, prasasti hingga koleksi keramik Cina. 

Waktu paling tepat mengunjungi Museum Mulawarman adalah saat dilaksanakannya Upacara Erau. Acara satu ini biasanya diselenggarakan di pertengahan tahun dengan rangkaian acara yang amat menarik.

4 dari 7 halaman

4. Air Terjun Tembinus

© beritapenajam.net
Air Terjun Tembinus terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Destinasi yang masih terjaga keasliannya ini bisa jadi alternatif untuk melepas kepenatan di Kalimatan Timur. Butuh waktu setidaknya empat jam berkendara dari Penajam, Paser Utara untuk sampai di Tembinus.

Air terjun satu ini masih amat 'terjaga' di rimba belantara Kalimantan. Tak mudah untuk menuju destinasi satu ini, belum lagi risiko jalan becek bila hujan turun. KLovers juga masih harus trekking menembus hutan kurang lebih 1 km untuk sampai ke air terjun.

Perjalanan yang ditempuh memang bakal berat dan tak mudah. Namun menikmati gemericik air jatuh dari ketinggian 70 meter pasti bakal membayar rasa lelah KLovers. Tertarik menjajal destinasi satu ini?

5 dari 7 halaman

5. Pantai Tanjung Jumlai

© pariwisata.vivaborneo.com
Kabupaten Penajam Paser Utara juga punya pantai yang amat elok yakni Pantai Tanjung Jumlai. Pantai perawan ini memiliki garis pantai mencapai 13 km, yang terbagi menjadi tiga segmen pantai, yakni Saloloang, Tanjung Tengah dan Pantai Corong.

Hanya berjarak 25 km dari Balikpapan, pantai satu ini masih relatif belum banyak dikenal masyarakat. Namun jangan khawatir, di pantai ini telah ada fasilitas yang memadai, mulai dari penjual makanan sampai fasilitas air bersih dan toilet.

Gak cuma menikmati panorama di bibir pantai, KLovers juga bisa coba memancing di dermaga atau menggunakan kapal. Hanya dengan biaya mulai dari 100 ribu rupiah KLovers bisa menjajal peruntungan memancing di laut lepas, tertarik?

6 dari 7 halaman

6. Danau Melintang

Danau Melintang © cikalweb.wordpress.com
Danau Melintang atau dalam bahasa Kutai disebut Kenohan berlokasi di aliran Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 11 ribu hektar.

Satu hal spesial tentang destinasi ini adalah adanya beberapa desa terapung yang berdiri di tiang ataupun rakit-rakit. Salah satunya adalah Desa Melintang yang berada di Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kertanegara. Masyarakat sekitar danau biasanya berprofesi sebagai pengembang ikan air tawar.

Pasti bakal seru banget ya kalau bisa menginap di desa terapung di Danau Melintang!

7 dari 7 halaman

7. Kedaton Kutai Kertanegara

© Wikipedia
Kedaton Kutai Kartanegara juga harus masuk dalam agenda berwisata di Kalimantan Timur. Terletak di pusat Kota Tenggarong, Kalimantan Timur, KLovers pasti tak akan kesulitan menemukan destinasi satu ini.

Istana ini dibangun oleh pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2002. Berdirinya istana ini juga menjadi penanda dihidupkannya kembali Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Meski menjadi milik Sultan Kutai Kartanegara, istana ini difungsikan sebagai kantor lembaga kesultanan serta tempat pelaksanaan acara seremonial Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Aristektur Kedaton sendiri merupakan perpaduan gaya modern dan gaya lawas istana Kerajaan Kutai. Di dalam ruang istana masih bisa ditemukan singgasana sultan yang dilengkapi kursi berbahan emas. Kedaton ini juga menghadirkan beberapa unsur Jawa seperti gamelan dan aksen ukiran.

Well, sederet destinasi ini jadi makin pengen berkunjung ke Kalimantan Timur kan?

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com