7 Tujuan Menikah dalam Islam Beserta Dalilnya, Mampu Sempurnakan Separuh Agama

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 07 Mei 2021 18:11 WIB
7 Tujuan Menikah dalam Islam Beserta Dalilnya, Mampu Sempurnakan Separuh Agama

Kapanlagi.com - Menikah dapat diartikan juga dengan menyatukan dua insan manusia dalam ikatan suci pernikahan. Islam sendiri memandang pernikahan sebagai ibadah penyempurna separuh agama. Sebab itulah penting bagi umat muslim memahami tujuan menikah dalam Islam yang tercantum dalam sejumlah dalil Al-Quran ataupun hadis.

Ikatan pernikahan antara laki-laki dan perempuan menjadi salah satu cara mengikat keduanya sebagai pasangan halal. Sebab itulah pernikahan juga menjadi bisa menjauhkan pasangan dari perbuatan maksiat dan zina. Artinya pasangan tersebut dapat melakukan apapun tanpa khawatir dosa yang ditanggung bahkan bisa bernilai pahala dan ibadah.

Upacara pernikahan dalam Islam dilaksanakan dengan akad yakni mengucapkan ijab dan kabul. Ketika akad nikah sudah diucapkan, maka bisa dikatakan telah sah jadi pasangan suami dan istri. Sebelum melangsungkan akad nikah, ada baiknya memahami tujuan menikah dalam Islam yang penting buat calon pengantin.

Sebab dengan memahami tujuan menikah dalam Islam, bisa jadi nasihat dan pelajaran berharga agar mendapatkan bahtera rumah tangga harmonis dan langgeng. Adapun tujuan menikah dalam Islam beserta dalilnya dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

Halaman Selanjutnya Penyempurna Separuh Agama

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com