8 Binatang Ini Dapat Diusir dengan Cara Alami, Tikus - Kecoak

Dhia Amira| Selasa, 02 Juni 2020 16:11 WIB
Dhia Amira | Selasa, 02 Juni 2020 16:11

Kapanlagi.com - Hama atau serangga biasanya akan sangat mengganggu bila mereka ada di dalam rumah. Telah beberapa cara dilakukan, tetapi tetap saja hama dan serangga tersebut kembali dan membuat keadaan rumah jadi tidak nyaman.

Biasanya bila ada hama seperti tikus akan sangat berbahaya untuk meletakkan makanan di atas meja, peralatan makan pun harus rutin dibersihkan karena tikus dapat membawa bakteri hingga penyakit yang membahayakan bagi tubuh. Ada beberapa cara alami mengusir hama dan serangga yang pastinya mudah untuk dilakukan.

Bahkan hama dan serangga bisa menjadi binatang yang sangat menakutkan untuk beberapa orang, atau orang-orang yang memiliki phobia. Bila hama dan serangga tersebut berada di dalam rumah, tentu saja akan membuat kita tidak nyaman serta ketakutan. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, Inilah cara alami mengusir hama dan serangga yang mudah untuk dilakukan tanpa harus menggunakan obat atau racun.

1 Dari 8 Halaman

1. Lipan

Lipan credit: Pixabay
Cara alami mengusir lipan yaitu dengan memberikan taburan garam di rumah. Banyak yang percaya bahwa memberikan garam adalah untuk membuat ular pergi, tetapi ternyata salah. Menaburkan garam nyatanya lebih efektif untuk mengusir lipan dan hewan-hewan sejenisnya yang akan datang ke rumah.

Lipan merupakan salah satu kelompok hewan bertulang belakang. Kelabang atau lipan memiliki bisa di setiap jari kakinya untuk memangsa hewan yang akan dijadikan santapan. Walaupun bisa pada lipan tak terlalu memberikan efek membunuh pada manusia. Di Thailand ataupun di China, lipan merupakan salah satu obat untuk penggunaan oral meski belum di buktikan keampuhannya.

Banyak juga dari orang-orang yang takut dengan adanya hewan bertulang belakang ini, memiliki warna kemerahan dan kaki banyak tentu saja membuat lipan menjadi salah satu hewan yang ditakuti oleh manusia. Untuk itu, dari pada membunuh atau dibiarkannya begitu saja, ada baiknya kalian taburi garam di area yang mungkin banyak sekali terdapat lipan. Hal ini akan membuat lipan menghindar dan menjauh dari tempat tersebut.

2 dari 8 halaman

2. Kecoak

Kecoak credit: id.wikipedia.org
Serangga paling mengerikan ini buka ditakuti dengan bentuknya, nyatanya di Indonesia banyak sekali yang takut dengan kecoa terbang. Membunuh kecoak juga dapat membuat ozon di bumi menipis loh KLovers, dan ini memang sudah terbukti. Kita disarankan untuk membalik tubuh kecoak agar ia mati dalam beberapak hari, tetapi hal tersebut adalah hal yang mustahil dilakukan oleh beberapa orang yang sangat takut serta membenci kecoak.

Kecoak memiliki 3.500 spesies di muka bumi ini dan termasuk hewan yang sangat cepat dalam berkembang biak. Untuk membuat kecoak pergi dengan cara alami, kalian hanya perlu menaburkan irisan daun salam di sekitar rumah, maka dapat dipastikan kecoak akan pergi dan menghindar dengan sendirinya.

3 dari 8 halaman

3. Rayap

Rayap credit: Pixabay
Binatang selanjutnya yang dapat diusir secara alami adalah rayap. Serangga yang satu ini menjadi salah satu hama manusia yang hinggap di kayu dan merusak kayu tersebut. Rayap akan merusak bangunan atau rumah yang terbuat dari kayu dan dapat membuat bangunan tersebut keropos sehingga menyebabkan kerusakan yang fatal. Hidup secara berkelompok membuat rayap dapat dengan mudah merusak perabotan rumah tangga yang dibuat dari kayu secara cepat, dan tentu saja tidak mudah untuk membasminya.

Dan cara alami untuk membasmi rayap yaitu dengan menyemprotkan air kapur sirih di mana tempat rayap bersarang, maka rayap akan pergi atau mati. Hal ini karena, sifat panas dari air kapur sirih dapat membuat rayap merasa kepanasan. Dan menjadi salah satu cara dan solusi dalam membasmi rayap yang mudah dan alami yang bisa kalian lakukan.

4 dari 8 halaman

4. Lalat

Lalat credit: Pixabay
Lalat menjadi salah satu binatang yang sangat mengganggu tetapi dapat dibasmi dengan cara alami. Lalat merupakan serangga terbang yang sangat dihindari oleh manusia dan selalu dijauhkan dari makanan. Lalat adalah salah satu hewan yang menjadi hama manusia, karena lalat dapat mengontaminasi makanan dan memberikan penyakit pada makanan tersebut. Karena dapat terbang dengan sangat cepat, lalat sedikit sulit untuk dibasmi, dan bila menggunakan penyemprot serangga maka bisa terkena dengan makanan yang ada di sekitar.

Maka dari itu cara amannya yaitu dengan menggunakan bahan alami, dan bahan tersebut adalah daun pandan. Lalat tidak suka dengan aroma dari daun pandan, itulah mengapa untuk menghilangkan lalat kalian bisa menaburkan irisan daun pandan di sekeliling rumah yang terdapat banyak lalat.

5 dari 8 halaman

5. Tikus

Tikus credit: Pixabay
Bintang selanjutnya yang dapat diusir dengan cara alami yaitu tikus. Tikus merupakan salah satu hama yang sangat merugikan bagi manusia, tak hanya merusak tanaman, tikus juga dapat menginfeksi manusia dengan penyakit mematikan yang ia bawa. Tikus merupakan salah satu binatang yang hidup di tempat kotor seperti gorong-gorong ataupun selokan.

Tikus membawa penyakit dari tubuh dan kakinya yang telah terkontaminasi oleh bakteri-bakteri jahat serta virus. Penyakit Pes yang terjadi pada jaman dulu yang telah membunuh banyak masyarakat eropa kala itu merupakan penyakit yang dibawa oleh tikus. Tak hanya itu saja, virus tifus juga merupakan salah satu penyakit yang dibawa oleh hama yang satu ini.

Kadang membunuh tikus dengan perangkap ataupun racun saja tidak akan cukup, bahkan tidak mempan untuk beberapa tikus. Maka dari itu, ada kok cara alami yang dapat kita lakukan untuk membasmi tikus. Dan cara tersebut adalah dengan menaburkan lada hitam pada area rumah atau ruangan. Karena lada hitam dipercaya dapat mengusir tikus dan membuat tikus pergi dengan sendirinya, oleh karena itu gunakan lada hitam agar tikus dapat pergi dan juga menjauh.

6 dari 8 halaman

6. Semut

Semut credit: Pixabay
Semut merupakan salah satu serangga yang sering hinggap pada makanan, terutama makanan manis. Bila kalian seorang muslim maka membunuh semut adalah sesuatu hal yang dosa. Tetapi bila tidak dihilangkan maka semut akan menghampiri makanan yang ada di meja makan atau di dalam lemari.

Semut yang berkelompok juga dapat membuat kita merasa merinding melihatnya, belum lagi semut merah yang bisa menggigit kulit dan menyebabkan gatal serta kemerahan. Untuk itu, dari pada bersusah payah kalian bisa menggunakan serbuk kopi atau pun serbuk vanili di sekeliling tempat yang dihinggapi semut agar semut pergi menjauh dari makanan.

7 dari 8 halaman

7. Nyamuk

Nyamuk credit: Pixabay
Salah satu binatang yang membahayakan bagi manusia selanjutnya yaitu nyamuk. Beberapa nyamuk juga dapat membuat seseorang terkena penyakit seperti demam berdarah maupun malaria. Nyamuk sendiri merupakan golongan hewan lalat yang suka hinggap di manusia dan menghisap darah manusia. Satu spesies nyamuk bisa meletakkan telurnya saling berdekatan dan menghasilkan lebih dari 300 telur, itulah mengapa nyamuk termasuk salah satu hewan yang berkembang biar dengan cepat, tetapi dengan cepat pula tidak dapat bertahan hidup.

Sebenarnya ada banyak sekali bahan-bahan kimia yang digunakan dalam mengusir nyamuk, tetapi tentu saja akan berbahaya bila dihirup secara terus menerus. Kalian juga bisa menggunakan cara alami untuk membasmi nyamuk, salah satunya yaitu dengan cara menyebarkan kulit jeruk nipis ataupun lemon di sekeliling ruangan. Maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya.

8 dari 8 halaman

8. Ular

Ular credit: Pixabay
Ular juga dapat diusir dengan cara alami agar tidak masuk ke dalam rumah atau pekarangan. Ular merupakan binatang reptil yang tidak memiliki kaki, dan hampir setiap ular memiliki bisa yang dapat membunuh manusia dengan hitungan menit saja. Maka dari itu, ular termasuk salah satu hewan berbahaya yang dapat menyakiti manusia dan sangat ditakuti oleh sebagian orang karena bisa dan bentuknya.

Dan cara membasmi ular secara alami yaitu dengan menyemprotkan pewangi ruangan, maka dengan sendirinya ular akan pergi. Dan ini juga merupakan salah satu cara termudah yang dapat kalian lakukan bila tiba-tiba saja ada ular di rumah atau di dekat kalian.

Itulah 8 binatang yang bisa dibasmi secara alami dengan cara yang mudah. Tetaplah berhati-hati pada binatang yang dapat membawa penyakit serta kematian pada manusia dengan membasminya secara alami dan juga mudah. selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com