8 Cara Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja di Depan Komputer, Salah Satunya dengan Pijatan

Puput Saputro| Sabtu, 11 Juli 2020 09:44 WIB
Puput Saputro | Sabtu, 11 Juli 2020 09:44

Kapanlagi.com - Mata yang kelelahan saat bekerja adalah masalah yang umum dialami banyak orang. Biasanya, mata lelah terjadi akibat terlalu lama menatap komputer. Meski terdengar seperti masalah sepele, mata lelah bisa jadi kendala berarti. Rasa tidak nyaman saat mata lelah akan berakibat pada produktivitas yang terganggu. Itulah sebabnya, mengapa orang yang punya kebiasaan bekerja di depan komputer harus tahu cara mengatasi mata lelah.

Mata lelah memang hal yang lumrah terjadi saat kita terlalu lama menatap layar komputer, handphone, bahkan televisi. Saat mata yang kelelahan akan menunjukkan berbagai gejala seperti mata kering, berair, hingga kehilangan fokus. Mengalami mata lelah saat bekerja harus segera diatasi, agar produktivitas tidak terganggu.

Berikut beberapa cara mengatasi mata lelah saat bekerja depan komputer, dirangkum dari berbagai sumber.

1 Dari 8 Halaman

1. Mengedipkan Mata

Cara mengatasi mata kering yang pertama adalah dengan mengedipkan mata. Mungkin terdengar sepele dan sederhana, namun faktanya kurang berkedip memang bisa salah satu penyebab dari mata kering dan kelelahan. Terlebih saat kita berhadapan langsung dengan layar komputer atau handphone yang memancarkan cahaya.

Berkedip akan membuat mata kembali menjadi lembab dan tidak kering lagi. Dengan begitu, berkedip beberapa kali akan membuat mata yang kelelahan kembali terasa nyaman.

2 dari 8 halaman

2. Atur Pencahayaan Komputer

Salah satu tips agar mata tidak cepat merasa lelah adalah dengan mengatur pencahayaan layar komputer. Semakin terang cahaya layar komputer, akan semakin membuat mata merasa lelah. Jadi, ada baiknya kalian mengatur pencahayaan layar komputer menjadi sedikit lebih redup. Pencahayaan yang tidak terlalu terang juga akan membuat mata yang memandang lebih nyaman.
3 dari 8 halaman

3. Atur Pencahayaan Ruangan

Atur Pencahayaan Ruangan (credit: pixabay)
Cara mengatasi mata lelah yang selanjutnya adalah mengatur pencahayaan ruangan. Ya, selain pencahayaan layar komputer, sebaiknya kalian juga mengatur pencahayaan ruangan tempat kalian bekerja. Prinsipnya sama seperti pencahayaan komputer, banyaknya cahaya di ruangan juga akan menyilaukan dan bisa membuat mata lelah. Jadi sebaiknya, kalian menggunakan cahaya yang secukupnya. Batasi cahaya dari luar yang masuk melalui kaca atau jendela.
4 dari 8 halaman

4. Mengatur Jarak Pandang

Mengatur Jarak Pandang (credit: pixabay)
Mata Lelah saat bekerja tidak hanya disebabkan oleh pencahayaan. Posisi mata atau kepala saat menghadap layar ternyata juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, saat bekerja di depan layar komputer, sebaiknya pilih posisi duduk yang nyaman. Atur jarak pandangan mata ke layar komputer agar tidak terlalu dekat.

Dilansir dari lookafteryoureyes.org, jarak aman menatap komputer agar tidak cepat lelah antara 40 - 76 cm. Jarak tersebut tentunya bisa disesuaikan dengan kemampuan mata kalian dalam melihat dengan jelas.

5 dari 8 halaman

5. Beristirahat Sejenak

Beristirahat Sejenak (credit: flickr)
Istirahat sejenak selalu jadi solusi yang paling tepat untuk mengatasi kelelahan. Tidak terkecuali, bagi mata yang kelelahan. Dilansir dari liputan6.com, mata yang lelah akibat terus-terusan menatap komputer bisa disertai dengan gejala pegal atau nyeri pada leher hingga punggung. Sehingga, beristirahat sejenak dari pekerjaan tidak hanya akan mengembalikan pandangan mata menjadi normal. Melainkan, juga akan menyegarkan tubuh yang pegal.
6 dari 8 halaman

6. Lakukan Pijatan

Lakukan Pijatan (credit: flickr)
Saat sedang beristirahat, kalian juga bisa melakukan sejumlah pijatan ke area di sekitar mata. Caranya cukup mudah, kalian tinggal menutup mata, lalu memijat bagian kelopak mata. Lakukan pijatan lembut secara memutar searah jarum jam. Kalian bisa melakukannya secara berulang sebanyak kurang lebih 10 kali. Cara mengatasi mata lelah ini cukup praktis dan ampuh dilakukan.
7 dari 8 halaman

7. Mengalihkan Pandangan

Selain memijat mata, saat beristirahat kalian bisa mengalihkan pandangan dari layar komputer. Kalian hanya perlu mengalihkan perhatian ke benda di sekeliling. Sebaiknya, kalian memilih objek yang berada jauh dari tempat kalian duduk. Kalian bisa menatap objek tersebut kurang lebih selama 20 detik. Hal ini terbukti ampuh bisa membuat mata yang lelah kembali fokus.
8 dari 8 halaman

8. Melakukan Senam Mata

Melakukan Senam Mata (credit: pixabay)
Cara mengatasi mata lelah yang lain adalah dengan melakukan senam mata. Senam mata bisa kalian lakukan dengan melakukan berbagai gerakan mata, seperti berkedip, atau bisa juga dengan menggerakkan bola mata ke atas, bawah, samping, dan memutar. Gerakan-gerakan semacam ini dipercaya bakal membuat otot mata kembali rileks dan tidak tegang.

Nah itulah di antaranya beberapa cara mengatasi mata lelah saat bekerja di depan komputer. Kalian bisa mencobanya saat bekerja atau mengerjakan tugas. Namun, apabila mata lelah tak kunjung sembuh juga tak ada salahnya untuk memeriksakannya ke dokter mata.

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com