8 Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami, Serai - Asam Jawa

Editor KapanLagi.com | Senin, 25 Januari 2021 13:11 WIB
8 Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami, Serai - Asam Jawa

Kapanlagi.com - Gigi berlubang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat menyiksa. Tak hanya merasakan nyeri yang tak tertahankan, gigi berlubang pun dapat memengaruhi suasana hati dan kesehatan secara menyeluruh. Pantas saja jika kemudian banyak yang mengiyakan pepatah lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi. Umumnya, gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia.

Gigi berlubang sendiri merupakan plak, atau zat lengket yang menempel di mulut yang sebagian tercipta akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri yang mengubah makanan menjadi asam. Kemudian, asam pada plak bisa merusak enamel pelindung gigi hingga membuat gigi berlubang. Tentu saja masalah ini tidak bisa dibiarkan karena dapat mengganggu struktur dan kesehatan gigi.

Nah, bagi kalian yang sudah terlanjur memiliki gigi berlubang nggak usah khawatir ya. Sebab, ada cara mengobati gigi berlubang yang bisa kalian coba. Penasaran? Yuk langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Bawang Merah

Cara mengobati gigi berlubang yang pertama yaitu dengan menggunakan bawang merah. Bahan masakan ini memang ampuh untuk mengatasi gigi berlubang karena kandungan anti mikrobial dan anti septiknya mampu mengendalikan rasa nyeri di gusi. Adapun cara mengobati gigi berlubang menggunakan bawang merah yaitu cukup dengan menghaluskan bawang merah kemudian tempelkan ke bagian gigi yang berlubang.

2. Belimbing Wuluh

Kalian dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang dengan menggunakan belimbing wuluh. Buah ini mengandung rasa asam yang sangat berguna sebagai antibakteri dan begitu efektif untuk membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Caranya dengan menumbuk halus dua buah belimbing wuluh yang belum matang terlebih dahulu. Lalu kalian dapat langsung mengoleskan hasil tumbukannya kepada bagian gigi yang mengalami sakit.

3. Daun Jambu Biji

Selain buahnya, daun jambu biji ternyata mempunyai manfaat yang besar salah satunya, mengobati gigi berlubang. Hal ini lantaran daun jambu biji mempunyai kandungan analgesik, anti radang dan anti mikroa yang mampu menghentikan rasa nyeri. Cara mengaplikasiannya yaitu dengan menumbuk daun jambu biji terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian gunakan untuk berkumur.

4. Daun Sirih

Selanjutnya, cara mengobati gigi berlubang yaitu menggunakan daun sirih. Hal ini lantaran daun sirih sudah digunakan sejak nenek moyang untuk menghilangkan sakit gigi. Selain itu, daun sirih juga mempunyai manfaat sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan sebagai antiseptik alami. Kalian bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

5. Lemon

Cara mengobati gigi berlubang selanjutnya yaitu menggunakan lemon. Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami pada kadar pH dalam mulut sehingga menjadi seimbang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa menyiapkan 1 buah lemon yang sudah diperas. Setelah itu, masukkan ke dalam segelas air hangat. Jika sudah,gunakan air perasan lemon tersebut untuk berkumur 3 kali sehari supaya bakteri dalam gigi berlubang benar-benar hilang.

6. Asam Jawa

Asam jawa menjadi salah satu cara menghilangkan gigi berlubang yang bisa kalian jadikan alternatif. Hal ini lantaran asam jawa dapat berfungsi sebagai antiseptik alami. Adapun cara mengobati gigi berlubang menggunakan asam jawa yaitu dengan menyangrai biji asam jawa terlebih dahulu. Setelah itu, kalian bisa langsung menempelkannya pada gigi yang berlubang.

7. Cuka Apel

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika cuka apel memiliki segudang manfaat, salah satunya dapat meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Kandungan antimikroba dan antibakteriannya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

Caranya, kalian cukup melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

8. Serai

Terakhir, cara mengatasi gigi berlubang juga dapat dilakukan menggunakan serai. Serai dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Cara mengobati gigi berlubang menggunakan serai yaitu dengan merebus dua tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

Itulah sederet cara mengobati gigi berlubang yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat ya.

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com