8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Agar Cepat Kempes, Bisa dengan Teknik Kumur

Nurul Wahida| Jum'at, 22 Mei 2020 17:44 WIB
Nurul Wahida | Jum'at, 22 Mei 2020 17:44

Kapanlagi.com - Gusi bengkak akan terasa mengganggu aktivitas sehari-hari akibat rasa sakit yang ditimbulkan. Cara mengobati gusi bengkak sebenarnya dapat dilakukan dengan bahan alami yakni dengan teknik kumur. Teknik tersebut dapat dikombinasikan dengan bahan seperti garam ataupun lemon.

Gusi bengkak dapat disebut juga sebagai gingivitis yang merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut. Gusi yang bengkak diketahui mengalami pembengkakan yang bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi seperti adanya karang gigi atau plak yang menumpuk.

Gusi yang membengkak biasanya ditandai dengan benjolan yang muncul pada gusi. Tentunya jika tidak segera diatasi dapat mengganggu aktivitas harian karena rasa sakitnya. Namun kalian dapat mengobati gusi bengkak tersebut secara alami dengan bahan rumahan yang pastinya lebih terjangkau serta mudah.

Lalu bagaimana cara mengobati gusi bengkak secara alami?

Adapun cara mengobati gusi bengkak secara alami agar cepat kempes bisa dilakukan dengan teknik kumur serta menjaga kebersihan. Di bawah ini akan diulas mengenai cara mengobati gusi bengkak secara alami agar kempes yang dilansir dari healthline.com dengan artikel berjudul 'Home Remedies for Swollen Gums'.

1 Dari 8 Halaman

1. Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan Air Garam (credit: freepik.com)
Cara mengobati gusi bengkak secara alami agar cepat kempes salah satunya bisa gunakan cara kumur dengan garam. Sebab kandungan NaCl dalam garam diyakini bisa menyembuhkan luka atau pembengkakan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang diterbitkan oleh journals.plos.org pada tahun 2016 dengan judul "Rinsing with Saline Promotes Human Gingival Fibroblast Wound Healing In Vitro." Untuk melakukan Teknik kumur tersebut kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini:

- siapkan 1 sendok the garam dan 8 ons air hangat.

- Campurkan kedua bahan tersebut sampai larut.

- Lalu gunakan untuk membilas mulut atau berkumur selama kurang lebih 30 detik.

- Diamkan sesaat, lalu muntahkan air bilasan tersebut dan jangan ditelan.

Kalian bisa melakukan cara tersebut rutin setiap hari hingga gusi bengkak mulai kempes dan mereda.

2 dari 8 halaman

2. Kompres dengan Air Dingin dan Air Hangat

Kompres dengan Air Dingin dan Air Hangat (credit: freepik.com)
Cara mengobati gusi bengkak secara alami agar cepat kempes selanjutnya bisa menggunakan air dingin dan air hangat. Namun penggunaan tersebut hanya dapat dilakukan dengan cara mengompresnya. Untuk melakukannya bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengobati gusi bengkak kalian:

- Siapkan kain dan air hangat.

- Lalu rendam kain tersebut dalam air hangat dan peras.

- Tempelkan pada pipi bagian gusi yang bengkak selama kurang lebih 5 menit.

- Lalu siapkan air dingin dari es yang telah dihancurkan, dan bungkus dengan kain.

- Tempelkan pada pipi wajah selama 5 menit.

- Ulangi cara ini bergantian dengan es dan air hangat kurang lebih 2 hingga 3 kali.

- Selanjutnya rutin menggunakan cara mengobati gusi bengkak dengan es dan air hangat 2 hingga 3 kali sehari dalam waktu 2 hari pertama atau hingga gusi mulai membaik dan bengkak kempes.

3 dari 8 halaman

3. Gunakan Bubuk Kunyit

Gunakan Bubuk Kunyit (credit: freepik.com)
Kunyit yang sering digunakan untuk jamu ini rupanya dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami. Sebab, sesuai dengan jurnal penelitian yang diterbitkan oleh National Journal of Maxillofacial Surgery pada tahun 2015 menyebutkan bahwa kandungan curcumin dalam kunyit efektif untuk mengatasi masalah palak pada gigi yang menjadi penyebab gusi bengkak. Untuk menggunakannya dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

- Lakukan gosok gigi seperti pada umumnya.

- Lalu siapkan kunyit yang sudah dihaluskan atau dalam bentuk bubuk dan oleskan pada gusi dengan menempelkannya selama 10 menit.

- Jangan sampai ditelan dan bilas dengan air bersih.

- Rutin lakukan cara ini selama 2 kali sehari hingga bengkak pada gusi kempes.

4 dari 8 halaman

4. Gunakan Minyak Esensial

Gunakan Minyak Esensial (credit: freepik.com)
Minyak esensial seperti daun mint, peppermint, tea tree oil bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Ueropian Journal of Dentistry pada tahun 2013 tentang manfaat kandungan anti mikroba dalam minyak esensial terhadap patogan dalam gigi.

Dalam penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa minyak esensial efektif untuk mengatasi patogen atau bakteri dalam mulut. Untuk menggunakannya kalian bisa ikuti petunjuk di bawah ini:

- Siapkan minyak esensial seperti peppermint atau tea trea oil.

- Lalu teteskan sebanyak tiga tetes minyak tersebut dalam air hangat, aduk hingga larut.

- Gunakan untuk berkumur selama 30 detik, jangan sampai ditelan.

- Lalu buang air kumur tersebut dari dalam mulut.

- Kalian bisa lakukan cara ini rutin 2 kali sehari hingga gusi bengkak dapat mereda.

5 dari 8 halaman

5. Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya (credit: freepik.com)
Lidah buaya juga diketahui dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak secara alami agar cepat kempes. Sebab, penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical and Experimental Dentistry pada tahun 2016 menunjukan bahwa berkumur dengan gel lidah buaya sama efektifnya dengan chlorhexidine untuk mengobati gusi bengkak.

- Tentunya lidah buaya ini bisa digunakan sebagai obat rumahan mengatasi gusi bengkak agar cepat kempes. Di bawah langkah untuk menggunakannya:

- Siapkan lidah buaya, lalu ambil gel lidah buaya atau lendirnya.

- Gunakan untuk berkumur secara rutin setidaknya 2 kali sehari dalam kurun waktu 10 hari atau hingga gusi mulai membaik namun jangan sampai ditelan.

6 dari 8 halaman

6. Selalu Bersihkan Mulut

Selalu Bersihkan Mulut (credit: freepik.com)
Cara mengobati gusi bengkak secara alami agar cepat kempes juga harus didukung dengan perawatan gigi di rumah. salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan mulut setiap hari. sebab mulut yang bersih menjadi faktor utama agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga.
7 dari 8 halaman

7. Hindari Minuman dan Makanan Manis

Hindari Minuman dan Makanan Manis (credit: freepik.com)
Masalah gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh sakit gigi atau gigi berlubang. Untuk itu kalian dapat menghindari untuk sementara makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Sebab bahan tersebut bisa memicu sakit pada gigi.
8 dari 8 halaman

8. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat seperti buah dan sayur bisa digunakan untuk mendukung perawatan gigi dan mulut agar tetap sehat. Selain itu tentunya kesehatan tubuh lainnya dapat terjaga serta seimbang dengan konsumsi makanan sehat.

Nah itulah 8 cara mengobati gusi bengkak secara alami agar cepat kempes, bisa dengan Teknik kumur hingga menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika masalah gusi bengkak tidak kunjung sembuh, maka akan lebih baik untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan agar mendapatkan penanganan tepat.

 

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com