8 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Efektif Mengontrol Diabetes

Dita Tamara| Kamis, 02 Juli 2020 09:33 WIB
Dita Tamara | Kamis, 02 Juli 2020 09:33

Kapanlagi.com - Cara menurunkan gula darah secara alami merupakan cara yang paling penting untuk diketahui. Pasalnya, menderita penyakit diabetes tidak bisa disepelekan lagi. Diabetes sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi momok menakutkan. Penyakit ini ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah. Pada dasarnya, gula darah memang dibutuhkan untuk tubuh, namun, jika gula darah menumpuk di dalam darah dapat menimbulkan berbagai gangguan organ pada tubuh.

Gula darah dikatakan tinggi ketika gula darah seseorang lebih dari 180 mg/dL. Masalah gula darah tinggi bisa terjadi kapan saja, oleh sebabnya kalian juga harus rutin memantaunya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengontrol gula darah secepat mungkin sebelum beberapa komplikasi serius tersebut muncul dan mengancam kesehatan tubuh kalian. Mengingat menurunkan gula darah sangat penting, berikut ini beberapa cara menurunkan gula darah yang perlu kalian ketahui.

1 Dari 8 Halaman

1. Mengonsumsi Ikan

Mengonsumsi Ikan (credit: freepik)
Cara menurunkan gula arah bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi ikan. Hal tersebut lantaran ikan tidak mengandung karbohidrat sedikitpun. Sehingga tidak ada kandungan gula dan dapat menurunkan kadar gula yang ada dalam tubuh secara alami.

Kalian bisa mengonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Adapun jenis ikan yang bisa kalian konsumsi seperti salmon, tuna, dan makarel. Jenis ikan tersebut juga kaya akan asam omega tiga, yang mampu mencegah penyakit jantung. Sebaiknya, jangan mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng.

2 dari 8 halaman

2. Konsumsi Makanan Berserat

Konsumsi Makanan Berserat (credit: freepik)
Serat akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di tubuh. dengan begitu cara menurunkan gula darah bisa mengonsumsi makanan yang berserat. Diet tinggi serat juga dianjurkan untuk membantu mengurangi gula darah dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 1. kalian dapat menemukan asupan serat di sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum.
3 dari 8 halaman

3. Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga (credit: freepik)
Olahraga memang sering dilewatkan bagi sebagian orang. Padahal, cara menurunkan gula darah ini dapat dilakukan dengan melakukan olahraga. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jalan cepat, atau lari kecil secara rutin. Selain itu, olahraga juga dapat membantu tubuh dalam pemanfaatan gula yang ada dalam darah, agar masuk ke dalam sel tubuh, sehingga hal ini tidak menyebabkan kadar gula melonjak secara signifikan.
4 dari 8 halaman

4. Mengontrol Porsi Makan

Mengontrol Porsi Makan (credit: freepik)
Selanjutnya, cara menurunkan gula darah bisa dilakukan dengan mengontrol porsi makan kalian. Jika kalian mengonsumsi makanan dalam porsi besar dengan asupan yang tidak terkontrol seperti terlalu banyak kalori dan karbohidrat maka hal tersebut dapat memicu gula darah menjadi tinggi. Selain menjaga kadar gula darah, mengontrol porsi makan juga membantu menurunkan berat badan, serta menjaga kesehatan tubuh lainnya.
5 dari 8 halaman

5. Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji

Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji (credit: freepik)
Kebiasaan makan makanan cepat saji seringkali ada pada mereka yang memiliki aktivitas super padat. Oleh sebabnya, mereka sering menerapkan pola hidup tidak sehat, lantaran mereka tidak memiliki pilihan lain.

Meskipun makanan cepat memiliki rasa yang enak dan praktis, makanan cepat saji mampu membuat kadar gula darah melonjak secara drastis. Dengan begitu, menghindari untuk makan makanan cepat saji sangat berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

6 dari 8 halaman

6. Konsumsi Alpukat

Konsumsi Alpukat (credit: freepik)
Alpukat salah satu buah yang dapat menurunkan kadar gula darah. hal ini lantaran Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga mampu untuk mengendalikan kadar gula darah. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi alpukat ini dapat menurunkan risiko diabetes. Kalian bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau dengan cara di jus tanpa menggunakan gula.
7 dari 8 halaman

7. Istirahat Cukup

Istirahat Cukup (credit: freepik)
Istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah. Tahukah kalian jika kurang istirahat mampu memicu sensitivitas insulin dan kenaikan kadar gula darah. Untuk itu, jaga pola tidur minimal 7-8 jam per hari dan ciptakan pola tidur yang berkualitas dan mampu membuat tubuh kalian lebih sehat.
8 dari 8 halaman

8. Mengontrol Stres

Mengontrol Stres (credit: freepik)
Stres ternyata dapat memicu gula darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan lantaran saat kalian merasa stres, terdapat hormon glucagon dan kortisol yang disekresi sehingga meningkatkan risiko kadar gula darah naik. Menurut penelitian, pengelolaan stres dapat dilakukan dengan cara relaksasi ataupun meditasi untuk mengontrol stres sekaligus menurunkan gula darah.

Itulah sederet cara menurunkan gula darah. Selain cara di atas, sudah sebaiknya untuk rutin memantaunya beberapa kali sehari untuk mengetahui gula darah kalian. Dengan begitu, jika gula darah naik, kalian akan melakukan beberapa cara diatas untuk menurunkannya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com