8 Jenis Bunga Mawar Paling Indah, Jadi Inspirasi Tanaman Hias

Editor KapanLagi.com | Kamis, 21 Januari 2021 12:33 WIB
8 Jenis Bunga Mawar Paling Indah, Jadi Inspirasi Tanaman Hias

Kapanlagi.com - Bunga mawar menjadi salah satu lambang cinta yang banyak diidolakan. Beragam jenis bunga mawar tentu saja membuat mata menjadi terhipnotis akan keindahannya. Belum lagi kombinasi warna bunga mawar yang begitu cantik membuat banyak orang jatuh hati dengan bunga ini. Tak heran jika banyak orang memilih halamannya dengan menanam bunga mawar. Bukan tanpa alasan, kehadiran tanaman bunga mawar tentu dapat mempercantik hunian sehingga tampak lebih enak dipandang dan menambah kesan rumah yang lebih hidup.

Keindahan bunga yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Kalian juga bisa memilih warna bunga mawar yang begitu indah seperti merah, biru, kuning, putih sesuai selera. Selain itu, mawar juga punya aroma wangi yang menyegarkan dan mampu menaikkan mood.

Nah, apakah kalian tertarik untuk menghias rumah dengan bunga mawar yang cantik nan harum? Sebelum memilih untuk menanam bunga mawar, ada baiknya kalian mengetahui jenis bunga mawar untuk menambah referensi kalian tentang tanaman hias yang bisa kalian budidaya sendiri di rumah. Jangan khawatir ya, sebab artikel kali ini akan membahas jenis bunga mawar untuk menjadi inspirasi kalian menanam. Penasaran? Simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Mawar Kubis

Jenis bunga mawar yang pertama yaitu mawar kubis. Ciri fisik dari bunga wawar yang satu ini yaitu memiliki bentuk nampak bertumpuk dan berlapis sehingga diibaratkan seperti kubis. Tanaman dengan nama ilmiah Rosa Centifolia ini biasanya mekar pada musim semi atau musim panas. Tanaman ini mempunyai aroma yang kuat dan khas. Oleh sebab itu, jika kalian memutuskan untuk memelihara jenis bunga mawar kubis, pastikan untuk selalu merawatnya dengan telaten.

2. Mawar Alba

Jenis bunga mawar alba menjadi salah satu jenis mawar yang paling populer. Mawar alba ini sering dikenal dengan sebutan mawar putih. Alba termasuk ke dalam jenis mawar taman, dan merupakan jenis mawar yang paling tua. Alba hanya dapat berbunga sekali dalam setahun. Ini lah kenapa Alba atau mawar putih erat dengan simbol cinta sejati. Karena keindahan itulah, bunga ini banyak dijadikan sebagai bunga hias di rumah. Apakah kalian tertarik memelihara jenis mawar alba?

3. Mawar Sunsprite

Mawar sunsprite merupakan jenis bunga mawar yang berwarna kuning. Jadi, apabila kalian sangat menyukai warna kuning, mawar yang satu ini cocok untuk jadi penghias hunian kalian. Selain itu, kelebihan dari jenis mawar sunsprite yaitu memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit. Bahkan, jenis mawar yang satu ini sangat baik tumbuh di ketinggian 40-75 cm. Tak hanya memiliki bentuk fisik yang indah, aroma yang dipancarkan dari mawar sunsprite sangat kuat dan menenangkan lho.

4. Mawar Bourbon

Mawar Bourbon memiliki keindahan bunga yang mekar dalam berbagai warna, seperti pink, putih dan merah, dan memiliki aroma yang kuat. Mawar Bourbon biasanya memiliki duri yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Jenis mawar ini dapat diatur untuk tumbuh secara vertikal dan dapat berbunga secara berulang.

5. Mawar Biru

Selanjutnya, jenis bunga mawar yang tak kalah cantik yaitu mawar biru. Mawar ini disebut jenis mawar yang paling langka. Mawar biru tercipta dari hasil rekayasa genetik tanaman mawar yang dilakukan oleh para ilmuwan. Rekayasa ini lah yang menghasilkan pigmen warna biru. Meski berwarna biru, jenis mawar ini juga lebih condong ke warna ungu muda.

6. Mawar Mega Putih

Jenis bunga mawar mega putih memiliki ciri khas mahkota yang mengeriting di pinggirnya. Bunga yang satu ini bisa mekar hingga 9-12 cm dan memiliki 104-130 helai mahkota. Meski mahkota bunganya tergolong besar, wangi yang dikeluarkan tidak terlalu tajam. Mawar Mega Putih kebanyakan dibudidaya sebagai kembang potong karena kesegarannya dapat bertahan hingga 9 hari setelah dipetik.

7. Mawar Putri

Mawar Putri merupakan jenis bunga mawar yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Bunga mawar potong yang memiliki ciri khas warna merah tua ini masuk ke dalam jenis bunga ganda karena mempunyai alat kelamin jantan (benang sari) dan betina (putik).

Aroma bunga yang lebih wangi daripada mawar lainnya ini banyak dicari. Uniknya lagi, kesegaran bunga ini dapat bertahan hingga 9 hari setelah dipetik. Tidak heran kalau kalian banyak menjumpai bunga ini di penjual bunga potong. Bunga ini juga dikenal mempunyai perawatan yang mudah sehingga sangat cocok untuk kalian tanam sendiri di rumah.

8. Tea Rose

Jenis bunga mawar selanjutnya yang sangat cantik yaitu tea rose. Diketahui mawar jenis ini merupakan hasil persilangan antara berbagai macam bunga mawar. Kelebihan dari bunga mawar yang satu ini yaitu dapat berbunga berkali-kali dalam satu musim. Tak hanya itu saja lho, sesuai dengan namanya tea rose, mawar yang satu ini dapat dijadikan minuman teh yang bergizi sejak berabad abad lamanya. Salah satu dari banyak manfaatnya, antara lain membantu mengobati nyeri pada dada, sakit perut, masalah pada pencernaan dan juga pendarahan pada menstruasi.

Itulah sederet jenis bunga mawar yang cocok jadi referensi kalian untuk menanam. Kira-kira jenis bunga mawar manakah yang paling favorit?

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com