8 Jenis Ikan Nila Kualitas Terbaik yang Banyak Dibudidayakan di Indonesia

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 22 Januari 2021 10:44 WIB
8 Jenis Ikan Nila Kualitas Terbaik yang Banyak Dibudidayakan di Indonesia

Kapanlagi.com - depresi-meningkatkan-kecerdasan-otak-827c74.html">Ikan nila menjadi salah satu ikan air tawar yang populer di Indonesia. Mudahnya membudidayakan ikan nila, membuat jenis ikan ini dengan mudah kalian dapatkan di pasaran. Selain memiliki rasa yang lezat, ikan nila memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ikan ini juga mengandung kadar lemak, kolesterol, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi dan babi.

Ikan Nila juga kaya akan protein, vitamin, mineral, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, kandungan vitamin B12 pada ikan nila sangat penting untuk menjaga energi pada tubuh. Kebanyakan ikan ini diolah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan sambal.

Namun, sudahkah kalian tahu jika ikan nila ada beragam jenisnya? Apalagi jika kalian berniat untuk membudidayakan jenis ikan ini. Untuk itulah penting mengetahui jenis ikan nila yang memiliki kualitas terbaik. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Ikan Nila Best

Jenis ikan nila yang pertama yaitu ikan nila best. Ikan nila yang satu ini sering kalian temukan lantaran banyak orang yang membudidayakannya. Adapun kelebihan apabila membudidayakan ikan nila best yaitu masa pemeliharaannya yang hanya empat bulan dan mencapai bobot 400-500 gram/ekor. Itulah sebabnya nila ikan ini disukai oleh petani ikan karena bisa memproduksi cepat dari biasanya. Tak hanya itu, ikan nila best juga memiliki kekebalan sehingga sangat tahan terhadap penyakit.

2. Ikan Nila Nirwana

Ikan nila nirwana juga tak kalah menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di kolam air deras dan tambak. Tak hanya itu, ikan nila nirwana memiliki keunggulan seperti dagingnya putih, tebal dan padat, tidak terlalu banyak duri dan bisa tumbuh cepat. Bahkan, hanya membutuhkan waktu enam bulan ikan nila nirwana sudah bisa mencapai bobot 1 kg.

3. Ikan Nila Anjani

Selanjutnya jenis ikan nila yang perlu kalian ketahui yaitu ikan nila Anjani. Ikan ini kebanyakan dibudidayakan oleh orang-orang dari NTB, karena mempunyai keunggulan seperti pertumbuhan ikan yang cepat, ikan ini tumbuh dengan tekstur daging yang tebal, serta mempunyai kekebalan tubuh dari bakteri Streptococcus iniae.

4. Ikan Nila Merah

Ikan nila merah menjadi salah satu jenis ikan nila yang banyak dibudidayakan. Selain warnanya yang cantik, ikan nila yang satu ini memiliki rasa yang enak ketika diolah menjadi beragam masakan. Ikan nila ini juga menjadi salah satu favorit para petani ikan karena terbilang cepat pertumbuhannya, sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk memanennya. Selain tumbuh cepat, nila merah juga termasuk yang hemat pakan, memiliki telur banyak, tingkat tetas telur tinggi dan toleran dengan lingkungan air yang ekstrim.

5. Ikan Nila Gesit

Nila gesit menjadi jenis ikan yang disukai untuk dibudidayakan. Nila gesit merupakan hasil rekayasa genetika dari nila GIFT generasi ketiga. Adapun kelebihan dari jenis ikan yang satu ini yaitu mempunyai benih yang bagus. Nila Gesit jantan jika dikawinkan dengan nila gesit betina akan menghasilkan benih jantan semua (tingkat keberhasilan 98%). Selain itu, jenis ikan nila gesit ini juga cepat tumbuh. Bahkan, dalam waktu enam bulan, ikan nila ini dapat mencapai berat 500-600 gram lho.

6. Ikan Nila Jatimbulan

Ikan Jatimbulan yang mempunyai makna 'Jawa Timur Umbulan' ini termasuk jenis ikan nila kualitas terbaik yang banyak dibudidayakan. Selain itu, adapun keunggulan jika membudidayakan ikan jatimbulan yaitu pertumbuhannya yang cepat sehingga mudah besar hingga mencapai 30 cm. Keunggulan lainnya yaitu memiliki kekebalan tubuh yang terbilang kuat dari dari bakteri aeromonas hydrophilia.

7. Ikan Nila Salina

Jenis ikan nila salina merupakan jenis nila hasil rekayasa BPPT. Kata salina sendiri adalah singkatan dari Saline Indonesia Tilapia.Sesuai dengan namanya, salina merupakan nila yang bisa hidup di air yang tinggi kadar garamnya dan bahkan bisa hidup di air dekat laut.Salina juga adalah ikan yang mempunyai feed conversion ratio rendah, yang artinya sallina tidak memerlukan banyak pakan untuk tumbuh.

8. Ikan Nila Larasati

Terakhir, jenis ikan nila yang banyak dibudidayakan yaitu ikan nila larasati. Diketahui ikan ini merupakan hasil perkawinan silang antara nila pandu jantan dengan nila kunti betina. Ikan ini punya daya tahan hidup 90%, jadi ikan ini mudah untuk dibudidayakan dengan berbagai macam media seperti air yang deras, air tenang, air payau ataupun kolam air buatan.

Itulah sederet jenis ikan nila dengan kualitas terbaik yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian ya.

 

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com