8 Jenis Kolibri di Indonesia, Lengkap Beserta Ciri Fisiknya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 12 Februari 2021 09:11 WIB
8 Jenis Kolibri di Indonesia, Lengkap Beserta Ciri Fisiknya

Kapanlagi.com - Bagi penggemar burung, jenis burung kicau tentu saja mendapatkan perhatian tersendiri di hati para penggemarnya. Tak hanya bentuk tubuhnya yang menggemaskan, burung juga menjadi hewan peliharaan yang banyak diidolakan. Bahkan, bagi seseorang yang sangat menyukai dengan burung kicau, mereka juga tergabung dalam sebuah komunitas hingga mengikut sertakan peliharaan mereka untuk diikutkan dalam perlombaan. Salah satu jenis burung kicau yang bias menjadi salah satu referensi untuk kalian pelihara yaitu burung kolibri.

Burung kolibri menjadi jenis burung kicau yang tak kalah merdu dari jenis burung kicau lainnya. Tak hanya itu, burung kolibri juga memiliki warna bulu yang begitu cantik. Bahkan, burung ini memiliki ciri khas dari caranya menirukan suara burung lain seperti Cililin dan Kenari. Keluarga kolibri memiliki sejumlah jenis diantaranya ialah sepah raja, ninja, manggar dan sriganti. Supaya lebih mengenali burung kolibri, ada baiknya kalian mengetahui jenis burung kolibri sebagai berikut ini.

1. King Konin

Jenis burung kolibri yang pertama yaitu king konin atau dengan nama lain burung madu bakau. Kolibri jenis ini berhabitat di hutan mangrove tepi hutan, rawa rawa serta tersebar luas sampai ketinggian 250 mdpl. Adapun ciri dari jenis kolibri yang satu ini yaitu memiliki ukuran sedang sekitar 13 cm dan tubuh berwarna kehitaman. Dada berwarna ungu, memiliki setrip kumis pada bagian dada atas atau tenggorokan berwarna tembaga gelap mengkilap.

Sedangkan pada kolibri betina, pada bagian tenggorokan keputih-putihan, punggung berwarna zaitun, berwarna abu-abu pada bagian kepala, perut berwarna kuning dan penutup ekor bawah berwarna putih.

2. Kolibri Black Sunbird

Selanjutnya, jenis kolibri yang cocok kalian pelihara yaitu kolibri black sunbird. Burung ini tergolong kecil yaitu hanya 11 cm. Ciri fisik kolibri jantan yaitu berwarna hitam dan berkilau ungu kebiruan. Sedangkan kolibri betina memiliki warna kepala abu dan perut berwarna kuning. Jenis kolibri yang satu ini banyak sekali idolanya sehingga wajar saja jika harganya tergolong mahal.

3. Kolibri Sriganti atau Sogok Ontong

Burung sriganti atau sogok ontong menjadi salah satu jenis kolibri yang cocok untuk kalian pelihara. Dibandingkan kolibri black sunbird, jenis kolibri sriganti memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 8-10 cm. Adapun ciri fisik dari kolibri ini yaitu memiliki warna tubuh bagian bawah kuning cerah, dagu dan bagian dada ungu kengkilat serta berwarna hijau pada bagian punggung.

Untuk kolibri srigunting betina berwarna kuning muda dan tidak berwarna ungu pada dagu maupun dada. Biasanya, habitat dari kolibri sriganti yaitu di pekarangan, perkebunan, maupun hutan mangrove.

4. Kolibri Ekor Merah

Sesuai dengan namanya, kolibri ekor merah memiliki ciri khas yakni memiliki ekor berwarna merah. Kolibri jenis ini memiliki ukuran yakni 13 cm untuk jantan dan 10 cm untuk betina. Burung yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan ini mempunyai bulu berwarna merah, sayap berwarna kuning, dan ekor berwarna merah. Sedangkan untuk betina bagian atas tubuh berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning.

5. Kolibri Kelapa

Kolibri kelapa mempunyai ciri khas dengan paruh yang lebih besar dibandingkan dengan kolibri jenis lainnya. Postur tubuh kolibri yang satu ini bias dibilang sedang yakni 13 cm. Kicauan kolibri kelapa sang disukai lantaran melengking dan cukup lantang.

Untuk burung kolibri kelapa jantan memiliki ciri-ciri warna mahkota yang bersinar, sedangkan bagian penutup sayap memiliki warna ungu cerah. Bagian pipi dan dagu berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning. Untuk yang betina memiliki warna tubuh bagian atas yang hijau zaitun dan tubuh bagian bawah berwarna kuning seperti halnya si pejantan.

6. Kolibri Gunung

Selanjutnya, jenis kolibri yang tak kalah menarik yaitu kolibri gunung. Jenis burung yang habitatnya di pegunungan atau dataran tinggi ini memiliki tubuh sedang yakni 13 cm. Jenis kolibri yang ditemukan di pulau Jawa ini termasuk jenis burung endemik atau yang tidak akan ditemukan di daerah lain selain pulau Jawa.

7. Kolibri Leher Merah

Terakhir, jenis kolibri yang perlu kalian ketahui yaitu kolibri leher merah. Jenis burung yang satu ini banyak ditemukan di hutan tropis yang memiliki ketinggian 500 mdpl. Adapun ciri khas dari jenis burung kolibri leher merah jantan yaitu memiliki warna tubuh bagian atas berwarna hijau yang cukup mengkilap, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning kusam. Untuk jenis kolibri leher merah betina memiliki warna tubuh hijau zaitun, tenggorokan putih, tubuh bagian bawah kuning pucat, dengan lingkar mata kecil yang berwarna kekuningan.

Itulah sederet jenis kolibri yang bisa kalian jadikan referensi untuk menjadi hewan peliharaan. Semoga bermanfaat.

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com