8 Jenis Perusahaan yang Ada di Indonesia Lengkap dari Pengertian dan Tujuannya

Editor KapanLagi.com | Senin, 25 Januari 2021 11:11 WIB
8 Jenis Perusahaan yang Ada di Indonesia Lengkap dari Pengertian dan Tujuannya

Kapanlagi.com - Tahukah kalian jenis-jenis perusahaan yang ada? Indonesia memiliki beberapa perusahaan dengan kinerja terbaik dan berhasil mendapatkan pendapatan bersih yang besar dan fantastis. Perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia ini tidak hanya berasal dari perusahaan miliki negara, namun juga miliki swasta. Perusahaan adalah tempat dimana terjadinya kegiatan produksi sebuah barang atau jasa untuk dijual ke masyarakat dengan tujuan meraih laba atau keuntungan. Dalam sebuah perusahaan, semua faktor produksi berkumpul, mulai dari tenaga kerja, modal, sumber daya alam, dan kewirausahaan.

Dalam menjalankan usahanya ada beragam jenis-jenis perusahaan di Indonesia yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama ada perusahaan industri, perusahaan ekstraktif, perusahaan jasa, perusahaan agraris, dan perusahaan dagang yang masuk dalam perusahaan berdasarkan lapangan usaha. Kelompok ke dua terdiri dari perusahaan negara, perusahaan koperasi, dan perusahaan swasta yang masuk dalam kelompok perusahaan berdasarkan kepemilikan. Untuk lebih mudah dipahami, berikut penjelasan dari 8 jenis-jenis perusahaan di Indonesia:

1. Perusahaan Industri

Jenis-jenis perusahaan yang pertama adalah perusahaan industri atau biasa disebut dengan manufaktur. Perusahaan ini dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang bertujuan untuk menghasilkan barang jadi atau setengah jadi dari bahan baku yang tersedia. Manufakturing mengacu pada produksi skala besar barang yang mengubah bahan baku, suku cadang, dan komponen menjadi barang dagangan jadi menggunakan tenaga kerja manual atau mesin. Ada banyak sekali perusahaan industri yang bisa kalian temukan saat ini.

Indonesia telah banyak ditemukan beberapa perusahaan yang aktif dan berkembang, karena dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan zaman maka banyaknya perusahaan yang berkembang adalah bentuk dari salah satu dampak yang ditimbulkan. Perusahaan industri yang kian bermunculan tersebut adalah penggerak roda dan mesin utama perekonomian yang dimiliki sebuah negara. Adanya perusahaan industri ini akan memudahkan dalam penyediaan berbagai produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dan tentunya akan membuka berbagai lapangan kerja yang tersedia.

2. Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah badan usaha yang bergerak dalam usaha mengelola bahan-bahan yang terkandung di alam sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia. Badan usaha ekstraktif menggali, mengambil, dan mengelola hasil alam secara langsung. Perusahaan ini mengambil langsung barang yang disediakan alam tanpa ada pengelolaan atau pengusahaan sebelumnya. Contoh perusahaan jenis ekstraktif ini adalah pertambangan, perikanan laut, dan perusahaan pembuatan garam.

3. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah salah satu perusahaan yang didirikan seseorang atau kelompok orang yang kegiatan utamanya bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa. Banyak contoh yang terdapat dalam perusahaan jasa dan dapat kalian temui dalam lingkungan sekitar seperti, jasa ojek, jasa fotocopy, jasa laundry, dan lain-lainnya.

Dalam suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, penanganan atau service yang baik terhadapa sistem pelayanan yang diberikan kepada costumer merupakan salah satu unsur terpenting terhadap sistem. Dengan menerapkan sistem pelayanan yang baik, akan terciptanya hubungan yang baik dengan costumer dalam jangka panjang.

4. Perusahaan Agraris

Agraris adalah jenis perusahaan yang menghasilkan barang berupa hasil alam. Hasil alam ini tidak serta merta langsung diambil dari alam seperti halnya perusahaan ekstraktif. Namun perusahaan bidang ini harus melakukan pengolahan dan pemanfaatan alam seperti mengolah tanah dengan baik, baru kemudian akan diperoleh hasil alam sebagai outputnya.

Perusahaan ini bertujuan menghasilkan laba melalui memberi sumbangan yang lebih dari sebelumnya ke masyarakat. Sumbangan ini berupa hasil alam yang telah diupayakan melalui pengolahan alam dengan baik.

5. Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang menjadi bagian dari keseharian masyarakat, dan hampir semua masyarakat pernah melakukan transaksi di perusahaan dagang. Sebuah warung kecil di komplek perusahaan kalian juga termasuk perusahaan dagang. Jadi, perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan barang dan aktivitas utamanya adalah menjual barang tanpa mengubahnya sedikit pun.

6. Perusahaan Negara

Perusahaan negara atau biasa disebut sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah bagian kegiatan ekonomi dalam perekonomian nasional dalam demokrasi ekonomi. Perusahaan negara berperan penting dalam penyelenggaraan perekonomian nasional menuju kesejahteraan masyarakat. Peraturan perundang-undangan baru tentang badan usaha miliki negara yaitu Undang-Undang nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN.

7. Perusahaan Koperasi

Perusahaan koperasi badan usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Koperasi dijalankan dengan asas kekeluargaan. Maksudnya, koperasi tidak bertujuan untuk menguntungkan satu orang saja, tetapi mencapai keuntungan bersama.

8. Perusahaan Swasta

Jenis-jenis perusahaan yang terakhir adalah perusahaan swasta. Jenis perusahaan ini adalah yang dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta. Di Indonesia jenis perusahaan ini sudah banyak sekali jumlahnya dan bahkan telah memiliki cabang di seluruh Indonesia. Pada perusahaan swasta saham ditawarkan, dimiliki dan diperdagangkan secara swasta. Perusahaan swasta mengantongi pendapatan yang begitu banyak senilai triliunan rupiah dan memiliki kinerja terbaik dengan laba bersih yang tinggi.

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com