8 Makanan Ini Bisa Cegah Rambut Rontok, Perawatan Alami dari Dalam - Ampuh Tumbuhkan Rambut

Nurul Wahida| Kamis, 30 Juli 2020 11:22 WIB
Nurul Wahida | Kamis, 30 Juli 2020 11:22

Kapanlagi.com - Masalah rambut rontok sering membuat sejumlah orang khawatir lantaran bisa memengaruhi penampilan. Sehingga cukup banyak dari mereka melakukan berbagai pencegahan rambut rontok termasuk perawatan alami. Sejumlah makanan ini diklaim dapat membantu cegah rambut rontok dengan perawatan dari dalam.

Rambut rontok merupakan kondisi alamiah yang pernah dialami setiap orang. Kondisi ini dapat menjadi masalah apabila terjadi secara berlebihan. Sebab dikhawatirkan menjadi pertanda suatu gejala penyakit tertentu atau bahkan bisa berpengaruh terhadap penampilan.

Nggak heran apabila sejumlah orang banyak melakukan berbagai perawatan untuk mencegah rambut rontok tersebut. Namun perlu diketahui bahwa penting juga memberikan perawatan pencegahan rambut rontok dari dalam dengan konsumsi makanan.

Sederet makanan pun diklaim bisa bantu cegah rambut rontok hingga meningkatkan pertumbuhan rambut. pastinya pencegahan rambut rontok tersebut semakin maksimal dengan perawatan dari dalam serta dari luar untuk pertahankan rambut agar tetap lebat dan indah.

Lalu apa saja makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok?

Adapun makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan mengetahui sejumlah makanan ini bisa menjadi rekomendasi kalian untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap indah dan memesona. Berikut makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok bersumber dari eatthis.com dan healthline.com.

1 Dari 8 Halaman

1. Bayam

Bayam (credit: freepik.com)
Makanan bisa bantu cegah rambut rontok dengan perawatan dari dalam salah satunya adalah bayam. Bayam sendiri merupakan jenis sayuran bernutrisi tinggi yang mengandung cukup banyak manfaat bagi kesehatan dan tubuh.

Diantaranya dalam bayam terdapat beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, dan lain sebagainya yang mampu menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Sebab salah satu faktor rambut rontok juga bisa disebabkan karena kekurangan mineral termasuk zat besi. Kandungan nutrisi dalam bayam serta sebum ini bisa berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut agar tetap indah dan sehat.

2 dari 8 halaman

2. Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari (credit: freepik.com)
Makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok selanjutnya adalah biji bunga matahari. Dalam biji bunga matahari diketahui memiliki zat nutrisi diantaranya zat besi serta vitamin B5 yang dapat melancarkan aliran darah ke kulit serta membantu pertumbuhan rambut.

Sehingga biji bunga matahari atau akrab disebut kuwaci ini dapat menjadi rekomendasi mencegah rambut rontok. Mengutip dari eatthis.com, dari sebuah laporan Clinical and Experimental Dermatology menyebutkan bahwa asam pantotenat berhubungan dengan nutrisi rambut rontok. Asam tersebut juga terdapat pada vitamin B5 yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

3 dari 8 halaman

3. Telur

Telur (credit: freepik.com)
Pastinya telur merupakan makanan umum yang sangat cocok dibuat dengan berbagai resep masakan. Selain enak, telur rupanya juga dapat digunakan sebagai makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok dengan perawatan alami dari dalam.

Sebab telur mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Termasuk di dalamnya juga terdapat vitamin B12, vitamin B7, zat besi, asam lemak omega 6 yang diketahui dapat mencegah kerontokan rambut. Bahkan bisa membuat rambut lebih kuat dan tak mudah mudah rapuh karena kandungan vitamin yang disebut biotin terdapat dalam vitamin B.

4 dari 8 halaman

4. Kacang

Kacang (credit: freepik.com)
Makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok dengan perawatan dari dalam juga terdapat pada kacang. Kacang-kacangan ini terdiri dari kacang tanah, kacang almond, kacang kenari dan lain sebagainya yang menawarkan banyak nutrisi sehat untuk tubuh.

Dimana nutrisi penting yang terdapat dalam kacang-kacangan ini mengandung vitamin B, vitamin E serta lemak esensial yang berperan penting mencegah kerontokan rambut. Termasuk untuk membantu pertumbuhan rambut agar tetap sehat dan lebat.

5 dari 8 halaman

5. Salmon

Salmon (credit: freepik.com)
Ikan salmon tergolong salah satu jenis makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok. Sebab dalam ikan salmon memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya seperti vitamin D, protein serta lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Tak hanya itu manfaat ikan salmon juga baik untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Berbagai jenis resep makanan baik panggang ataupun goreng sangat cocok dibuat dari ikan salmon yang miliki rasa nikmat.

6 dari 8 halaman

6. Paprika

Paprika (credit: freepik.com)
Salah satu jenis cabai ini juga menawarkan manfaat untuk mencegah rambut rontok. Dimana dalam paprika mengandung vitamin C tinggi yang mampu mencegah rambut mudah rapuh hingga sebabkan rontok. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bawah vitamin C ini menawarkan manfaat untuk membantu pertumbuhan rambut dan memperkuatnya.
7 dari 8 halaman

7. Alpukat

Alpukat (credit: freepik.com)
Buah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. termasuk mencegah rambut rontok dan membantu memperkuatnya agar tetap sehat dan anti rapuh. Dimana diketahui dalam alpukat terdapat vitamin E, vitamin C yang tergolong antioksidan dan mampu mencegah rambut rontok. Selain itu vitamin E dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, melindungi area kulit kepala untuk mencegah kerusakan dan stres oksidatif.
8 dari 8 halaman

8. Greek Yoghurt

Greek Yoghurt (credit: freepik.com)
Makanan yang bisa bantu cegah rambut rontok untuk perawatan alami dari dalam juga bisa diperoleh dari yoghurt. Greek yoghurt sendiri mengandung sejumlah nutrisi sehat bagi tubuh diantaranya seperti mineral yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut bernama selenium dan yodium. Selain mencegah rambut rontok, Greek yoghurt juga memilki banyak manfaat bagi tubuh yang bisa jadi menu sehat untuk dikonsumsi.

Nah itulah 8 makanan ini bisa bantu cegah rambut rontok, perawatan dari dalam hingga ampuh tumbuhkan rambut. Selain itu untuk mendukung perawatan tersebut diperlukan berbagai perawatan tambahan lainnya agar rambut rontok dapat teratasi secara maksimal. Apabila mengalami rambut rontok berkepanjangan akan lebih baik untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter kesehatan agar diperoleh solusi tepat.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com