8 Makanan Penambah Darah, Bisa Dikonsumsi untuk Cegah Anemia Pada Tubuh

Editor KapanLagi.com | Senin, 06 Juli 2020 19:22 WIB
8 Makanan Penambah Darah, Bisa Dikonsumsi untuk Cegah Anemia Pada Tubuh

Kapanlagi.com - Anemia menjadi salah satu masalah kesehatan yang membuat penderitanya merasa lesu dan letih. Sebab, seseorang yang mengalami anemia miliki jumlah sel darah merah yang berada di bawah batas normalnya. Dengan kata lain penderita mengalami kekurangan darah hingga memengaruhi sistem kerja tubuh lainnya. Sejumlah makanan diketahui bisa dikonsumsi untuk penambah darah dan mencegah anemia.

Seorang dikatakan mengalami anemia apabila konsentrasi sel darah merah atau hemoglobinnya kurang dari 13,5 g/dl pada laki-laki. Sedangkan pada perempuan dikatakan mengalami anemia apabila jumlah konsentrasi hemoglobin atau sel darah merah kurang dari 11,5 g/dl.

Sejumlah gejala yang menunjukkan anemia biasanya ditandai dengan beberapa kondisi seperti kulit pucat, sakit kepala, sesak nafas, emosi tidak stabil, lelah, letih dan lain sebagainya. Penyebab anemia sendiri bisa disebabkan karena konsumsi obat tertentu, sedang hamil, miliki riwayat penyakit tertentu, seperti leukemia, kanker, dan lain sebagainya.

Apabila menyerang tubuh, cara mengatasi anemia adalah dengan meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh. Untuk penambah darah pada tubuh tersebut bisa dilakukan tanpa harus konsumsi obat, melainkan dapat diatasi dengan sejumlah makanan tertentu. Dimana makanan ini dinilai bisa menjadi penambah darah dan mencegah anemia.

Lalu apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk penambah darah hingga cegah anemia?

Adapun makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan konsumsi makanan penambah darah ini dapat membantu mengatasi anemia yang muncul pada tubuh secara alami tanpa konsumsi obat. Berikut makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia pada tubuh bersumber dari healthline.com, ndtv.com.

Halaman Selanjutnya Makanan Mengandung Asam Folat

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com