8 Makanan Penambah Darah, Bisa Dikonsumsi untuk Cegah Anemia Pada Tubuh

Nurul Wahida| Senin, 06 Juli 2020 19:22 WIB
Nurul Wahida | Senin, 06 Juli 2020 19:22

Kapanlagi.com - Anemia menjadi salah satu masalah kesehatan yang membuat penderitanya merasa lesu dan letih. Sebab, seseorang yang mengalami anemia miliki jumlah sel darah merah yang berada di bawah batas normalnya. Dengan kata lain penderita mengalami kekurangan darah hingga memengaruhi sistem kerja tubuh lainnya. Sejumlah makanan diketahui bisa dikonsumsi untuk penambah darah dan mencegah anemia.

Seorang dikatakan mengalami anemia apabila konsentrasi sel darah merah atau hemoglobinnya kurang dari 13,5 g/dl pada laki-laki. Sedangkan pada perempuan dikatakan mengalami anemia apabila jumlah konsentrasi hemoglobin atau sel darah merah kurang dari 11,5 g/dl.

Sejumlah gejala yang menunjukkan anemia biasanya ditandai dengan beberapa kondisi seperti kulit pucat, sakit kepala, sesak nafas, emosi tidak stabil, lelah, letih dan lain sebagainya. Penyebab anemia sendiri bisa disebabkan karena konsumsi obat tertentu, sedang hamil, miliki riwayat penyakit tertentu, seperti leukemia, kanker, dan lain sebagainya.

Apabila menyerang tubuh, cara mengatasi anemia adalah dengan meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh. Untuk penambah darah pada tubuh tersebut bisa dilakukan tanpa harus konsumsi obat, melainkan dapat diatasi dengan sejumlah makanan tertentu. Dimana makanan ini dinilai bisa menjadi penambah darah dan mencegah anemia.

Lalu apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk penambah darah hingga cegah anemia?

Adapun makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Tentunya dengan konsumsi makanan penambah darah ini dapat membantu mengatasi anemia yang muncul pada tubuh secara alami tanpa konsumsi obat. Berikut makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia pada tubuh bersumber dari healthline.com, ndtv.com.

1 Dari 8 Halaman

1. Makanan Mengandung Asam Folat

Makanan Mengandung Asam Folat (credit: freepik.com)
Makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia salah satunya adalah sejumlah makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Asam folat ini berperan penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh dan mencegah anemia. Dimana asam folat adalah bagian dari vitamin B Kompleks yang bermanfaat untuk penambah darah.

Sejumlah makanan yang dinilai mengandung asam folat cukup tinggi diantaranya dapat diperoleh dari buah, sayur, biji-bijian dan lain sebagainya. Sebut saja mulai dari sayur berdaun hijau, kacang-kacangan, pisang, brokoli, alpukat, jagung, wortel, dan lain sebagainya menjadi makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia pada tubuh.

2 dari 8 halaman

2. Makanan Kaya Zat Besi

Makanan Kaya Zat Besi (credit: freepik.com)
Zat besi menjadi bagian penting dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin pada tubuh. Sehingga penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah darah dengan kandungan zat besi tinggi.

Sejumlah makanan kaya zat besi tersebut bisa diperoleh dari sayur, buah, daging, hingga berbagai jenis kacang.  Diantaranya seperti bayam, telur, kacang-kacangan, daging, ikan, buah kering, nasi putih dan lain sebagainya.

3 dari 8 halaman

3. Buah Delima

Buah Delima (credit: freepik.com)
Masyarakat tentunya sudah tak asing lagi dengan buah delima yang khas berwarna merah, buah delima ini menjadi salah satu jenis makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia pada tubuh. Sebab kandungan kalsium, zat besi, protein, karbohidrat dan serat dalam buah delima bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah.
4 dari 8 halaman

4. Biji Labu

Biji Labu (credit: freepik.com)
Tidak hanya daging buahnya yang dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat, biji labu rupanya dapat berguna sebagai makanan penambah darah untuk mencegah anemia. Sebab kandungan nutrisi seperti zat besi dalam biji labu mampu membantu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh.

Untuk konsumsi biji labu tersebut bisa dilakukan dengan membuat sendiri ataupun membeli dalam bentuk produk. Adapun apabila ingin membuat sendiri cara pertama uang bisa dilakukan adalah dengan merebus biji labu tersebut lalu keringkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Biji labu tersebut bisa dikonsumsi sebagai camilan enak.

5 dari 8 halaman

5. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan (credit: freepik.com)
Makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia pada tubuh selanjutnya berasal dari kacang-kacangan. Dimana kacang-kacangan ini miliki kandungan zat besi dan asam folat cukup tinggi yang mampu membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Diantara kacang yang bisa dikonsumsi seperti kacang tanah, kacang polong, kacang lentil dan lain sebagainya.
6 dari 8 halaman

6. Buah Bit

Buah Bit (credit: freepik.com)
Buah bit juga menjadi makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi saat tubuh mengalami anemia. Seperti diketahui sejumlah makanan yang memiliki kandungan zat besi dan asam folat tinggi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Nah nutrisi tersebut termasuk bisa ditemukan pada buah bit yang bisa kalian buat seperti jus segar.
7 dari 8 halaman

7. Buah Kering

Buah Kering (credit: freepik.com)
Tentunya kalian sering melihat buah kering yang ditambah dalam sejumlah kue ataupun makanan tertentu. Nah rupanya buah kering tersebut miliki nutrisi yang berguna meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh.

Salah satu buah kering yang dinilai dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah adalah kismis. Dimana buah ini miliki rasa manis asam yang nikmat saat ditambah dalam sereal dan oatmeal. Selain kismis, kurma juga bisa bermanfaat untuk membantu mencegah anemia. Namun bagi penderita gula darah tinggi sebaiknya pertimbangkan untuk konsumsi kurma yang miliki kandungan gula tinggi.

8 dari 8 halaman

8. Tomat

Tomat (credit: freepik.com)
Tomat juga bisa dipilih sebagai makanan penambah darah untuk cegah anemia pada tubuh. Sebab dalam tomat mengandung vitamin C yang juga bermanfaat mengatasi anemia. Termasuk membantu memperlancar penyerapan zat besi dalam tubuh agar produksi sel darah merah dapat meningkat.

Sejumlah buah dan sayur yang juga dapat berguna untuk penambah darah cegah anemia pada tubuh dapat diperoleh dari jeruk, berbagai macam buah beri, paprika, dan makanan lainnya yang mengandung vitamin C tinggi. Namun perlu diperhatikan bagi pencerita asam lambung agar tidak terlalu banyak konsumsi makanan mengandung vitamin C tinggi.

Nah itulah 8 makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi untuk cegah anemia pada tubuh. Namun sekali lagi akan lebih baik untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar masalah kesehatan ini dapat teratasi secara maksimal.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com