8 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh, dari Kulit Hingga Biji

Nurul Wahida| Rabu, 03 Juni 2020 13:44 WIB
Nurul Wahida | Rabu, 03 Juni 2020 13:44

Kapanlagi.com - Rasa asam dan punya biji banyak sangat khas dengan buah tropis yang satu ini. Apalagi kalau bukan buah markisa yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka dibalik rasa asamnya tersebut, manfaat buah markisa sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah markisa merupakan buah yang sering tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Markisa memiliki bentuk bulat dengan kulit sedikit keras. Buah ini sedikit mirip buah delima dengan bentuk seperti biji ketika dibelah. Namun markisa memiliki biji yang berselaput kuning dan berasa sangat masam.

Berdasarkan warnanya setidaknya dikenal dua jenis buah markisa yakni buah markisa ungu dan buah markisa kuning. Keduanya sama-sama punya manfaat yang baik bagi tubuh mulai dari kulit hingga bijinya.

Meski Sebagian besar miliki rasa asam, nyatanya buah markisa sangat nikmat untuk dikonsumsi. Apalagi ketika dibuat sebagai minuman hangat serta dingin dengan ditambah madu dan gula yang membuat rasa asam tersebut terasa lebih segar.

Dibalik rasa segar dalam buah markisa, rupanya manfaat buah markisa diketahui sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya saja melainkan biji hingga kulit buah markisa juga punya manfaat tak kalah berkhasiat bagi tubuh.

Lalu apa saja manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh dari kulit hingga biji?

Adapun manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Kandungan vitamin yang tinggi dalam buah markisa menjadi faktor buah yang satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut 8 manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh dirangkum dari hellosehat.com, medicalnewstoday.com, healthifyMe.com, serta buku referensi berjudul "Peran Biji Buah Markisa Terhadap Stres Oksidatif dan Porfil Lipid" oleh Dina Keumala Sari.

1 Dari 8 Halaman

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Kandungan Antioksidan Tinggi (credit: freepik.com)
Manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh salah satunya diperoleh dari kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut terdapat dalam biji markisa, kulit hingga buahnya yang mampu mencegah kadar kolesterol jagat serta menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit  seperti jantung dan kanker.

Hal ini seperti dalam buku referensi yang berjudul "Peran Biji Buah Markisa Terhadap Stres Oksidatif dan Porfil Lipid" oleh Dina Keumala Sari dengan menghasilkan data bahwa ekstrak biji markisa mampu menahan laju peningkatan kadar kolesterol total dan trigliserida pada tikus yang menjadi objek penelitian selama 14 hari.

2 dari 8 halaman

2. Menurunkan Stres Oksidatif

Menurunkan Stres Oksidatif (credit: freepik.com)
Stres oksidatif merupakan keadaan ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang melebihi jumlah umumnya. Sehingga menyebabkan masalah kesehatan tubuh seperti penuaan dini, penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Namun rupanya manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh mampu menurunkan stres oksidatif tersebut yang dapat diperoleh dari biji buah markisa, kulit dan buahnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dina Keumala Sari terkait biji buah markisa terhadap stres oksidatif menjadi referensi dari manfaat biji buah markisa untuk turunkan stres oksidatif.

Dimana ekstrak etanol dalam biji buah markisa mampu turunkan kadar malondialdehyde (MDA), kolesterol total, dan trigliserida selama 14 hari yang diuji coba pada tikus. Akan tetapi penelitian ini belum diuji coba pada manusia yang diharapkan juga memiliki manfaat yang sama untuk turunkan stres oksidatif.

3 dari 8 halaman

3. Bantu Atasi Sembelit

Bantu Atasi Sembelit (credit: freepik.com)
Setidaknya dalam 1 cup buah markisa yang berisi (236.000g) dengan kalori sebanyak 229 mengandung 25 gram serat dengan nilai harian sebesar 88 persen. Tentunya melihat serat yang cukup banyak dalam buah markisa miliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan serat yang cukup tinggi tersebut mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan terutama usus dan mengatasi gangguan kesehatan pada pencernaan seperti sembelit. Namun untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut harus diimbangi dengan asupan lainnya seperti buah dan sayur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 8 halaman

4. Membantu Turunkan Kolesterol

Membantu Turunkan Kolesterol (credit: freepik.com)
Manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh selanjutnya bisa membantu menurunkan kolesterol yang menjadi risiko penyakit seperti jantung, . Manfaat tersebut diperoleh dalam biji buah markisa yang miliki kandungan antioksidan seperti piceanntanol dan fitosterol yang bisa menurunkan kolesterol.
5 dari 8 halaman

5. Tingkatkan Sistem Imun

Tingkatkan Sistem Imun (credit: freepik.com)
Imun tubuh yang tinggi tentunya bisa menjaga tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan virus. Sehingga menjaga imunitas tubuh tetap baik perlu dilakukan agar tak mudah sakit. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah markisa yang miliki manfaat tingkatkan sistem imun.

Manfaat tersebut terdapat dalam buah markisa yang mengandung banyak vitamin C. Dimana vitamin C diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh yang melemah sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan dari penyakit serta virus.

6 dari 8 halaman

6. Turunkan Kadar Gula Darah

Turunkan Kadar Gula Darah (credit: freepik.com)
Kadar gula darah yang tinggi menjadi salah satu penyebab penyakit seperti diabetes dalam tubuh seseorang. Menjaga kadar gula darah tetap dalam keadaan normal tentunya dapat mencegah risiko penyakit tersebut.

Salah satunya bisa diperoleh dari buah markisa yang miliki manfaat bisa turunkan kadar gula darah. Sebab kandungan indeks glikemik yang cukup rendah dalam buah markisa diyakini bisa membantu turunkan kadar gula darah yang tinggi pada tubuh.

7 dari 8 halaman

7. Cegah Infeksi

Manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh dapat mencegah infeksi yang menyerang tubuh. Sebab kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin C dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Termasuk untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
8 dari 8 halaman

8. Pewarna Alami

Pewarna Alami (credit: freepik.com)
Manfaat kulit buah markisa yang berwarna ungu rupanya dapat berguna sebagai pewarna alami untuk kosmetik. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Monalisa S mahasiwa Universitas Sumatera Utara yang meneliti tentang manfaat ekstrak etanol kulit buah markisa ungu menjadi pewarna lipstik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kulit buah markisa bisa digunakan sebagai pewarna alami lipstik yang diketahui tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Demikian 8 manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh dari kulit hingga biji. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat memberikan manfaat bagi tubuh perlu diimbangi dengan asupan buah dan sayur serta hidup yang sehat.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com