8 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Antioksidan - Atasi Rasa Cemas

Nurul Wahida| Sabtu, 01 Agustus 2020 11:33 WIB
Nurul Wahida | Sabtu, 01 Agustus 2020 11:33

Kapanlagi.com - Bunga telang memang begitu cantik dipandang mata karena warnanya. Tak hanya indah, bunga berwarna biru dan ungu cerah ini juga dapat dikonsumsi untuk dibuat minuman serta makanan. Selain enak dikonsumsi rupanya ada manfaat bunga telang untuk kesehatan yang dapat mengatasi sejumlah masalah tubuh karena kandungan antioksidan tinggi.

Bunga telang ini cukup mudah ditemui di pekarangan rumah hingga area persawahan. Warna cantik dan bentuk indah Bunga ini memang bisa membuat kebun serta pekarangan rumah tampak makin indah. Namun sebagian masyarakat mungkin tidak banyak tahu bahwa bunga telang dapat dikonsumsi hingga bermanfaat bagi kesehatan.

Di berbagai negara, bunga telang cukup banyak ditemui termasuk seluruh wilayah Asia Tenggara. Nggak heran apabila masyarakat tanah air sudah tak asing lagi dengan bunga telang yang kerap tumbuh liar di pekarangan hingga persawahan.

Warna biru cantiknya bahkan sering dijadikan sebagai bahan alami pewarna makanan serta kue. Tak hanya itu, bunga telang juga bisa dikonsumsi dengan berbagai olahan makanan dan minuman segar. Kandungan nutrisi bunga telang cukup banyak menawarkan sejumlah khasiat untuk tubuh.

Lalu apa saja manfaat bunga telang untuk kesehatan

Adapun manfaat bunga telang untuk kesehatan terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui manfaat bunga telang untuk kesehatan tersebut dapat menjadi referensi mengatasi masalah kesehatan tertentu yang bisa diperoleh dari bunga telang. Berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan bersumber dari wellandgood.com, majesticherbs.com, food.ndtv.com, journal.sgua.ac.id (Journal of Functional Food and Nutraceutical, Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung).

1 Dari 8 Halaman

1. Kaya Antioksidan

Kaya Antioksidan (credit: pixabay.com)
Sebelum membahas mengenai manfaat bunga telang untuk kesehatan terlebih dahulu mengetahui berbagai nutrisi di dalamnya. Salah satunya yang membuat bunga telang menawarkan manfaat bagi kesehatan adalah karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

journal.sgua.ac.id (Journal of Functional Food and Nutraceutical, Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung) dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa bunga telang miliki kemampuan cukup baik menangkal radikal bebas. Selain itu bunga telang juga mengandung sejumlah antioksidan lain seperti flavonoid, antosianin, serta senyawa fenolik. Dimana antioksidan tersebut bisa bermanfaat untuk mencegah stres oksidatif yang bisa disebabkan paparan radikal bebas. Salah satunya melindungi kulit dan mencegah penuaan dini.

2 dari 8 halaman

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit (credit: freepik.com)
Manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga diketahui dapat menjaga kesehatan kulit. Tentunya memperoleh kulit sehat dan cantik sangat diidamkan setiap orang terlebih perempuan. Nggak heran sejumlah perawatan dilakukan demi mendapat penampilan kulit indah dan cantik.

Namun rupanya bunga telang bisa memberikan manfaat tersebut karena kandungan nutrisi di dalamnya. Sebab kandungan antioksidan tinggi dalam bunga telang menawarkan sejumlah manfaatnya termasuk mencegah iritasi kulit dan mengurangi kerut mata atau tanda-tanda degenerasi kulit.

3 dari 8 halaman

3. Kontrol Gula Darah

Kontrol Gula Darah (credit: freepik.com)
Manfaat bunga telang untuk kesehatan juga bisa digunakan sebagai pengontrol gula darah. Seperti diketahui gula darah erat kaitannya dengan penyakit diabetes yang bisa dialami setiap orang. Namun rupanya bunga telang dapat memberikan manfaat sebagai bahan alami pengontrol gula darah tersebut karena kandungan nutrisinya.

Mengutip dari journal.sgua.ac.id (Journal of Functional Food and Nutraceutical, Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung) dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bunga telang dapat membantu mengontrol gula darah. Bahkan penelitian yang dilakukan tahun 2008 lalu juga menyebutkan jika ekstrak etanol bunga telang dapat menurunkan gula pada hewan yang diuji coba untuk penyakit diabetes.

Sejumlah bahan campuran lain seperti bunga rosella, buah delima, serta mulberi memiliki manfaat untuk membantu mengontrol gula darah hingga miliki aktivitas higlikemik setara dengan obat diabetes metformin.

4 dari 8 halaman

4. Bantu Atasi Kecemasan

Bantu Atasi Kecemasan (credit: freepik.com)
Manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh yang juga memberikan khasiat tak terduga adalah dapat membantu mengatasi rasa cemas. Dimana rasa cemas ini berhubungan erat dengan stres hingga berpengaruh pada kondisi kesehatan. Kandungan nutrisi bunga telang yang diketahui bersifat adaptogenik dapat membantu tubuh mengatasi stres tersebut termasuk mencegah stres oksidatif.
5 dari 8 halaman

5. Anti Inflamasi

Anti Inflamasi (credit: freepik.com)
Efek anti inflamasi dan analgesik ekstrak bunga telang seperti dilansir dari journal.sgua.ac.id (Journal of Functional Food and Nutraceutical, Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung) menyebutkan bahwa bunga ini menawarkan manfaat memberikan perlindungan terhadap tubuh akibat peradangan.

Selain itu kandungan flavonoid dalam bunga telang tersebut juga miliki efek sama sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk anti inflamasi termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Berbagai penelitian pun juga menyebutkan bahwa bunga telang dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap masalah peradangan.

6 dari 8 halaman

6. Sehatkan Mata

Sehatkan Mata (credit: freepik.com)
Manfaat bunga telang untuk kesehatan lainnya juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Sebab kandungan antioksidan dalam bunga telang yang disebut proanthocyanidin bisa membantu meningkatkan daya penglihatan. Sebab senyawa tersebut diketahui bisa melancarkan aliran darah ke kapiler hingga hingga bermanfaat menyehatkan sistem penglihatan tersebut.
7 dari 8 halaman

7. Mencegah Kerusakan Hati

Mencegah Kerusakan Hati (credit: freepik.com)
Mengutip dari halaman journal.sgu.ac.id berdasarkan journal.sgua.ac.id (Journal of Functional Food and Nutraceutical, Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L.) Bagi Kesehatan Manusia oleh Abdullah Muzi Marpaung) menyebutkan bahwa bunga telang miliki efek hepatoprotektif yang mampu mencegah kerusakan hati. Penelitian yang dilaporkan tahun 2013 oleh Nithianantham tersebut menghasilkan data bahwa uji coba pada hewan tikus yang diberi ekstrak bunga telang mengalami penurunan kadar senyawa yang merupakan bagian dari indikator kerusakan hati.
8 dari 8 halaman

8. Bisa Tumbuhkan Rambut

Bisa Tumbuhkan Rambut (credit: freepik.com)
Tentunya memiliki rambut lebat dan indah menjadi harapan setiap orang. Kondisi ini bisa diperoleh dari bunga telang yang diketahui memberikan manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebab bunga telang rupanya mengandung senyawa berupa bioflavonoid yang mampu memberikan manfaat tersebut hingga sehatkan rambut.

Nah itulah 8 manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh kaya antioksidan hingga atasi rasa cemas. Bunga telang ini dapat dikonsumsi dengan menyeduhnya seperti teh ataupun konsumsi ekstrak bunga telang yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter kesehatan agar mendapat penanganan tepat serta maksimal.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com