8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan, Mencegah Kanker - Mengatasi Jerawat

Dita Tamara| Rabu, 03 Juni 2020 13:55 WIB
Dita Tamara | Rabu, 03 Juni 2020 13:55

Kapanlagi.com - Sudahkah kalian tahu apa itu daun bidara? Bidara sendiri merupakan sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Meskipun begitu, terdapat banyak manfaat daun bidara yang ampuh sebagai obat tradisional jika kalian rutin mengonsumsinya.

Menurut beberapa penelitian, hampir semua bagian dari bidara memiliki manfaat baik. Daun bidara juga memiliki berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, sifat antioksidan dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh untuk berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja manfaat daun bidara lainnya? Langsung saja intip penjelasan lengkapnya berikut ini.

1 Dari 8 Halaman

1. Mengatasi Sariawan

Mengatasi Sariawan (credit: freepik)
Manfaat daun bidara dapat mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Selain itu, daun bidara dapat membantu menjaga bibir kalian terhindar dari mulut pecah-pecah. Hal ini karena daun bidara terdapat kandungan antioksidan yang dapat menghalau bakteri yang menetap di dalam mulut.
2 dari 8 halaman

2. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker (credit: freepik)
Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang menjadi momok menakutkan. Daun bidara dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh dan membunuh sel-sel kanker maupun tumor di dalam tubuh. Hal ini lantaran daun bidara memiliki kandungan menangkal pertumbuhan sel kanker berbahaya.
3 dari 8 halaman

3. Menyembuhkan Luka

Menyembuhkan Luka (credit: freepik)
Manfaat daun bidara sangat ampuh dalam mempercepat penyembuhan luka kulit. Daun bidara memiliki sifat anti flamasi dan anti bakteri yang sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Selain itu, kandungan senyawa glikosida membantu menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Kalian bisa dengan mudah meminum air rebusan daun bidara maupun mengoles daunnya pada luka.
4 dari 8 halaman

4. Mengatasi Maag

Mengatasi Maag (credit: freepik)
Daun bidara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung. Selain itu, dapat membantu meringankan risiko gangguan pencernaan dan mencegah infeksi pada salurannya dapat diatasi dengan daun bidara. Cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan dapat dengan meminum air rebusan secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika kalian mengalami ambien.
5 dari 8 halaman

5. Manfaat Daun Bidara untuk Haid Tidak Teratur

Manfaat Daun Bidara untuk Haid Tidak Teratur (credit: freepik)
Selanjutnya manfaat daun bidara yaitu mampu mengatasi masalah haid yang tidak teratur akibat ketidakseimbangan hormon. Jika kalian mengalami masalah berikut ini, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun bidara secara rutin. Senyawa dari daun bidara akan membantu kalian menyeimbangkan hormon dan melancarkan haid.
6 dari 8 halaman

6. Manfaat Daun Bidara untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat Daun Bidara untuk Mengatasi Jerawat (credit: freepik)
Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, daun bidara juga sangat baik untuk kecantikan, seperti mengatasi jerawat.  Hal ini lantaran kandungan anti bakteri dalam daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit tersebut. Kalian bisa mengaplikasikannya dengan cara tumbuk 5 lembar daun bidara, lalu berikan sedikit air atau perasan air lemon, kemudian oleskan pada bagian kulit berjerawat. Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Gunakan secara rutin untuk dapat menghasilkan kulit bersih terbebas dari jerawat.
7 dari 8 halaman

7. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini (credit: freepik)
Manfaat daun bidara untuk kecantikan lainnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Hal ini lantaran daun bidara mampu mencegah keriput dan lingkaran hitam bawah mata. Kalian bisa menggunakan daun bidara sebagai masker dengan menggunakan serbuk daun bidara yang dicampur serbuk madu maupun perasan lemon lalu dijadikan pasta. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering kemudian bilas bersih. 

 

8 dari 8 halaman

8. Merawat Rambut

Merawat Rambut (credit: freepik)
Selain mengatasi jerawat, daun bidara juga mampu membantu merawat kesehatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut bisa dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan alami dan cara tradisional ini dapat membantu kalian mengatasi masalah kesehatan maupun kecantikan tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com