8 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh Bagian Dalam - Kecantikan

Nurul Wahida| Rabu, 15 Juli 2020 17:11 WIB
Nurul Wahida | Rabu, 15 Juli 2020 17:11

Kapanlagi.com - Kacang polong menjadi salah satu bahan makanan yang kerap disajikan dalam sejumlah makanan populer. Warna hijau menyala kacang polong seringkali bisa menambah nafsu makan hingga mempercantik sajian makanan. Namun siapa sangka dibalik bentuknya yang kecil dan mungil, manfaat kacang polong rupanya baik untuk kesehatan bagian dalam hingga kecantikan.

Kacang polong berasal dari biji tanaman sejenis kapri yang dimanfaatkan biji hijaunya. Kacang polong ini memang tak begitu populer menjadi bahan makanan tambahan di Indonesia. Meski begitu kacang polong kerap ditemui dalam sejumlah makanan bergaya eropa seperti sup, salad, nasi goreng hingga steak.

Berbagai produk kemasan kacang polong bahkan sudah banyak dipasarkan di sejumlah pasar swalayan dengan harga yang bervariasi. Namun dibalik bentuk mungil dan rasa gurih kacang polong rupanya menyimpan berjuta khasiat yang jarang diketahui. Dimana manfaat kacang polong tak hanya baik untuk kesehatan bagian dalam melainkan juga tubuh bagian luar.

Lalu apa saja manfaat kacang polong untuk kesehatan?

Adapun manfaat kacang polong untuk kesehatan terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. manfaat kacang polong tersebut tersimpan dalam sejumlah kandungan nutrisi baik di dalamnya. Berikut manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh bagian dalam hingga kecantikan bersumber dari healingplantfoods.com, dan food.ndtv.com.

1 Dari 8 Halaman

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh (credit: freepik.com)
Manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh bagian dalam salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. dimana daya tahan tubuh ini berperan penting untuk mempertahankan tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Kandungan vitamin C dalam kacang polong tersebut menjadi faktor utama bahan makanan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. mengutip dari food.ndtv.com bersumber dari buku berjudul Healing Foods menyebutkan bahwa kacang polong juga mengandung phytoalexins yang berperan sebagai antioksidan untuk menghambat  H.Pylori sejenis bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan seperti kanker perut.

Namun selain itu kandungan antioksidan berupa kartotenoid, flavonoid, polifenol, dan asam fenolik juga bermanfaat melindungi sejumlah organ tubuh lainnya untuk menangkal radikal bebas. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagian dalam.

2 dari 8 halaman

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit (credit: freepik.com)
Menjaga kesehatan kulit merupakan salah satu manfaat kacang polong  untuk kecantikan yang jarang diketahui. Manfaat ini diperoleh dari kandungan nutrisi baik dalam kacang polong yakni vitamin C serta antioksidan di dalamnya. Dimana nutrisi tersebut memiliki peran menjaga kulit tetap sehat seperti mencerahkan kulit serta menangkal paparan radikal bebas hingga menyebabkan sejumlah masalah kulit.
3 dari 8 halaman

3. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker (credit: freepik.com)
Kanker menjadi salah satu jenis masalah kesehatan yang cukup banyak membuat khawatir tiap orang. Selain itu kanker juga termasuk masalah kesehatan yang tak bisa dianggap remeh begitu saja. Sebab, penanganan terlambat dapat membuat kondisi tubuh mengalami penurunan hingga memengaruhi aktivitas harian.

 Manfaat kacang polong salah satunya bisa mencegah pertumbuhan kanker yang muncul dalam tubuh. Sebab kandungan sejenis saponin dalam kacang polong diyakini dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor hingga mencegah kanker dalam tubuh.

4 dari 8 halaman

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini (credit: freepik.com)
Penuaan dini merupakan masalah yang menyerang tubuh bagian luar yakni kulit akibat paparan radikal bebas. Sejumlah tanda penuaan dini dapat terjadi apabila kulit tubuh mengalami kerutan hingga timbul garis-garis halus pada kulit yang membuatnya tampak lebih tua dari usia seharusnya.

Namun hal tersebut dapat dicegah dengan konsumsi kacang polong. Sebab, manfaat kacang polong salah satunya bisa mencegah penuaan dini yang terjadi akibat paparan radikal bebas. Sejumlah kandungan vitamin C dan sejumlah senyawa seperti flavonoid dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas hingga menyebabkan mengalami penuaan dini.

5 dari 8 halaman

5. Baik untuk Mata

Baik untuk Mata (credit: freepik.com)
Manfaat kacang polong selanjutnya rupanya juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Dimana kandungan carotenoids yakni lutein dalam kacang polong diklaim mampu menjaga kesehatan mata hingga mencegah risiko terkena katarak.

Sehingga kacang polong tersebut dapat memperkuat penglihatan yang biasanya akan menurun seiring bertambahnya usia. Selain itu untuk memperkuat penglihatan mata juga disarankan mendapatkan cukup vitamin A dalam makanan agar kesehatan tetap terjaga dan dalam kondisi baik.

6 dari 8 halaman

6. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang (credit: freepik.com)
Manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh bagian dalam juga bisa memperkuat tulang. Dimana dalam kacang polong mengandung vitamin K yang diketahui vitamin tersebut mampu menjaga kesehatan tulang dan memperkuatnya.

Sehingga masalah pengeroposan tulang yang biasanya terjadi karena faktor usia tersebut dapat teratasi dengan konsumsi kacang polong. Namun selain dengan konsumsi kacang polong sejumlah asupan makanan sehat lainnya diperlukan agar mendukung tulang tetap kuat dan sehat.

7 dari 8 halaman

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan (credit: freepik.com)
Kesehatan bagian dalam lainnya yang diketahui bisa mengambil manfaat dari kacang polong adalah kesehatan pencernaan. Sebab, dalam kacang polong diketahui mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh, termasuk mencegah sembelit.

Selain itu kacang polong juga diklaim dapat mencegah kanker kulit yang bisa didapat dari kandungan polifenol dalam kacang polong. Sehingga konsumsi kacang polong tersebut sangat cocok untuk seseorang yang sedang bermasalah dengan sistem pencernaan. Sejumlah resep seperti salad, kari, dan sup dapat menjadi rekomendasi olahan kacang polong yang enak dan nikmat.

8 dari 8 halaman

8. Bantu Turunkan Berat Badan

 Bantu Turunkan Berat Badan (credit: freepik.com)
Manfaat kacang polong untuk kesehatan bagian dalam rupanya dapat digunakan sebagai makanan diet. Sebab kacang polong diketahui memiliki kandungan rendah lemak yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain rendah lemak, kacang polong juga miliki kalori rendah serta serat yang tinggi. Sehingga konsumsi kacang polong dapat membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama.

Nah itulah 8 manfaat kacang polong untuk kesehatan bagian dalam hingga kecantikan. Selain itu untuk mendapatkan manfaat maksimal dianjurkan melengkapi asupan lainnya serta penerapan gaya hidup sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com