8 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan, Bantu Redakan Batuk Pilek - Mencegah Peradangan

Dita Tamara| Kamis, 30 Juli 2020 09:11 WIB
Dita Tamara | Kamis, 30 Juli 2020 09:11

Kapanlagi.com - Manfaat lada hitam bagi kesehatan memang tidak banyak yang tahu. Padahal bumbu dapur yang satu ini menyimpan banyak manfaat baik bagi kesehatan. Tak heran jika lada hitam yang memiliki ciri khas rasa pedas ini banyak diburu untuk menambah cita rasa pada hidangan makanan. Selain kandungan vitamin dan mineral, lada hitam mempunyai kandungan piperine, senyawa aktif yang membantu meringankan sakit otot, masalah pencernaan, hingga radang sendi.

Lada hitam berasal dari tanaman lada yang disebut piper nigrum yang merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan di seluruh dunia. Selain itu, lada hitam juga memiliki sifat anti bakteri, antioksida, penambah kekebalan tubuh sehingga keberadaannya juga banyak dijadikan sebagai obat herbal. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat lada hitam, berikut ini ulasan lengkapnya.

1 Dari 8 Halaman

1. Bantu Redakan Pilek dan Batuk

Bantu Redakan Pilek dan Batuk (credit: freepik)
Pilek salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh berbagai jenis virus. Cara mengatasinya, kalian bisa memanfaatkan lada hitam yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi pilek dan batuk. Hal ini lantaran lada dapat merangsang kelancaran sirkulasi dan aliran lendir. Manfaat ini makin baik ketika kalian mencampurkan lada dengan madu. Sebab, madu mempunyai manfaat sebagai penekan batuk alami.

Caranya, campurkan satu sendok teh lada hitam dengan 2 sendok makan madu dalam cangkir. Setelah itu, isi cangkir dengan air mendidih, tutup dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, kalian bisa meminumnya. Lakukan sekali 3 kali untuk hasil yang maksimal.

2 dari 8 halaman

2. Mencegah Peradangan

Mencegah Peradangan (credit: freepik)
Tahukah kalian peradangan kronis jika dibiarkan akan menyebabkan kondisi kesehatan seperti radang sendi, penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Menurut sejumlah penelitian, kandungan piperine yang ada pada lada hitam mampu secara efektif melawan peradangan. Oleh sebab itu, lada hitam bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencegah peradangan mulai dari sekarang.
3 dari 8 halaman

3. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Baik untuk Kesehatan Pencernaan (credit: freepik)
Lada hitam mempunyai manfaat yang baik untuk kelancaran pencernaan. Hal ini karena lada hitam dapat merangsang cairan dan enzim pencernaan. Selain itu, lada hitam juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh kalian memecah dan mencerna makanan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lada hitam juga mempunyai efek positif pada enzim pangkreas yang menguntungkan keseluruhan proses pencernaan. Lada hitam juga memiliki sifat karminatif dan membantu meringankan gas lambung.

4 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Meningkatkan Kesehatan Mulut (credit: freepik)
Sifat anti bakteri piperine pada lada hitam mampu meringankan sakit gigi dan infeksi pada mulut. Selain itu, lada hitam juga mempunyai sifat anti inflamasi yang mampu mengobati peradangan gusi. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan mulut dengan lada hitam, kalian cukup mencampurkan garam dan merica dalam jumlah yang sama. Setelah itu, gosokkan campuran tersebut pada gusi. Sedangkan untuk sakit gigi, kalian bisa mencampurkan lada hitam dengan minyak cengkeh dan oleskan pada gigi yang sakit.
5 dari 8 halaman

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan Kadar Kolesterol (credit: freepik)
Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah dapat mengganggu aliran darah sehingga menyebabkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan, jika ekstrak pada lada hitam bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
6 dari 8 halaman

6. Bantu Turunkan Berat Badan

Bantu Turunkan Berat Badan (credit: freepik)
Selanjutnya, manfaat lada hitam mampu menurunkan berat badan sebab lada hitam dapat mengontrol nafsu makan. Konsumsi lada hitam juga membantu melancarkan metabolisme yang sangat penting untuk kontrol berat badan yang sehat. Manfaat lada hitam juga dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan yang dapat mendukung pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh.
7 dari 8 halaman

7. Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit (credit: freepik)
Manfaat lada hitam yang bisa kalian dapatkan yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Jika kulit kalian kehilangan pigmentasi normal dan berubah menjadi putih, maka lada hitam menjadi solusi utama dalam mengatasinya. Hal ini lantaran kandungan piperine pada lada hitam dapat merangsang kulit untuk menghasilkan pigmen melanosit.

 

8 dari 8 halaman

8. Kontrol Gula Darah

Kontrol Gula Darah (credit: freepik)
Terakhir, manfaat lada hitam yakni dapat mengontrol gula darah. Sebab, konsumsi lada hitam dinilai mampu mencegah hiperglikemia sehingga mencegah risiko diabetes. Selain itu, minyak lada hitam juga dapat menghambat dua enzim yang memecah pati menjadi glukosa yang membuat gejala diabetes lebih buruk.

Itulah sederet manfaat lada hitam bagi kesehatan. Berbagai manfaat baik tersebut bisa kalian lakukan dengan cara yang alami. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com