8 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, Mengatasi Sembelit - Mengatasi Hipertensi

Dita Tamara| Selasa, 02 Juni 2020 12:44 WIB
Dita Tamara | Selasa, 02 Juni 2020 12:44

Kapanlagi.com - Apakah kalian salah satunya yang rutin olahraga lari pagi? Ternyata manfaat lari bagi sangat baik untuk kesehatan tubuh loh. Kesejukan udara pagi sayang sekali untuk dilewatkan. Berikut ini ada beberapa manfaat lari pagi yang jika kalian mengetahui khasiatnya, maka tentu saja kalian tidak akan meninggalkan olahraga lari pagi.

Kebiasaan bangun siang membuat beberapa orang melewatkan olahraga pagi. Padahal, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, menyempatkan waktu sekitar 20 menit sehari memiliki manfaat yang sangat dahsyat jika melakukan lari pagi secara rutin. Memang harus melakukannya tekad yang bulat dan keras agar manfaat lari pagi bisa kalian lakukan. Berikut ini merupakan manfaat lari pagi yang baik untuk kesehatan.

1 Dari 8 Halaman

1. Mengatasi Hipertensi

Mengatasi Hipertensi (credit: freepik)
Manfaat lari pagi yang pertama yaitu dapat mengatasi hipertensi. Hal ini lantaran ketika melakukan lari pagi, maka akan melancarkan peredaran darah. Gerakan lari pagi yang tidak terlalu menguras tenaga, dapat kalian lakukan setiap harinya.

Lari pagi akan menjaga pola detak jantung sehingga tekanan darah menjadi lebih normal dan detak jantung menjadi teratur. Bagi penderita hipertensi memang tidak disarankan untuk olahraga berat, akan tetapi melakukan lari pagi bisa menjadi solusi untuk tetap melakukan olahraga.

 

2 dari 8 halaman

2. Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung (credit: freepik)
Melakukan olahraga lari pagi dapat menyehatkan jantung lantaran pada saat berlari, otot-otot kaki saja yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi jantung juga akan giat dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari.

Selain itu, Berlari pagi memiliki manfaat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah akibat endapan kolesterol jahat. Oleh sebab itu, ada baiknya mulai sekarang untuk rutin melakukan olahraga dengan lari-lari pagi.

3 dari 8 halaman

3. Baik untuk Pernapasan

Baik untuk Pernapasan (credit: freepik)
Bagi kalian penderita asma, olahraga lari pagi akan dianjurkan melakukannya secara rutin setiap minggunya dalam kurun waktu tiga bulan. Maka, hasilnya tidak akan lagi atau bahkan jarang terkena serangan asma kambuh. Manfaat lari pagi lainnya terutama bagi penderita asma akan merasakan bernapas dengan lebih baik.
4 dari 8 halaman

4. Mencegah Rematik

Mencegah Rematik (credit: freepik)
Rematik salah satu keluhan yang sering dialami oleh seseorang. Rematik identik dengan pegal-pegal atau nyeri pada anggota gerak. Kondisi tersebut bisa terjadi ketika persendian menjadi kaku, pengapuran, peradangan, otot-otot yang tegang, tulang yang keropos, dan lain sebagainya. Oleh sebabnya, manfaat lari pagi salah satunya dapat membuat kedua kaki pinggul, dan tangan menjadi aktif gerak, sehingga otot menjadi lebih lentur dan mengurangi ketegangan otot.
5 dari 8 halaman

5. Mengatasi Sembelit

Mengatasi Sembelit (credit: freepik)
Jika kalian mengalami permasalahan pada pencernaan, ada baiknya melakukan olahraga pagi yang memiliki manfaat mengatasi sembelit. Hal ini lantaran gerakan otot-otot saat berlari juga menggerakkan otot-otot bagian perut, dan juga memacu pergerakan usus. Oleh sebabnya, jika kalian mengalami susah buang air besar, rutin olahraga lari pagi dapat memicu lancarnya pada saat buang air besar.
6 dari 8 halaman

6. Mencegah Kanker Usus

Mencegah Kanker Usus (credit: freepik)
Kanker usus dapat terjadi ketika sisa-sisa makanan (feses) tertahan lebih lama di dalam usus, maka racun-racun dan radikal bebas yang ada di dalamnya dapat melakukan kontak yang lama dengan usus. Oleh sebab itu penting sekali menjaga kesehatan tubuh agar kita bisa buang air besar secara teratur setiap hari, salah satu tipsnya adalah lari pagi.
7 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (credit: freepik)
Manfaat lari pagi lainnya yaitu mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan berlari juga dapat memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel-sel imun tersebut sangat baik dalam membantu tubuh menangkal virus, bakteri, parasit, jamur, dan sebagainya yang membuat seseorang mudah sakit.
8 dari 8 halaman

8. Membantu Mencegah Diabetes

Membantu Mencegah Diabetes (credit: freepik)
Kadar gula yang tinggi dari makanan akan banyak menumpuk di dalam darah melebihi kadar normal akan memicu munculnya penyakit diabetes.

Olahraga lari pagi, memiliki manfaat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin sehingga akan menjaga agar gula darah selalu dalam kadar yang normal. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi risiko diabetes hingga 5%.

Itulah beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan. Begitu banyaknya manfaat lari pagi yang diperoleh, oleh sebab itu, ada baiknya untuk tidak meninggalkan olahraga pagi dan menyempatkan waktu kurang lebih 20 menit untuk berolahraga. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com