8 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan, Khasiatnya Tak Kalah dengan Susu Sapi

Dita Tamara| Rabu, 03 Juni 2020 14:11 WIB
Dita Tamara | Rabu, 03 Juni 2020 14:11

Kapanlagi.com - Susu memang mempunyai jenis beranekaragam mulai dari susu sapi, susu kambing, susu kedelai, dan masih banyak jenis susu lainnya. Kali ini kita akan membahas manfaat susu kambing yang sayang sekali jika kalian lewatkan.

Apakah kalian salah satu orang yang rutin dalam mengonsumsi susu kambing? Jika iya, maka kalian akan memperoleh beragam manfaat baik bagi tubuh. Namun, jika kalian ingin tau lebih dulu apa manfaat susu kambing, tepat sekali untuk membaca artikel yang satu ini.

Susu kambing memang kalah populer dengan susu sapi, namun jangan salah jika manfaat susu kambing tidak perlu diragukan lagi. Tahukah kalian jika komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan Air Susu Ibu (ASI), sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia. Selain itu susu kambing dapat mencegah virus-virus yang masuk dalam tubuh. Mengingat banyaknya manfaat susu kambing, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya terkait manfaat lainnya susu kambing.

1 Dari 8 Halaman

1. Atasi Anemia

Atasi Anemia (credit:freepik)
Anemia merupakan salah satu kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Ini menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Hal tersebutlah yang menyebabkan seseorang mudah pusing, pucat, dan lemas.

Mengonsumsi susu kambing bisa menjadi pilihan utama. Hal ini karena susu kambing dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh, serta merangsang pembentukan hemoglobin baru. Kalian dengan mudah menemukan susu kambing yang dijual dalam bentuk kemasan.

2 dari 8 halaman

2. Manfaat Susu Kambing untuk Jantung

Manfaat Susu Kambing untuk Jantung (credit:freepik)
Manfaat susu kambing selanjutnya yaitu sangat baik untuk jantung. Kandungan kalium pada susu kambing yaitu mineral sangat penting dibutuhkan tubuh. Bahkan, jumlah kalium pada susu kambing ternyata lebih tinggi dibanding dengan susu sapi.

Kalium pada susu kambing bertujuan menjaga tekanan darah tetap stabil, dan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang berlebihan inilah dapat memicu naiknya tekanan darah yang dapat membuat jantung bekerja lebih ekstra. Dengan mengonsumsi susu kambing, maka kesehatan jantung akan lebih terjaga.

3 dari 8 halaman

3. Manfaat Susu Kambing untuk Penyakit Empedu

Manfaat Susu Kambing untuk Penyakit Empedu (credit:freepik)
Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit empedu, salah satu cara untuk menjaga kesehatan empedu bisa dengan mudah meminum susu kambing. Penyakit empedu sendiri merupakan kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu.

Susu kambing memiliki khasiat dalam mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Orang-orang yang menderita penyakit empedu, maupun batu empedu dapat diatasi dengan kerap mengonsumsi susu kambing.

4 dari 8 halaman

4. Manfaat Susu Kambing untuk Pencernaan

Manfaat Susu Kambing untuk Pencernaan (credit:freepik)
Manfaat susu kambing dapat menenangkan sistem pencernaan, jika dibandingkan dengan susu sapi. Lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah sehingga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Tidak hanya rendah lemak, susu kambing pun memiliki kandungan laktosa atau gula yang rendah. Susu kambing juga baik bagi penderita maag karena tak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat risiko alergi berkurang dibandingkan susu sapi. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar terlebih bagi anak-anak.

5 dari 8 halaman

5. Manfaat Susu Kambing Terhindar dari Kolesterol

Manfaat Susu Kambing Terhindar dari Kolesterol (credit:freepik)
Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kadar kolesterol yang rendah. Kandungan skim dan semi skim menjadikan susu kambing sebagai alternatif yang baik untuk dikonsumsi terlebih bagi kalian yang selalu memperhatikan asupan lemak dan kadar kolesterol. Jadi sangat aman untuk mengonsumsi susu kambing dalam keseharian.
6 dari 8 halaman

6. Manfaat Susu Kambing untuk Penderita Asma

Manfaat Susu Kambing untuk Penderita Asma (credit:freepik)
Jika kalian mempunyai masalah gangguan pernapasan seperti penyakit tuberkolosis dan asma, rutin mengonsumsi susu kambing akan memperbaik keadaan pernapasan kalian. Hal ini karena kandungan flourin dan betacasein dalam susu kambing. Selain itu, susu kambing juga bisa menjadi obat paling ampuh dalam membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan.
7 dari 8 halaman

7. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Membantu Tidur Lebih Nyenyak (credit:freepik)
Apakah kalian termasuk orang yang memiliki masalah tidur yang cukup susah? Mulailah membiasakan diri mengonsumsi susu kambing untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Asam amino triptofan yang terkandung pada susu kambing akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon ini tidak hanya berfungsi untuk mengatur suasana hati, tapi juga merangsang bagian otak untuk mengendalikan waktu bangun dan tidur.

Jika tubuh kalian tahu kapan waktu bangun dan tidur dengan baik, tentu siklus tidur kalian akan membaik.

 

 

8 dari 8 halaman

8. Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan Kulit (credit:freepik)
Manfaat susu kambing tidak hanya dirasakan untuk kesehatan tubuh saja. Menariknya, susu kambing juga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Susu kambing sangat kaya akan kandungan yang dapat menyehatkan kulit, seperti asam laktat untuk regenerasi kulit mati, vitamin C, vitamin B, niacin, dan thiamin. Oleh sebabnya, banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utamanya.

Itulah beberapa manfaat susu kambing yang baik untuk kesehatan dan merawat kecantikan kulit. Konsumsi secara rutin susu kambing akan mendapatkan hasil maksimal sesuai keinginan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com