8 Penyebab Cantengan dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan

Editor KapanLagi.com| Minggu, 17 Januari 2021 09:33 WIB
8 Penyebab Cantengan dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan
Editor KapanLagi.com | Minggu, 17 Januari 2021 09:33

Kapanlagi.com - Istilah cantengan cukup populer untuk menyebut kondisi kuku yang tumbuh ke dalam daging menyebabkan area sisi jari bengkak ataupun memerah. Penyebab cantengan dapat dialami karena faktor pemicu yang sederhana namun bisa sebabkan keluhan kesehatan tersebut terjadi.

Cukup banyak orang memperhatikan perawatan kuku mereka agar tetap sehat dan cantik. Misalnya saja tren manicure pedicure yang dapat menyempurnakan penampilan kuku makin menawan. Namun perawatan kuku yang paling mudah dilakukan adalah dengan memotong kuku panjang untuk mencegah penumpukan kotoran atau bakteri.

Sayangnya kebiasaan memotong kuku yang tidak tepat justru bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah cantengan yang dapat menyerang area jari baik tangan ataupun kaki. Umumnya kondisi tersebut dialami karena kebiasaan memotong kuku yang tidak tepat misalnya terlalu pendek hingga memicu tumbuhnya kuku ke dalam. Kuku tersebut dapat menancap pada daging yang mengakibatkan sisi jari mengalami bengkak, nyeri, serta kemerahan.

Penyebab cantengan seringkali terjadi pada orang dengan tingkat usia lebih tua akibat pertumbuhan kuku yang semakin menebal. Namun cantengan dapat dialami siapa saja yang berisiko mengembangkan keluhan kesehatan ini. Untuk itu mengetahui penyebab cantengan perlu dipahami untuk mencegah risiko lebih lanjut. Adapun penyebab cantengan dan cara mengatasinya sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya Kesalahan Saat Memotong Kuku

Halaman

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com