8 Penyebab Rambut Rontok yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Perawatan yang Berlebihan

Nurul Wahida| Senin, 13 Juli 2020 17:33 WIB
Nurul Wahida | Senin, 13 Juli 2020 17:33

Kapanlagi.com - Masalah rambut rontok hampir seluruhnya kerap dialami oleh setiap orang. Bahkan tak jarang rambut rontok dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri. Namun rupanya beberapa hal penyebab rambut rontok justru berasal dari hal yang sering disepelekan hingga terkesan sederhana.

Rambut rontok memang normal terjadi dialami oleh setiap orang. Namun kondisi ini dikatakan tidak wajar apabila melebihi batas maksimal rambut rontok. Mengutip dari healthline.com, dalam kondisi normal seseorang mengalami rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai rambut setiap hari.

Apabila melebihi batas tersebut hingga terjadi beberapa kali, ada kemungkinan besar terdapat penyebab rambut rontok yang jarang disadari. Untuk itu mengetahui penyebab rambut rontok perlu dilakukan agar mencegah kemungkinan mengalami kebotakan hingga memengaruhi rasa percaya diri.

Lalu apa penyebab rambut rontok yang sering disepelekan?

Adapun penyebab rambut rontok yang sering disepelekan terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui penyebab rambut rontok tersebut dapat menjadi pencegahan sekaligus penanganan tepat rambut rontok. Berikut penyebab rambut rontok yang sering disepelekan bersumber dari hellosehat.com, medicalnewstoday.com, health.com.

1 Dari 8 Halaman

1. Stres

Stres (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok yang sering disepelekan yang pertama adalah karena stres. Dimana stres ini memang sangat berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan tubuh. Termasuk kesehatan rambut di kepala hingga berpengaruh pada pertumbuhan rambut.

Stres sendiri merupakan kondisi yang melibatkan antara emosional, psikis, dan fisik seseorang. Secara emosional stres tersebut salah satunya dapat dipicu dengan masalah pribadi seperti kehilangan pekerjaan, sakit parah, hingga keluarga meninggal.

Sedangkan secara fisik, stres dapat dipicu seperti setelah melahirkan yang biasanya melibatkan kondisi fisik berubah seperti terlalu berisi, adanya sayatan di tubuh, mengurus buah hati serta lain sebagainya hingga menurunkan rasa percaya diri.

2 dari 8 halaman

2. Efek Samping Obat-Obatan

Efek Samping Obat-Obatan (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok yang sering disepelekan lainnya adalah karena efek samping penggunaan obat-obatan. Dimana obat-obatan ini bisa jadi memberikan pengaruh pada kesehatan rambut, termasuk memengaruhi pertumbuhannya.

Adapun beberapa jenis obat-obatan yang biasanya menimbulkan efek samping rambut rontok seperti konsumsi vitamin A dengan dosis banyak, obat antidepresan, obat hormonal, dan lain sebagainya. Namun hal ini bisa saja akan berbeda dialami oleh setiap orang, sehingga melakukan pengecekan medis perlu dilakukan agar tahu penyebab pasti rambut rontok tersebut.

3 dari 8 halaman

3. Kehamilan

Kehamilan (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok yang lainnya adalah karena kehamilan. Beberapa perempuan hamil mungkin mengalami kondisi ini dimana rambut mereka akan rontok secara berlebihan setelah melahirkan. Mengutip dari medialnewstoday.com seorang perempuan tengah hamil dan melahirkan akan mengalami penurunan kadar estrogen yang berpengaruh pada kesehatan kepala termasuk terjadinya rambut rontok.

Namun kondisi ini diketahui hanya sementara waktu yang dapat sembuh dalam kurun waktu tertentu. Beberapa hal yang bisa dilakukan apabila mengalami kondisi rambut rontok diantaranya adalah perawatan sederhana seperti menggunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut rontok sesuai dengan kondisi rambut yang dimiliki.

4 dari 8 halaman

4. Menjalani Kemoterapi

Menjalani Kemoterapi (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah karena proses menjalani kemoterapi. Kondisi ini disebut sebagai anagen effluvium yang berarti seseorang mengalami rambut rontok dengan jumlah melebihi batas normal. Selain itu anagen effluvium bukan saja terjadi pada kepala melainkan tubuh lainnya seperti alis dan bulu mata. Beberapa penyebab anagen effluvium seperti radiasi, infeksi jamur, penyakit autoimun serta kemoterapi.
5 dari 8 halaman

5. Pil KB

Pil KB (credit: freepik.com)
Sebagian orang mungkin mengalami kondisi rambut rontok setelah mereka konsumsi pil KB. Namun rupanya kondisi ini dapat berbeda pada tiap orang. Dimana Sebagian dari mereka dapat saja mengalami kerontokan rambut setelah mereka menghentikan konsumsinya atau justru sebaliknya.

Apabila hal ini terjadi, mengutip dari medicalnewstoday.com seseorang disarankan memilih pil dengan indek androgen rendah sehingga dapat membantu menurunkan risiko rambut rontok.

6 dari 8 halaman

6. Perawatan Rambut

Perawatan Rambut (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok yang sering disepelekan selanjutnya adalah perawatan rambut. Perawatan rambut ini dapat meliputi pewarnaan rambut, gaya rambut seperti kepang, serta lain sebagainya. Dimana perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia keras dapat memicu terjadinya rambut rontok.

Sehingga untuk mencegah rambut rontok tersebut pencegahan seperti menggunakan kondisioner sehabis keramas dianjurkan untuk menjaga kekuatan rambut. Selain itu membatasi perawatan rambut seperti mewarnai rambut, meluruskan rambut, dan lain sebagainya sebaiknya dihindari sementara waktu ataupun tidak sesering mungkin.

7 dari 8 halaman

7. Penurunan Berat Badan

Penurunan Berat Badan (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok rupanya juga dapat dikarenakan oleh penurunan berat badan. Penurunan berat badan ini bisa membuat rambut menipis hingga memicu mengalami kerontokan. Selain itu penurunan berat badan secara tiba-tiba juga bisa membuat tubuh mengalami kekurangan vitamin dan mineral. Namun kondisi ini terjadi pada seseorang yang secara tiba-tiba mengalami penurunan berat badan hingga berpengaruh pada kondisi kesehatan kepala termasuk rambutnya.
8 dari 8 halaman

8. Faktor Keturunan

Faktor Keturunan (credit: freepik.com)
Penyebab rambut rontok juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Apabila anggota keluarga ada yang memiliki Riwayat rambut rontok tersebut maka akan lebih rentan seseorang mengalami hal yang sama dengan riwayat keluarganya termasuk rambut rontok. Terlebih seiring bertambahnya usia kondisi rambut rontok juga akan meningkat hingga membuat mengalami kebotakan.

Nah itulah 8 penyebab rambut rontok yang jarang diketahui, salah satunya berlebihan perawatan. Namun sejumlah penyebab lainnya mungkin saja terjadi di luar beberapa poin di atas, sehingga mengecek secara medis perlu dilakukan agar mengetahui pasti penyebab rambut rontok yang dialami dari dokter ahli.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com