9 Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 12 Februari 2021 12:11 WIB
9 Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Kapanlagi.com - Mempunyai masalah di wajah memang membuat kesal sebagian orang. Tidak hanya timbulnya jerawat, hingga flek hitam, kerutan di wajah yang makin membuat menurunnya tingkat percaya diri. Namun, munculnya komedo juga menjadi mimpi buruk bagi setiap orang. Oleh sebab itu, sederet cara menghilangkan komedo pun dilakukan untuk menghasilkan kulit wajah yang sesuai keinginan.

Pada dasarnya, komedo muncul lantaran tumpukan kotoran di pori-pori kulit. Tak hanya muncul di wajah atau area hidung, komedo bisa muncul di segala bagian tubuh, seperti dada, bahu, punggung, leher, dan lengan.

Jika dibagi berdasarkan jenisnya, ada dua jenis komedo yakni hitam dan putih. komedo hitam yang sering muncul di kulit wajah disebabkan karena pori-pori dipenuhi dengan minyak dan bakteri dan berubah menjadi gelap karena terkena udara. Sedangkan komedo putih biasanya berupa tonjolan kecil dibagian bawah epitel kulit. Jenis komedo ini cukup sulit dihilangkan.

Berbagai cara menghilangkan komedo putih menggunakan produk kecantikan rupanya tak kunjung menyelesaikan masalah. Ada sederet cara menghilangkan komedo putih dengan cara alami dan mudah untuk di terapkan lho. Sebagai solusinya, sederet cara menghilangkan komedo putih dengan bahan alami ini bisa langsung kalian coba sendiri di rumah.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Pasta Gigi

Pasta gigi menjadi salah satu bahan yang bias digunakan untuk menghilangkan komedo. Kandungan fluoride dan mineral pada pasta gigi mampu menghaluskan wajah yang kasar akibat komedo putih. Caranya, Oleskan pasta gigi secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Baking Soda

Baking soda menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan komedo putih secara cepat. Baking soda membantu menjaga kadar ph kulit, mengatur produksi minyak berlebih, hingga menghilangkan sel kulit mati. Cara pengaplikasiannya, pertama-tama kalian buat pasta menggunakan baking soda terlebih dahulu, setelah itu, oleskan pada wajah atau bagian kulit yang berkomedo. Setelah mengering, bilas dengan air hingga bersih.

3. Tepung Gandum

Selanjutnya, cara menghilangkan komedo putih bias dilakukan dengan menggunakan tepung gandum. Kalian bisa memanfaatkan tepung gandum sebagai masker untuk membersihkan komedo putih pada wajah. Caranya, buat pasta dari tepung gandum. Setelah itu, oleskan pada area berkomedo. Diamkan selama 15 menit atau hingga kering. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Kopi dan Gula

Cara menghilangkan komedo putih bisa dilakukan dengan cara scrub menggunakan bahan kopi dan gula. Kedua bahan yang dijadikan scrub ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Cara pengaplikasiannya, kalian cukup buat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Tambahkan 1 sdm gula pasir. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

5. Garam

Garam menjadi salah satu jenis bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan masalah komedo. Selain harganya yang murah, garam juga sangat mudah ditemukan. Cara menggunakannya yaitu pertama-tama menyiapkan air panas dalam wadah terlebih dahulu. Setelah itu, larutkan garam pada air panas. Jika sudah, biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut.

6. Putih Telur

Sudah bukan rahasia umum jika putih telur ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan komedo putih. Selain itu putih telur juga dipercaya mengenyalkan wajah serta berfungsi untuk mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit. Caranya, pertama-tama kalian pisahkan terlebih dahulu putih telur dengan kuning telurnya, setelah itu, langsung aplikasikan putih telur ke wajah yang berkomedo. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan bersih.

7. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan, yang disebut lycopine yang terbukti mampu menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk pada wajah. Kalian bisa mengubah tomat menjadi masker dengan cara tumbuk halus tomat hingga, setelah itu oleskan pada wajah selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

8. Air Hangat

Selanjutnya, cara menghilangkan komedo putih yaitu menggunakan air hangat. Sebab, air hangat bisa berfungsi untuk membuka pori-pori sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit bisa keluar dengan sendirinya.Caranya, masak air lalu masukkan ke dalam wadah. Jika sudah, hadapkan wajah pada wadah yang sudah berisi air hangat. Biarkan uap air panas membuka pori-pori kalian.

9. Lemon

Lemon mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya dapat membantu menghilangkan komedo. Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan lemon bisa dengan memeras buah lemon terlebih dahulu. Setelah itu oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

 Itulah sederet cara menghilangkan komedo putih yang bisa langsung kalian praktekkan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com