9 Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat, Wanita Wajib Tahu!

Editor KapanLagi.com | Senin, 25 Januari 2021 17:33 WIB
9 Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat, Wanita Wajib Tahu!

Kapanlagi.com - Payudara merupakan salah satu bagian organ terpenting bagi wanita. Tak heran jika semua wanita begitu mempedulikan bentuk payudara secara detail. Banyak dari wanita mencari cara merawat payudara untuk tampil lebih percaya diri. Sebab, kebanyakan wanita juga ingin memiliki payudara yang kencang.

Penyebab payudara kendur biasanya dikarenakan oleh semakin bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan payudara menjadi tidak kencang seperti saat usia muda. Mengapa demikian? Karena semakin bertambahnya usia, otot-otot payudara juga semakin longgar. Selain itu, penyebab lainnya yaitu bertambahnya berat badan maupun seusai hamil dan menyusui. Tak heran jika cara merawat payudara semakin banyak dicari untuk memperoleh bentuk payudara yang sesuai keinginan.

Untuk itulah, wanita perlu mengetahui perawatan payudara agar tetap sehat dan kencang. Berikut beberapa cara merawat payudara yang dapat kalian lakukan. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Memakai Bra yang Tepat

Cara merawat payudara yang pertama yaitu dengan memakai bra yang tepat dan nyaman untuk payudara. Pilihlah ukuran bra yang tepat untuk tetap menjaga kesehatan payudara. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang terlalu ketat, tetapi pilihlah yang longgar dan nyaman. Hal ini lantaran menggunakan bra yang salah ukuran akan memengaruhi kesehatan. Saat di rumah, hindari pemakaian bra berukuran ketat dan usahakan untuk melepas bra ketika hendak tidur.

2. Berikan Pelembab

Tak hanya wajah saja yang perlu diberikan pelembab, payudara juga penting untuk kalian berikan pelembab. Hal ini supaya area payudara yang merupakan bagian tubuh yang sensitif tetap lembut dan terjaga kelembabannya. Selain itu, manfaat lainnya memberikan pelembab pada payudara yaitu untuk menghindari kulit kering yang dapat merusak keindahan kulit. Sebaiknya, aplikasikan pelembab setiap hari supaya tampil lebih percaya diri.

3. Gunakan Sunscreen

Selanjutnya, cara merawat payudara yang harus kalian lakukan yaitu dengan menggunakan sunscreen. Meskipun pada dasarnya area payudara selalu di tutup dan tidak secara langsung terkena pancaran sinar matahari, namun menggunakan sunscreen juga perlu kalian lakukan. Hal ini tentu saja untuk melindungi payudara kalian. Ahli kulit menganjurkan untuk menggunakan sunscreen minimal SPF60 pada area payudara.

4. Pertahankan Berat Badan yang Ideal

Mempertahankan berat badan yang ideal menjadi salah satu cara merawat payudara yang perlu kalian ketahui. Sebab, ketika kalian mempunyai berat badan yang naik maupun turun secara cepat, ha ini akan memengaruhi elastisitas kulit di sekitar dada. Itulah yang membuat payudara kalian kendur atau tidak kencang. Nah, penting pula bagi kalian yang sedang menurunkan berat badan, ada baiknya untuk tidak melakukan diet yang terlalu ekstream.

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Pola makan yang sehat perlu kalian terapkan untuk tetap merawat payudara kalian. Bahkan, mengonsumsi sayur dan buah dapat mengurangi risiko penyakit yang menyerang payudara seperti kanker payudara. Pilihlah sayur dan buah yang mengandung flavonoid dan karotenoid. Dua senyawa tersebut termasuk antioksidan yang bisa bantu mencegah kanker payudara. Adapun contoh buah dan sayuran yang baik kalian konsumsi seperti sayuran hijau, tomat, terong, wortel, brokoli, bawang merah, apel, jeruk dan buah-buahan sitrus lainnya.

6. Perhatikan Posisi Tidur

Selanjutnya, untuk merawat kesehatan payudara kalian, ada baiknya kalian memperhatikan posisi tidur yang baik. Kebiasaan tidur terlentang akan membuat bentuk payudara kalian menjadi tidak seimbang. Tak hanya itu saja, tidur miring juga akan menimbulkan kerutan di wajah. Solusinya, kalian bias mengubah posisi tidur dari miring menjadi terlentang. Hal ini tentu saja untuk mempertahankan bentuk payudara yang sehat dan kencang.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan dari paparan radikal bebas. Lidah buaya bisa membuat payudara menjadi lebih sehat. Adapun penggunaan lidah buaya antara lain, gunakan gel lidah buaya sambil memberikan pijatan-pijatan lembut pada payudara secara melingkar selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lakukan 4-5 kali dalam seminggu.

8. Melakukan Olahraga

Cara merawat payudara selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga. Meskipun payudara tidak memiliki jaringan lemak atau jaringan kelenjar, namun otot-otot di sekitar dan belakang payudara seperti bahu, dada, dam punggung harus tetap dilatih supaya tetap kencang. Dengan mengencangkan otot dada, bahu, dan punggung, maka postur tubuh bagian atas akan menjadi lebih kencang dan kuat dalam menopang payudara. Tak hanya itu saja, olahraga juga dapat menurunkan produksi hormone esterogen yang bias menjadi pemicu kanker payudara.

Ada baiknya, kalian melakukan olahraga aerobic untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Kalian juga bisa mencoba latihan dada guna memperkuat otot di sekitar payudara atau jenis olahraga aerobik lainnya yang kalian sukai.

9. Memijat Payudara

Cara merawat payudara yang bias kalian terapkan yaitu dengan memijat payudara. Hal ini karena memijat payudara dapat membantu memperbaiki bentuk payudara yang kendur dengan cara meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara. Kalian juga bias memijat payudara menggunakan jenis minyak essential seperti minyak zaitun.

Itulah sederet cara merawat payudara yang perlu kalian ketahui. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila kalian merasakan keluhan pada payudara. Semoga bermanfaat.

{NEWS_BOX_PAGGING}

(kpl/dtm)

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com