9 Dampak Kesehatan Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D, Jangan Disepelekan

Editor KapanLagi.com | Senin, 18 Januari 2021 11:11 WIB
9 Dampak Kesehatan Saat Tubuh Kekurangan Vitamin D, Jangan Disepelekan

Kapanlagi.com - Kekurangan vitamin D adalah kondisi yang terjadi karena tidak tercukupinya jumlah vitamin D pada tubuh. Keadaan tersebut dapat memicu beragam dampak kesehatan yang harus diwaspadai sedini mungkin. Sebab, ada sejumlah gangguan kesehatan yang muncul akibat kekurangan vitamin D.

Mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh tentunya penting dilakukan setiap orang. Ini untuk mendukung kesehatan tubuh tetap stabil dan meningkatkan fungsi organ tubuh. Tak heran apabila kekurangan vitamin atau nutrisi menyebabkan tubuh mungkin mengalami beragam dampak kesehatan. Salah satunya saat kekurangan vitamin D yang dapat ditandai dengan beberapa kondisi.

Vitamin D berperan untuk menyerap kalsium, menjaga sistem kekebalan tubuh, ataupun meningkatkan sistem kerja otot. Sumber vitamin D dapat diperoleh dari beragam hal seperti makanan, paparan sinar matahari, ataupun melalui produk vitamin. Pada setiap orang kebutuhan vitamin D memiliki jumlah berbeda berdasarkan klasifikasi usia.

Melansir dari medlineplus.gov, pada usia anak 1 hingga 13 tahun setidaknya jumlah vitamin D yang disarankan berdasarkan satuan Internasional berjumlah sebesar 600 IU. Sedangkan pada orang dewasa tua di atas usia 71 tahun jumlahnya menjadi 800 IU. Lalu apa saja dampak yang terjadi saat kekurangan vitamin D?

Berperan penting bagi tubuh, kekurangan vitamin D menyebabkan kalian mungkin mengalami beberapa kondisi seperti ulasan di bawah ini. Berikut dampak kesehatan saat tubuh kekurangan vitamin D telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Halaman

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com