9 Tanda Tubuh Kekurangan Protein yang Perlu Diwaspadai

Editor KapanLagi.com | Senin, 18 Januari 2021 15:11 WIB
9 Tanda Tubuh Kekurangan Protein yang Perlu Diwaspadai

Kapanlagi.com - Kekurangan protein dapat menyebabkan tubuh mengalami beragam masalah kesehatan. Sebab protein berperan penting pada semua jaringan tubuh, baik otot, kulit, tulang, ataupun rambut. Ketika tubuh kekurangan protein terdapat tanda-tanda yang penting dikenali sedini mungkin untuk mewaspadai dampak lebih lanjut.

Tubuh memerlukan protein untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi kerja organ ataupun jaringan. Ketika protein tidak terpenuhi maka tidak menutup kemungkinan dapat memicu masalah kesehatan yang muncul termasuk menyerang sistem kekebalan tubuh. Kondisi tersebut terjadi karena tubuh tidak mendapat cukup protein yang bersumber dari asupan makanan.

Melansir dari healthline.com, risiko kekurangan protein dapat terjadi pada berbagai kalangan akibat pola makan yang tidak seimbang. Sebab sejumlah makanan sehat beberapa diantaranya menyediakan kandungan nutrisi protein tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak seimbangnya jumlah konsumsi asupan makanan yang mengandung protein tentunya berisiko menyebabkan gangguan kesehatan. Gejalanya pun bisa dirasakan seperti mudah lesu, kulit kering, nyeri otot, mual, ataupun penurunan berat badan. Untuk itu memahami beberapa tanda tubuh kekurangan protein berdasarkan ulasan di bawah ini perlu dilakukan agar mencegah dampak risiko lebih lanjut.

Adapun tanda tubuh kekurangan protein dapat kalian kenali sedini mungkin, berikut tanda kekurangan protein telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya Terjadi Pembengkakan

Halaman

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com