9 Tips Menjaga Lansia Saat Wabah Virus Corona Covid-19

Galuh Esti Nugraini| Selasa, 07 April 2020 18:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Selasa, 07 April 2020 18:22

Kapanlagi.com - Wabah virus corona covid-19 diketahui dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Namun tidak dipungkiri jika corona covid-19 rentan terhadap lansia (lanjut usia). Faktor utamanya bisa disebabkan semakin menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Lanjut usia (lansia) menjadi salah satu golongan yang rentan terhadap wabah corona covid-19. Sebab, pada usia ini ditandai dengan menurunnya kemampuan berbagai organ, fungsi dan sistem tubuh. Lansia biasanya akan mulai tampak saat usia 45 tahun dan pada usia 60 tahun akan mulai terlihat berbagai masalah kesehatan.

Untuk itu berbagai upaya menjaga dan merawat lansia sering dilakukan oleh dinas kesehatan serta masyarakat. Agar dapat mempertahankan hidup menua yang sehat. Termasuk saat wabah corona covid-19 yang rentan terhadap lansia.

Menjaga dan merawat lansia saat wabah corona covid-19 perlu dilakukan untuk menghindari tingkat risiko tinggi akibat wabah corona covid-19. Tidak sedikit lansia yang memiliki penyakit bawaan seperti hipertensi, jantung, gangguan pernapasan, diabetes, Alzheimer (hilangnya ingatan).

Oleh karena itu ada beberapa tips menjaga dan merawat lansia saat wabah corona covid-19 yang perlu kalian ketahui. Berikut 9 tips menaga dan merawat lansia saat wabah corona covid-19 yang dilansir dari info grafis Instagram oleh @dkijakarta.

1 Dari 9 Halaman

1. Beri Pengertian Tentang Wabah Corona Covid-19

Beri Pengertian Tentang Wabah Corona Covid-19 (credit: freepik.com)
Untuk menjaga lansia saat wabah corona covid-19, cobalah untuk beri pengertian kepada lansia terkait corona covid-19 yang saat ini terjadi. Cara ini penting agar lansia dapat ikut berperan dalam menjaga kesehatan diri saat wabah corona covid-19.

Usahakan untuk menggunakan bahasa sederhana saat memberi pengertian. Sebab, bahasa yang terlalu berbelit bisa membuat lansia bingung.

Beberapa pengertian tentang wabah corona covid-19 yang bisa kalian jelaskan kepada lansia diantaranya memakai masker saat sakit, ke rumah sakit, menjaga jarak, menjaga kebersihan termasuk kebersihan pakaian.

2 dari 9 halaman

2. Memberi Asupan Makanan Sehat

Memberi Asupan Makanan Sehat (credit: freepik.com)
Asupan makanan sehat perlu dilakukan untuk menjaga dan merawat lansia saat wabah corona covid-19. Makanan sehat tersebut usahakan untuk mengandung banyak vitamin, terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu perhatikan juga makanan dengan penyakit tertentu atau alergi. Sebab, beberapa makanan bisa rentan terhadap penyakit pada lansia. Sebisa mungkin makanan tersebut memiliki gizi yang seimbang, cukup minum, sayur, dan buah.

3 dari 9 halaman

3. Tetap Lakukan Aktivitas di Rumah

Tetap Lakukan Aktivitas di Rumah (credit: freepik.com)
Adanya wabah corona covid-19 beberapa aktivitas lansia mungkin akan terganggu. Akan tetapi sebisa mungkin tetap melakukan aktivitas seperti bisa. Diantaranya berjemur di bawah sinar matahari dengan cukup, jaga jarak dengan orang lain, serta istirahat cukup minimal 6-8 jam sehari.
4 dari 9 halaman

4. Hindari Bersentuhan

Hindari Bersentuhan (credit: freepik.com)
Menjaga dan merawat lansia saat wabah corona covid-19 umumnya sama seperti pencegahan corona covid-19 pada setiap orang. Salah satunya adalah menghindari bersentuhan satu sama lain. Termasuk menjauhi orang yang sedang sakit. Serta budayakan cuci tangan.
5 dari 9 halaman

5. Tunda Pemeriksaan Secara Langsung dengan Dokter

Tunda Pemeriksaan Secara Langsung dengan Dokter (credit: freepik.com)
Biasanya lansia memiliki jadwal rutin untuk cek kesehatan dengan dokter. Namun saat wabah corona covid-19, usahakan untuk menunda pemeriksaan rutin dengan dokter secara langsung. Sebab rumah sakit bisa jadi menjadi tempat rentan terhadap lansia.

Pastikan agar obat-batan sehari-hari tersedia cukup dan meminum obat secara teratur. Apabila situasi benar-benar mendesak, kalian bisa memanfaatkan tekhnologi untuk menghubungi dokter agar bisa berkonsultasi.

6 dari 9 halaman

6. Jaga Lingkungan Tetap Bersih

Jaga Lingkungan Tetap Bersih (credit: pixabay.com)
Usahakan untuk menjaga dan merawat lingkungan tetap bersih. Baik itu kamar tidur, kamar mandi, ataupun lingkungan rumah. Sehingga akan terasa aman dan nyaman untuk lansia ditinggali. Pastikan juga ventilasi dan cahaya matahari cukup masuk ke dalam ruangan.
7 dari 9 halaman

7. Hindari Keramaian

Hindari Keramaian (credit: pixabay.com)
Kegiatan sosial seperti berwisata, belanja, dan arisan, sebaiknya untuk dihindari sejenak. Mengingat lansia cukup rentan terhadap wabah corona covid-19. Sehingga menghindari keramaian tersebut adalah cara menjaga lansia terhindar dari corona covid-19.
8 dari 9 halaman

8. Batasi Jumlah Perawat

Batasi Jumlah Perawat (credit: freepik.com)
Setidaknya saat wabah corona covid-19 terjadi, cara menjaga dan merawat lansia usahakan untuk membatasi orang yang merawat lansia. Paling tidak 1 sampai 2 orang saja sudah cukup untuk merawat mereka.

Pastikan perawat lansia adalah orang-orang sehat, tanpa riwayat terpapar wabah corona covid-19. Sehingga kesehatan lansia tetap terjaga, selain itu saat menemui lansia terlebih dahulu cuci tangan, menggunakan masker serta terapkan jarak satu meter dengan mereka. Waktu berkunjung sebisa mungkin untuk dibatasi secukupnya.

9 dari 9 halaman

9. Beri Hiburan

Beri Hiburan (credit: freepik.com)
Memberi hiburan kepada lansia merupakan salah satu cara menjaga dan merawat mereka saat wabah corona covid-19. Ya, ajak lansia berkegiatan menyenangkan di rumah agar tidak bosan. Kegiatan tersebut seperti menonton tv atau menghubungi kerabat melalui sambungan online.

9 tips merawat dan menjaga lansia saat wabah corona covid-19 tersebut perlu diaplikasikan agar kesehatan mereka tetap terjaga. Nah itulah tips merawat dan menjaga lansia saat wabah corona covid-19, selalu waspada agar terhindar dari virus dan penyakit.

(kpl/nlw/gen)

Reporter:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
 
Join Kapanlagi.com