9 Wisata Kuliner Malam Khas Semarang 2020 yang Wajib Diburu, Mana Favoritmu?

Iwan Tantomi| Jum'at, 24 Januari 2020 18:00 WIB
Iwan Tantomi | Jum'at, 24 Januari 2020 18:00

Kapanlagi.com - Wisata kuliner malam rasanya jadi pilihan yang nggak boleh dipisahkan saat liburan ke suatu tempat. Apalagi kalau destinasi wisata yang kamu kunjungi punya banyak kuliner malam yang enak-enak, seperti Semarang. Makin sayang banget kalau dilewatkan, bukan?

Menariknya lagi, makin hari wisata kuliner malam khas Semarang ini makin beragam. Kamu bisa menjumpai beragam cita rasa kuliner, dari gurih, berkuah, pedas, hingga manis, apapun bisa kamu jumpai di Semarang. Kamu hanya perlu mencatat dengan jeli nama dan di mana saja bisa mendapatkannya di Semarang.

Lantas, mana saja wisata kuliner malam khas Semarang paling baru yang wajib banget diburu? Berikut ini daftar lengkapnya.

1 Dari 9 Halaman

1. Angkringan Blendoek

Angkringan Blendoek ilustrasi ©Shutterstock
Saat membaca namanya, kamu mungkin merasa familiar dengannya. Benar saja, angkringan ini dulunya memang berjualan di samping Gereja Blendoek yang begitu ikonik di Kawasan Kota Lama, Semarang. Namun, tempat wisata kuliner malam khas Semarang tersebut kini telah pindah di Jalan Gajahmada No 138, Kota Semarang.

Selain menjual nasi kucing, beragam lauk bisa kamu nikmati sampai puas di sana. Selain itu, ada juga berbagai macam gorengan, jajanan tradisonal dan banyak lagi pilihan hidangan, yang dijamin bisa memuaskan perburuan wisata kuliner malammu di Semarang.

2 dari 9 halaman

2. Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi Ayam Bu Nyoto ilustrasi ©Shutterstock
Ingin menikmati nasi sebagai sajian makan malam yang lezat di Semarang? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Nasi Ayam Bu Nyoto. Nggak hanya enak, wisata kuliner malam khas Semarang ini juga cukup melegenda. Ini karena Nasi Ayam Bu Nyoto sudah ada sejak 1970.

Uniknya rasa dan rupanya tetap dipertahankan, agar nggak sampai berubah. Seporsi Nasi Ayam Bu Nyoto berisikan nasi, ayam opor, telur rebus bumbu bacem, sayur labu siam, tahu, hingga krecek yang disiram kuah opor kuning. Rasakan kelezatannya langsung dengan mengunjungi kedai Nasi Ayam Bu Nyoto di Jalan MT Haryono, Kota Semarang.

3 dari 9 halaman

3. Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi Goreng Babat Hengky ilustrasi ©Shutterstock
Banyak yang sepakat jika nasi goreng cocok dijadikan hidangan lezat untuk makan malam. Nah, Semarang juga punya salah satu tempat wisata kuliner malam yang begitu enak banget. Sudah gitu legendaris lagi. Namanya Nasi Goreng Babat Hengky.

Nasi gorengnya begitu gurih, dan bikin kamu jadi pengin tambah setiap kali memakannya. Selain itu, babatnya juga sangat empuk, sehingga kamu nggak perlu khawatir kesulitan mengunyahnya. Tertarik menikmatinya? Kunjungi kedai Nasi Goreng Babat Hengky yang beralamat di Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang.

4 dari 9 halaman

4. Nasi Liwet Bu Sami

Nasi Liwet Bu Sami ilustrasi ©Shutterstock
Semarang punya wisata kuliner malam khas yang bisa kamu nikmati berupa nasi liwet. Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Liwet Bu Sami. Kuliner ini sudah ada sejak 1975, dan waktu dijual dengan cara berkeliling. Namun, kini kamu bisa menikmatinya setiap malam di Pojok Matahari Simpang Lima.

Nasinya sangat pulen dan gurih. Makin nikmat disantap dengan beragam lauk yang bisa kamu pilih, seperti ayam, sate telur, burung puyuh, jerohan, dan masih banyak lainnya. Nggak heran dengan popularitas dan citarasa yang nggak pernah berubah sejak awal jualan, membuat Nasi Liwet Bu Sami selalu banjir pembeli.

5 dari 9 halaman

5. Nasi Gudeg dan Sego Koyor Mbak Tum

Nasi Gudeg dan Sego Koyor Mbak Tum ilustrasi ©Shutterstock
Bukan hanya Solo dan Yogyakarta yang punya menu gudeg. Kamu juga bisa menemukan gudeg enak di Semarang lho. Bernama Nasi Gudeng dan Sego Koyor yang berada di Jalan MT Haryono, Semarang, wisata kuliner malam khas Semarang ini nggak perlu lewat dari buruan. Saking enaknya, jangan kaget kalau bakal antre banget di sana.

Ada empat menu andalan yang wajib banget kamu coba di warung Mbak Tum. Mulai Sego Koyor, Nasi Gudeg, Lontong Opor, hingga Ayam Goreng Petai. Semuanya punya rasa yang enak banget, dijamin nggak bakal menyesal kalau kamu mencoba semuanya. Ini karena bumbu yang digunakan kaya rempah, dan sanggup banget menggugah selera para penikmatnya.

6 dari 9 halaman

6. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok ilustrasi ©Shutterstock
Lumpia sangat populer banget di Semarang. Nggak hanya pagi atau siang, kamu juga bisa menikmati lezatnya lumpia Semarang di malam hari. Salah satu tempat wisata kuliner malam khas Semarang yang menyajikan lumpia enak adalah Lumpia Gang Lombok.

Ada dua jenis lumpia yang bisa kamu pilih, yaitu lumpia basah maupun lumpia goreng. Sementara untuk isiannya, berupa campuran rebung muda, telur, udang serta ditambahkan tambahan taburan daun bawang segar.

7 dari 9 halaman

7. Nasi Kucing Pak Gik

Nasi Kucing Pak Gik ilustrasi ©Shutterstock
Ngomongin nasi kucing paling legendaris, nggak afdol rasanya tanpa memasukkan Nasi Kucing Pak Gik. Boleh dibilang wisata kuliner malam khas Semarang ini super legendaris, karena sudah 50 tahun eksis berjualan lho.

Di kedai yang berlokasi di Jalan Inspeksi, Sekayu, Kota Semarang ini kamu bisa menikmati beragam sajian nasi kucing dengan harga yang amat bersahabat.

Biar makanmu makin nikmat, kamu bisa menikmatinya juga dengan beragam sate dan gorengan yang dijual di sana. Oya, Nasi Kucing Pak Gik ini bukanya larut banget, yaitu mulai jam 11 malam. Jadi pas banget buat menemani malam-malammu saat liburan di Semarang.

8 dari 9 halaman

8. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima ilustrasi ©Shutterstock
Wisata kuliner malam khas Semarang lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Mangut Welut Warung Bu Nasima. Berlokasi di Jalan Menoreh Raya No 10, Gajahmungkur, Semarang ini begitu populer karena kelezatannya.

Ini karena Mangut Welut Warung Bu Nasima menggunakan belut sawah yang dibumbui dengan beragam rempah yang lengkap. Rasanya pun nggak hanya gurih dan enak, tetapi juga menyuguhkan cita rasa pedas, yang begitu mantap saat dipadukan dengan nasi hangat.

Jika kamu nggak suka belut, tenang, ada banyak pilihan mangut yang bisa dicoba. Ada mujaer, lele, bandeng, hingga cumi-cumi. Cobalah satu-satu jika kamu penasaran dengan kelezatan rasanya.

9 dari 9 halaman

9. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng ilustrasi ©Shutterstock
Pengin makan mie di Semarang? Jangan salah, Semarang punya wisata kuliner malam khas Semarang berbahan mie lho. Kamu bisa menemukannya di Bakmi Jawa Pak Gareng.

Namanya terkenal seantero pemburu kuliner malam di Semarang. Bukan tanpa alasan. Rasa bakmi Jawa di sana begitu gurih, lezat dan benar-benar bikin kamu ketagihan memakannya. Ciri khas rasanya berasal dari kecap manis yang digunakan.

Ada dua jenis bakmi Jawa yang bisa kamu coba, yaitu bakmi kuah dan bakmi goreng. Selain itu, di warung yang berlokasi di Jalan Wot Gandul Dalam nomor 173, Kota Semarang tersebut, kamu juga bisa memesan menu lain yang nggak kalah lezat, seperti nasi goreng, bihun, dan capcay.

Gimana, sekarang sudah tahu kan, apa saja wisata kuliner malam khas Semarang paling baru yang bisa banget kamu buru saat liburan ke sana? Tinggal catat alamatnya baik-baik, kemudian kunjungi langsung satu per satu tempat kulinernya, agar kamu benar-benar tahu kelezatan setiap wisata kuliner khas Semarang.

(kly/tmi)


Editor:  

Iwan Tantomi

Join Kapanlagi.com