ADVERTORIAL

A to Z Soal Reproduksi, Mana yang Paling Bikin Kamu Kepo?

Iwan Tantomi| Kamis, 09 April 2020 19:33 WIB
Iwan Tantomi | Kamis, 09 April 2020 19:33

Kapanlagi.com - Ngaku aja deh, berbagai perasaan campur aduk di benak para remaja cowok yang mengalami pubertas. Perubahan tubuh yang terjadi ternyata memberikan reaksi yang beragam. Mungkin udah banyak cerita dari teman yang lebih dulu mengalaminya. Tapi tetap saja, ada rasa aneh dan bingung waktu benar-benar mengalaminya.

Momen awkward sampai lucu yang bikin ngakak mungkin pernah kamu alami saat mengalami pubertas. Atau kamu sedang mengalaminya saat ini? Yuk, cari tahu apa saja yang bikin para cowok bingung tentang organ reproduksi saat pubertas dan temukan jawabannya!

1 Dari 5 Halaman

1. Organ intim tampak lebih 'sangar' karena mengalami perubahan

Organ intim tampak lebih 'sangar' karena mengalami perubahan (c)Shutterstock
Waktu lagi di kamar mandi, iseng-iseng nih kamu mengamati bentuk tubuh yang semakin terlihat berkembang, nggak lagi kaya anak kecil ingusan yang dulu suka lari-larian di kompleks. Eh tapi, kok organ intim juga mulai berubah ya? Jangan panik, perubahan bentuk organ intim memang normal terjadi sebagai tanda seorang cowok mengalami pubertas.

Yup, salah satu ciri pubertas yang paling umum pada cowok adalah mulai tumbuh rambut di area organ intim. Ini bisa berlangsung hingga empat tahun atau sampai rambut menyebar di paha bagian dalam. Nggak hanya itu aja, ukuran penis juga mulai membesar. Gimana, jadi kelihatan lebih 'sangar'?

2 dari 5 halaman

2. Lho, kok ngompol?

Lho, kok ngompol? (c)Shutterstock
Coba deh flashback momen saat pertama kali mimpi basah. Gimana rasanya? Terbangun karena dinginnya celana dan seprai yang basah pasti bikin kebingungan. Lho, kok ngompol? Tapi setelah sepenuhnya terjaga, kamu mulai menyelidiki apa yang bikin basah kasur dan celana, ternyata baunya beda. Otak pun mulai berpikir keras dengan mengingat-ingat apa yang terjadi, lalu bayangan mimpi semalam muncul kembali. Kamu pun mulai menduga-duga, jangan-jangan ini yang namanya 'mimpi basah'?
3 dari 5 halaman

3. Bukan berarti ngeres, mimpi basah ada penjelasan ilmiahnya!

Bukan berarti ngeres, mimpi basah ada penjelasan ilmiahnya! (c)Shutterstock
Buat yang pertama kali mengalami mimpi basah mungkin masih dibuat bingung, kok bisa terjadi sih? Bukannya berarti otakmu ngeres, mimpi basah adalah tanda pubertas yang terjadi pada remaja cowok. Secara ilmiah, ketika memasuki masa pubertas, tubuh cowok akan memproduksi testosteron untuk mengeluarkan sperma. Mimpi basah biasanya terjadi berbarengan dengan ereksi di pagi hari yang normal terjadi pada cowok. Tuh, pelajari dulu faktanya!
4 dari 5 halaman

4. Sudah pernah mimpi basah, apakah bisa bikin cewek hamil?

Sudah pernah mimpi basah, apakah bisa bikin cewek hamil? (c)Shutterstock
Pengalaman mimpi basah pertama kali mungkin jadi salah satu momen yang nggak terlupakan buat kamu. Rasa kepo pun terus berlanjut dengan pertanyaan lain. Kalau sudah pernah mimpi basah, bisa bikin cewek hamil nggak ya?

Nah, di sinilah pentingnya sex education yang tepat supaya kamu nggak terjebak mitos yang salah seputar organ reproduksi baik cowok maupun cewek. Sperma yang diproduksi oleh pria memang punya peluang untuk membuahi sel telur. Namun, proses pembuahan hanya bisa dilakukan lewat penetrasi saat hubungan seksual. Jadi, sebaiknya berhenti percaya dengan mitos kehamilan lewat pegangan tangan atau hamil di kolam renang, ya!

Tapi, jangan coba-coba lakukan hubungan seks sebelum waktunya. Asal kamu tahu, seks seharusnya dilakukan dengan bertanggung jawab dan penuh kesiapan. Kamu harus membekali diri dengan pengetahuan seputar organ reproduksi secara menyeluruh, termasuk risiko infeksi penyakit menular seksual yang bisa mengancam jika tidak melakukan hubungan seks yang aman dan bertanggung jawab.

5 dari 5 halaman

5. Merawat organ reproduksi itu perlu nggak sih?

Jawabannyaa jelas saja perlu! Merawat organ reproduksi penting untuk menjaga kesehatannya. Ini semua demi masa depan kamu juga, lho. Beberapa hal yang perlu diperhatikan para cowok adalah memastikan membersihkan penis setelah buang air kecil, hindari celana dalam yang terlalu ketat, jangan duduk terlalu lama, olahraga, dan konsumsi makanan bernutrisi. Ingatlah, ini semua demi masa depanmu!

Itu tadi beberapa fakta seputar organ reproduksi cowok yang pastinya sering bikin kepo. Kalau masih merasa penasaran, jangan malu lalu disimpan sendiri. Perbanyak mencari tahu informasi tentang kesehatan reproduksi lewat artikel kesehatan terpercaya, atau konsultasikan dengan orang yang tepat agar kamu bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Presented by:

Kondom Fiesta

(kpl/wri/tmi)

Reporter:  

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com