FOTO: Lubang Menganga Sebesar 50 Kali Bumi di Matahari, Bahaya?

Arai Amelya | Selasa, 20 Oktober 2015 16:48 WIB
FOTO: Lubang Menganga Sebesar 50 Kali Bumi di Matahari, Bahaya?
Kapanlagi.com - Seperti yang sudah kamu tahu semenjak duduk di bangku SD, bahwa Bumi berada dalam sistem Tata Surya di mana Matahari ada pusatnya. Sebagai bintang terpanas di sistem Tata Surya, Matahari memang cukup mengerikan. Namun pernahkah kamu berpikir bagaimana jadinya jika bintang yang mengeluarkan panas itu tiba-tiba berlubang?

Ya terdengar seram memang. Namun faktanya fenomena unik itu kini terjadi di Matahari. Di mana para ahli perbintangan melihat ada lapisan teratas dan medan magnet dari Matahari yang mendadak 'bocor'. Tak main-main ukuran lubang itu bahkan sangat besar yakni mencapai 50 kali lebih besar daripada Bumi.

Karena adanya lubang itu, bagian atas Matahari pun tampak lebih hitam daripada bagian sekitarnya. Namun kamu jangan takut dulu karena fenomena yang terdengar mengerikan itu hanyalah fenomena bernama lubang korona. Fenomena yang diabadikan kamera satelit NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) yakni Solar Dynamics Observatory lewat gelombang panjang ultraviolet itu memang belum pernah terlihat oleh manusia.

Seperti inilah penampakan lubang korona di Matahari © nasa.govSeperti inilah penampakan lubang korona di Matahari © nasa.gov

Menurut ilmuwan, fenomena lubang ini memungkinan materi koronal yang terlepas dan kerap disebut angin surya super cepat. Kenapa super cepat? Karena kecepatan partikel itu bisa mencapai 800 km/detik yang jika diandaikan bisa melesat dari Surabaya ke Jakarta hanya dalam satu detik, seperti dilansir CNET.

Lantas apakah dampak angin surya super cepat ini pada Bumi? Ternyata memicu terjadinya aurora yang bisa kamu lihat di langit belahan Bumi bagian utara. Tentu saja fenomena ini sama sekali tak berbahaya karena memang merupakan hal wajar dalam siklus sebelas tahunan Matahari.

Cuma ya begitu, fenomena lubang korona ini bisa mempengaruhi beberapa navigasi satelit dan sinyal radio telekomunikasi. Jadi, selamat berlubang Matahari semoga segera sembuh dan cepat move on. (cne/aia)

Editor :  

Arai Amelya

Join Kapanlagi.com