Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Allah Maha Agung Adalah Arti dari Asmaul Husna Al Azim, Ketahui Pula Cara Meneladaninya

Senin, 20 Juni 2022 17:44 WIB
Allah Maha Agung Adalah Arti dari Asmaul Husna Al Azim, Ketahui Pula Cara Meneladaninya

Kapanlagi.com - Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna Al Azim yang merupakan bagian dari 99 nama baik Allah. Nama baik ini berkaitan dengan keagungan dan kebesaran Allah SWT sebagai pencipta alam semesta dan isinya.

Oleh sebab itu, umat Islam harus menyadari dan mengimani kebesaran-Nya. Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna yang menggambarkan kesempurnaan. Dengan begitu, manusia perlu memahami bahwa kedudukan Allah berada di tempat paling tinggi dalam segala hal.

Kebesaran Allah memang menjadi hal yang tidak dibayangkan atau dipahami oleh manusia. Oleh karena itu, kalian perlu mempelajari lebih dalam mengenai sifat Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna. Berikut ini terdapat informasi yang berisi penjelasan mengenai hal tersebut beserta sikap untuk meneladaninya.

1. Arti dari Asmaul Husna

Gambar

Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna Al Azim. Sebelum masuk ke penjelasan mengenai arti Al Azim, akan lebih baik jika kalian memahami arti Asmaul Husna terlebih dahulu. Penjelasan mengenai arti dari Asmaul Husna sebenarnya tercantum dalam beberapa surat Al Quran. Salah satu penjelasan tersebut terdapat pada surat Al Isra ayat 110 berikut ini:

"Qulid'ul laaha awid'ur Rahmaana ayyam maa tad'uu falahul asmaaa'ul Husnaa; wa laa tajhar bi Salaatika wa laa tukhaafit bihaa wabtaghi baina zaalika sabiila"

Artinya: Katakanlah (Muhammad): "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asmaul Husna) dan janganlah engkau mengeraskan suaramu dalam shalat dan janganlah (pula) merendahkannya dan usahakan jalan tengah di antara kedua itu."

Nama-nama dalam Asmaul Husna cenderung superlatif atau menjadi tingkat perbandingan yang teratas (bentuk kata yang menyatakan paling). Nama-nama tersebut memiliki makna terbaik di antara yang baik.

2. Allah Maha Agung Adalah Arti dari Asmaul Husna Al Azim

Gambar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Al Azim merupakan salah satu dari 99 Asmaul Husna. Al Azim berasal dari kata 'azm yang berarti agung, besar, dan luas. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna Al Azim. Nama ini berkaitan dengan martabat untuk menjadi mengesankan, menjadi megah, menjadi unggul, menjadi besar, kuat, megah, dan seterusnya yang berkaitan dengan hal-hal luar biasa.

Meski sudah ada penjelasan seperti di atas, keagungan Allah sebenarnya masih terlalu besar untuk dipahami. Kapasitas pikiran manusia pun terbatas. Hal yang harus dipercaya adalah Allah jauh lebih besar dari ciptaannya. SinggasanaNya (simbol pengetahuan dan otoritasnya) membentang di atas langit dan bumi, dan pemeliharaan mereka tidak membebani-Nya, Dia adalah Yang Maha Tinggi, Yang Maha Besar.

Hal lain yang perlu disadari adalah alam semesta menjadi bukti keagungan Allah. Alam semesta terdiri dari langit yang membentang tanpa tiang penyangga, bumi yang terhampar luas, planet-planet yang beredar pada garis edarnya masing-masing tanpa ada yang bertabrakan, dan masih banyak sekali yang tak mampu dipahami dengan kapasitas pikiran manusia.
Segala hal yang luar biasa itu ditegaskan dalam Alquran, antara lain dalam surah Al Baqarah ayat 255 dan Al Waqiah ayat 74 berikut ini

- "Allahu laaa ilaaha illaa Huwal Haiyul Qaiyuum; laa taakhuzuhuu sinatunw wa laa nawm; lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ard; man zal lazii yashfa'u indahuuu illaa bi-iznih; ya'lamu maa baina aydiihim wa mww khalfahum wa laa yuhiituuna bishai'im min 'ilmih"

Artinya: "Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar." (Al Baqarah: 255)


- "Fasabbih bismi Rabbikal 'aziim"

Artinya: "Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar." (Al Waqiah: 74)

3. Meneladani Asmaul Husna Al Azim

Gambar

Umat muslim sudah seharusnya paham dengan sifat Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna. Setelah paham, akan dorongan untuk meneladani hal tersebut dan terus bertasbih mengagungkan nama Allah sebanyak-banyaknya. Salah satu tindakan nyata yang bisa dilakukan adalah mengucapkan zikir Subhaanallah walhamdulillaah walaa ilaaha illaaAllah wallahu akbar (Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar).

Tak hanya itu, masih banyak cara yang bisa kalian tempuh untuk meneladani hal ini, antara lain:

1. Menyadari dan mengagungkan kebesaran Allah.

2. Menghindari segala perilaku yang rendah atau menghinakan diri misalnya, selalu mengharap belas kasihan orang lain, korupsi, mengumbar hawa nafsu baik syahwat dan perut, mencuri, korupsi, menggibahi, dan lain sebagainya.

3. Senantiasa menjunjung tinggi ilmu, menjadi pribadi yang mengamalkannya untuk kebaikan, dan mewujudkan keahlian dalam suatu bidang.

4. Berusaha memuliakan orang di sekitar, seperti orang tua, peduli dengan saudara, tetangga, guru, dan senantiasa menyayangi sesama. Selain itu, teruslah berusaha membantu orang lain yang kesulitan hidup dan mengingatkan sesama dalam kebaikan.

5. Mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai mulia sebagai inspirasi, motivasi, dan karakter diri.

6. Dan yang paling penting, menjadikan keridhaan Allah sebagai tujuan yang paling mulia dan luhur.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai Allah Maha Agung adalah arti dari Asmaul Husna Al Azim yang perlu kalian pahami.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com