Aneh, Lantai Rumah di Aceh Mendadak Semburkan Hawa Panas!

Arai Amelya | Rabu, 09 September 2015 07:18 WIB
Aneh, Lantai Rumah di Aceh Mendadak Semburkan Hawa Panas!
Kapanlagi.com - Banyak sekali fenomena alam yang cukup aneh dan terkadang tak bisa dijelaskan. Seperti yang baru-baru ini terjadi di kawasan Lampulo, kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh sana. Di mana lantai rumah seorang warga mendadak mengeluarkan hawa panas.

Sang pemilik rumah Rusli Raden, mengira jika awalnya hawa panas itu karena pantulan sinar matahari. Namun lama-kelamaan penghuni rumah pria yang akrab dipanggil Yah Bit Cili itu merasakan tak wajar. Bahkan air yang ada di bak mandi rumah menjadi panas pula. Rusli mengau jika hawa panas makin terasa selepas zuhur. Tak main-main, ada lantai keramik di salah satu rumah pria berusia 65 tahun itu menyemburkan panas kala dipegang.

"Pas pertama saya nggak lapor siapa-siapa. Tapi setelah salat Zuhur kok semakin panas, makanya saya bilang ke tetangga dan jadi heboh hingga banyak yang maul lihat. Saya nggak tahu kenapa bisa begini. Rumah ini kan cuma ditempati pas siang saja, kalau malam kosong karena saya piket menjaga SPBU yang berjarak 500 meter dari rumah," ungkap Rusli seperti dilansir Merdeka.

Saat diraba, lantai rumah memang jadi panas © merdeka.comSaat diraba, lantai rumah memang jadi panas © merdeka.com

Selain hawa panas, Rusli juga menyebutkan panas yang terasa di dalam air bak mandi seperti sengatan arus listrik. Padahal kala petugas PLN datang, tak ada masalah listrik di rumahnya. Hampir lima hari sejak Rusli merasakan hawa panas, rumahnya kini pun seolah menjadi tempat wisata karena banyak yang penasaran dengan fenomena ganjil ini.

Dari pantauan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Aceh yang datang, dugaan pun muncul bahwa hawa panas yang mencapai 36 derajat celcius itu disebabkan oleh semburan gas metan. KLH menduga demikian karena rumah Rusli punya jakar sangat dekat dengan safety tank yang harusnya berjarak minimal 10 meter.

Karena septictank Rusli yang diduga cuma berjarak beberapa senti itu, gas metan yang mengandung hidrokarbon (CO4) mengalami penyempitan. Sehingga gas metan pun mengeluarkan hawa panas dari septictank itu. Hmm, kalau menurutmu gimana? (mdk/aia)

Editor :  

Arai Amelya

Join Kapanlagi.com