Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Apa Arti dari Nama Adalah Doa, Simak Inspirasi Nama Bayi Penuh Doa untuk Laki-laki dan Perempuan

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 04 Desember 2021 09:44 WIB
Apa Arti dari Nama Adalah Doa, Simak Inspirasi Nama Bayi Penuh Doa untuk Laki-laki dan Perempuan

Kapanlagi.com - Apa arti dari nama yang sesungguhnya? Nama merupakan bagian dari identitas diri seseorang. Bahkan bisa dibilang, nama merupakan identitas pertama dan terpenting. Itulah sebabnya, ketika seorang anak terlahir ke dunia, salah satu tugas pertama orangtua adalah memberikan anaknya sebuah nama.

Nama sebenarnya juga tak ubahnya sebuah kata, pasti mempunyai arti dan maknanya yang tersendiri. Itulah sebabnya setiap orangtua hampir pasti memilihkan nama yang terbaik untuk anaknya. Namun ada pula yang menganggap nama tidak lebih dari sebutan atau panggilan. Seperti kata Shakespeare, "Apalagi arti sebuah nama? Meski kita menyebut sekuntum mawar dengan nama lain, wanginya akan tetap semerbak".

Bagaimana, apakah menurut kalian nama merupakan suatu hal yang penting, atau justru sebaliknya? Jika masih merasa bingung, simak ulasan tentang apa arti dari nama berikut ini untuk menemukan jawabannya.

1. Apa Arti dari Nama

Gambar

Pada dasarnya, nama merupakan satu kata dalam bahasa Indonesia. Sehingga, untuk mengetahui arti dan maknanya, kita bisa merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI, nama tergolong dalam nomina atau kata benda. Lebih lanjut, apa arti dari nama meliputi definisi kata untuk menyebut atau memanggil orang (tempat, barang, binatang, dan sebagainya).

Namun tak sampai di situ, dalam KBBI juga disebutkan bahwa apa arti nama juga meliputi sebuah gelar atau sebutan atas suatu kemasyhuran, kebaikan, atau kehormatan. Hal ini sesuai dengan pamahaman apa arti nama secara umum yaitu sebagai sebutan atau panggilan seseorang.

Jika dilihat secara morfologis, kata nama dalam bahasa Indonesia disinyalir berasal dari bahasa Inggris 'name'. Dilansir dari oxfordlearnersdictionaries.com, apa arti nama atau name adalah "a word or words that a particular person, animal, place or thing is known by", yang artinya kurang lebih adalah 'kata atau kata-kata yang diketahui sebagai sebutan untuk orang, hewan, tempat, atau benda tertentu'.

Berdasarkan penjelasan apa arti nama dalam bahasa Inggris tersebut, nama menjadi identitas tidak saja untuk orang atau manusia, melainkan juga bagi hewan, benda, bahkan tempat.

2. Penjelasan Bahwa Nama Adalah Doa

Gambar

Pernah dengar istilah, "nama adalah doa"? Ya, banyak yang menganggap nama tak sekadar identitas yang melekat pada diri seseorang. Apa arti nama juga sering dianggap sebagai doa yang akan menyertai seseorang seumur hidupnya. Itulah sebabnya, banyak orangtua yang kemudian ingin memberikan nama terbaik untuk buah hatinya.

Namun siapa sangka, istilah atau anggapan "nama adalah doa" ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Dilansir dari merdeka.com, seorang profesor menyimpulkan dari risetnya, bahwa guru cenderung akan memberi nilai lebih baik pada seorang siswa dengan nama yang terdengar pintar.

Sebaliknya, dari sebuah hasil studi yang dimuat di New York Times, disebutkan bahwa seorang anak dengan nama yang tidak lazim dan terlalu unik, cenderung punya nilai yang jelek secara akademik. Masih dalam studi yang sama, ditemukan pula fakta bahwa terdapat anak-anak dengan nama unik cenderung punya sifat yang 'aneh'. Meski terkadang, keanehan tersebut menjadi sisi kreativitas dalam bekarya.

Itu artinya, berdasarkan penelitian di atas, pendapat bahwa apa arti nama adalah doa bisa jadi ada benarnya. Namun terlepas, dari benar ataupun salah ada baiknya untuk tetap memberikan nama yang baik untuk anak demi kebaikannya di masa mendatang.

3. Inspirasi Nama Penuh Doa untuk Bayi Laki-Laki

Gambar

Setelah membaca ulasan apa arti nama adalah doa, apakah kalian jadi tergerak untuk memberikan nama terbaik untuk anak kalian nantinya? Jika iya, berikut adalah beberapa inspirasi nama anak yang penuh doa untuk bayi laki-laki.

1. Abbad Nailun Nabhan: Laki-laki yang rajin beribadah dan mendapat kemuliaan.

2. Abdiel Justin Gilbert: Hamba Allah yang adil dan dapat terpercaya.

3. Bari Abdul Jalil: Seorang hamba Allah yamg pandai dan mulia.

4. Billal Hafizh Athaillah: Rahmat Allah yang bertanggung jawab.

5. Daffa Ramdan Althaf: Anak laki-laki yang selalu membela dan akan menyinari hidupnya dengan penuh kelembutan.

6. Dilfa Barqi Abbasy: Pria pemberani sekaligus lincah.

7. Fadhlan Arkhan Fathurrahman: Laki-laki yang memiliki keutamaan dan memuliakan menjadi pembuka kejayaan Yang Maha Pengasih

8. Ghifari Syafi Muzakki: Anak Laki-laki yang dilahirkan dengan kelembutan hati, dan menjadi penolong bagi orang lain.

9. Naqib Ibni Humam: Anak laki-laki pemberani tinggi cita-citanya dan pantas menjadi pemimpin

10. Raif Althaf Hasan: Sosok yang lembut dan penuh kasih sayang.

4. Inspirasi Nama Penuh Doa untuk Bayi Perempuan

Gambar

Sementa, untuk inspirasi nama penuh doa bayi perempuan, berikut adalah beberapa daftarnya.

1. Arumi Nasha Razeta: Keturunan putri Nabi Adam yang cantik seperti bunga yang wangi

2. Balqis Khansa Alya: Perempuan yg tinggi derajatnya dan baik laksana ratu Balqis

3. Chayra Rahmah Jamilah: Perempuan cantik yg penuh dengan kebaikan dan kasih sayang yg besar.

4. Eliza Rifdatul Anam: Perempuan berharga tinggi yg bisa menolong sesama.

5. Fatiha Rusyddin: Yang membuka jalan pada agama yang lurus.

6. Hafizah Syarifah: Perempuan penghafal Alquran yang mulia.

7. Jauhara Tsamina: Permata yang amat berharga.

8. Lubna Na'imah: Wanita yang cerdas yang mendapat kenikmatan.

9. Qanita Hajidah: Wanita yang mendirikan sholat tahajud dengan berdiri yang lama.

10. Talita Hasna Halimah: Gadis cantik yg sabar dan tawakal.

Itulah di antaranya penjelasan apa arti nama yang sesungguhnya, dan apakah nama sebuah doa. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi!

(kpl/gen/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com