Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Apa Arti Done dalam Terjemahan Bahasa Indonesia Beserta Sinonim dan Antonimnya

Editor KapanLagi.com | Rabu, 10 November 2021 20:33 WIB
Apa Arti Done dalam Terjemahan Bahasa Indonesia Beserta Sinonim dan Antonimnya

Kapanlagi.com - Arti done dalam terjemahan bahasa Indonesia memiliki makna tersirat. Namun arti done pada dasarnya digunakan untuk menyatakan sesuatu yang telah dilakukan ataupun hampir selesai dilakukan. Sementara kata done juga bisa memiliki arti berbeda tergantung pada topik pembicaraan yang dibahas.

arti kata done termasuk bentuk kata kerja ketiga yakni past participle dari do. Arti done bisa memiliki makna tersirat dan bermacam-macam. Pasalnya kata done termasuk idiom yang memiliki arti secara harfiah. Karena itulah perlu mengetahui arti done pada setiap maknanya dalam sebuah kalimat. Sementara itu, kata done sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Sebab itulah, di bawah ini ada penjelasan tentang arti done dalam terjemahan bahasa Indonesia. Langsung saja simak ulasannya tentang arti done telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Done dalam Terjemahan Bahasa Indonesia

Gambar

Kata done kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Karena itulah, kata done cukup akrab kita dengar dalam sebuah kalimat. Arti done jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki beberapa makna. Namun perlu diketahui bahwa arti done merupakan bentuk kata kerja ketiga (verb 3) dari do, does, dan did.

Sementara arti done juga disebut sebagai salah satu bentuk idiom. Idiom adalah kata yang memiliki makna tersirat. Karena itulah penggunaan kata done dalam setiap kalimatnya bisa memiliki arti berbeda tergantung pada apa yang tengah dibicarakan.

Sementara arti done dalam terjemahan bahasa Indonesia memiliki arti mengerjakan. Selain itu arti done bisa juga selesai atau tamat. Tak hanya itu saja, arti done jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna setuju, sudah, matang, putus. Di antara arti done tersebut, pada dasarnya kata done digunakan untuk menjelaskan suatu pekerjaan yang dilakukan atau dikerjakan.

2. Arti Done dan Maknanya

Gambar

Arti done serupa dengan do ataupun did. Sedangkan arti done termasuk bentuk kata kerja ketiga yakni tergolong ke dalam bentuk kata kerja past participle. Kata kerja tersebut digunakan untuk menyatakan atau menunjukkan sesuatu yang telah dilakukan.

Sementara kata do memiliki arti melakukan atau dilakukan. Namun tak hanya do, ada beberapa bentuk kata kerja yang dikenal dalam bahasa Inggris. Di antaranya yakni do, does, dan did. Sedangkan done adalah bentuk kata kerja ketiga atau  bentuk lampau dari do, does, dan did .

Karena itulah kata done memiliki makna untuk menyatakan sesuatu yang telah dilakukan atau hampir selesai dilakukan. Adapun makna arti done dalam setiap kalimatnya bisa memiliki arti berbeda. Berikut ini arti done dan maknanya.

1. Arti done jika bermakna melakukan atau mengerjakan maka dapat digunakan untuk menyatakan suatu pekerjaan yang telah selesai dilakukan. Contohnya, He will have done his homework (Dia (laki-laki) itu telah menyelesaikan pekerjaan rumahnya).

2. Arti done jika bermakna selesai maka digunakan untuk menyatakan suatu She will have done her riset (Dia (perempuan) akan menyelesaikan penelitiannya).

3. Arti done jika bermakna dalam memasak maka digunakan untuk menyatakan proses memasak yang hampir matang atau sudah matang. Contohnya, Is the egg done? (Apa telurnya sudah matang).

4. Arti done jika bermakna setuju maka digunakan untuk menyatakan tentang sebuah pendapat atau kesepakatan. Contohnya, She only ordered seafood  (Dia (perempuan) hanya memesan makanan laut) kemudian dijawab dengan done (Setuju).

5. Arti done jika bermakna habis maka digunakan untuk menyatakan sesuatu yang telah mencapai batas minimum atau hampir habis. Contohnya, They had to surrender when the ammnunition was done (Mereka harus menyerah saat amunisinya habis).

6. Arti done jika bermakna putus maka digunakan untuk menyatakan suatu hubungan yang berakhir. Contohnya, Nick, we done ! (Nick kita putus).

Itulah beberapa arti done dan maknanya yang memiliki arti berbeda  tergantung pada pembicaraan yang tengah dibahas. Sehingga dengan mengetahui makna dan arti done tersebut memudahkan kalian memahami arti done.

3. Sinonim dan Antonim Done

Gambar

Setelah tahu arti done dan maknanya, sinonim dan antonim kata done berikut ini juga penting kalian pahami. Sehingga memudahkan kalian memahami arti katanya jika menemukan kata yang mirip atau justru berlawanan dengan arti done. Berikut sinonim dan antonim done.

Sinonim Done

1. Complete: Menyelesaikan

2. Ended: Berakhir

3. Consummated: Selesai

4. Fixed: Tetap

5. Exhausted: Lelah

6. Over: Lebih

7. Finished: Selesai

8. Rendered: Diberikan

9. In the pas: Di masa lalu

10. Spent: Dihabiskan

11. At an end: di akhir

12. Gone: Hilang

13. Succeeded: Sukses

Antonim Done

1. Undone: Belum selesai

2. Incomplete: Tidak lengkap

3. Unfinished: Tidak selesai

4. Unused: Tidak digunakan

5. Unfixed: Tidak tetap

4. Contoh Kata Done dalam Kalimat

Gambar

Contoh kata done dalam kalimat cukup sering kalian jumpai dalam percakapan sehari-hari. Kata done juga kerap digunakan untuk caption status di sosial media. Nah, adapun contoh kata done dalam kalimat sebagai berikut.

1. I have done a great job (Aku telah melakukan pekerjaan luar biasa).

2. He will have done the exam (Dia akan menyelesaikan ujiannya).

3. I'm done conversating, time for spent time (Aku sudah selesai berbicara, saatnya menghabiskan waktu bersama).

4. I'm done eating. (Aku selesai makan).

5. I have done my homework (Aku telah melakukan pekerjaan rumahku).

6. I'm done showering (Aku selesai mandi).

7. I have done read the book. (Aku selesai membaca buku).

8. I'm done talking, please leave (Aku selesai berbicara, silahkan pergi).

Itulah beberapa arti done terjemahan bahasa Indonesia yang perlu kalian pahami. Semoga dengan artikel di atas dapat membantumu memahami arti done secara mudah.

Sumber: fabelia.com dan sumber lainnya

(kpl/gen/nlw)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com