Apa Arti Free Fire yang Sesungguhnya? Bukan Sekadar Nama Games - Ketahui Juga Istilah dan Alur Permainannya

Rabu, 27 Oktober 2021 19:44 WIB
Apa Arti Free Fire yang Sesungguhnya? Bukan Sekadar Nama Games - Ketahui Juga Istilah dan Alur Permainannya

Kapanlagi.com - Fire free menjadi bahasan yang cukup sering dibahas kalangan anak muda masa kini. Bahkan tak saja anak muda, sebagian remaja dan orang dewasa juga banyak yang membicarakannya. Meski terbilang jadi hal yang populer, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu apa arti free fire yang sesungguhnya.

Secara umum, free fire dikenal sebagai salah satu games berbasis online yang sedang hits belakangan ini. Di kalangan pemainnya, free fire juga sering disebut dalam bentuk singkatan, FF. Free fire sendiri merupakan games yang mengusung tema battle royale, seperti PUBG, Fortnite atau ROS (Rules of Survivor). Oleh sebab itu, Fire free seru untuk dimainkan bersama teman.

Fire free memang populer di kalangan anak muda penggemar games online. Namun, di luar kalangan tersebut sebagian orang masih asing dengan apa arti fire free. Jika kalian salah satu yang masih awam dengan fire free, tak perlu khawatir. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan yang bisa membuatmu lebih paham apa itu fire free.

1. Apa Arti Free Fire

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, free fire adalah games dengan konsep battle royale. Namun ternyata, istilah free fire bukan baru saja muncul ketika games tersebut rilis. Istilah free fire ternyata mempunyai arti tersendiri terlepas dari games tersebut. Dalam bahasa Inggris umum, apa arti free fire adalah tembakan gratis. Hal ini lantas sesuai dengan games yang mengandung banyak aksi tembak menembak.

Di samping itu, di dunia games online, free fire juga mempunyai makna tersendiri. Lebih khusus istilah free fire kerap dipakai dalam games yang mengusung tema battle royale. Istilah free fire muncul jika pemain menembak musuh tanpa adanya perlindungan apapun.

2. Sekilas Alur Permainan Free Fire

Apa arti free fire juga sering dimaknai sebagai salah salah satu esports yang menggabungkan dua genre games yaitu battle royale dengan TPS (Third Person Shooter). Sebagai games dengan konsep battle alias perang, free fire bisa dimainkan 50 pemain dalam landscape pertandingan yang luas.

Setiap pemain harus bertanding untuk mengalahkan satu sama lain, agar bisa bertahan dan keluar sebagai pemenang. Selain itu, pemain harus berusaha mengumpulkan senjata dan perlengkapan medis selama peperangan. Adapun sejata dan perlengkapan tersebut akan dijatuhkan dari pesawat yang meluncurkan airdrop.

Untuk mendapatkan airdrop tersebut, pemain harus menemukan garis cahaya kuning vertikal sebagai penanda. Cahaya tersebut akan meredup dan menghilang ketika barang-barang yang ada di dalam airdrop telah diambil seluruhnya. Selain berjuang mengalahkan satu sama lain dan berebut senjata, pemain juga harus selalu waspada. Terutama, saat pemain bertemu zona bahaya yang ditandai dengan lingkaran merah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa free fire merupakan games battle royale yang kental akan perjuangan. Karenanya, tak heran banyak yang menganggap free fire bukan sekadar permainan biasa. Bagi sebagian orang tersebut, apa arti free fire adalah bermain sekaligus belajar untuk berjuang sekuat tenaga.

3. Istilah-Istilah dalam Fire Free

Selain lewat penjelasan singkat juga alur di atas, memahami apa arti free fire tak akan lengkap jika tak belajar istilah-istilah khusus di dalamnya. Ya, sebagai games populer, ternyata ada beberapa istilah khusus yang biasa dipakai pemain. Adapun beberapa istilah tersebut di antaranya sebagai berikut.

1) Bot: istilah yang dipakai untuk AI yang ikut bermain untuk mengisi salah satu slot pemain yang belum terisi.

2) Boost: istilah yang biasa dipakai untuk menyebut pemain yang skill punya biasa saja.

3) Camp: istilah untuk menyebut tempat yang dijaga satu tim.

4) Cheat: istilah untuk menyebut pemain yang menggunakan program ilegal.

5) End: istilah untuk mengakhiri permainan.

6) Flank: istilah untuk metode penyerangan yang dimulai dengan serangan dari sudut atau arah yang tidak terduga.

7) Heal: istilah untuk menyebut proses memulihkan HP agar bisa bermain dengan aman.

8) Headshot/HS: istilah untuk menyebut tembakan.

9) Looting: istilah untuk proses pengambilan barang

10) Support: istilah untuk menyebut role yang bertugas untuk membantu tim dalam berbagai hal.

11) Shooting: istilah yang dipakai jika pemain menembak dengan senjata.

12) Revive: istilah untuk metode yang wajib kalian lakukan ketika ada anggota squad lainnya yang terkena knock.

13) Push: metode bertarung dimana kalian akan mencoba maju dan mendorong musuh mundur.

14) Play zone: tempat atau lokasi bermain.

15) Red zone: zona bahaya yang paling dihindari player.

16) Blue zone: tempat yang memiliki tempat loot terbaik.

Itulah di antaranya penjelasan tentang apa arti free fire yang sesungguhnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian!

sumber: esportsku.com, esportsnesia.com, ggwp.id.

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com